|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Home / Services / Directory / Important Days

Important Days

Description :
Awal Tahun Syamsiah atau Masehi

Source :

Description :
Lahirnya Departemen Agama Republik Indonesia (Depag RI) tidak dapat dipisahkan dari proses negosiasi politik umat Islam di Indonesia. Fakta menunjukkan sejak dalam proses perumusan dasar negara khususnya sejak pembentukan ( BPUPKI) para perwakilan tokoh Islam pada saat itu sudah mulai memperjuangkan bahwa Negara Indonesia nantinya harus mengakomodasi aspirasi umat Islam yang merupakan kelompok mayoritas, sehingga Negara Republik Indonesia dicita-citakan berdasarkan atas Islam. Keinginan untuk menjadikan Islam sebagai dasar Negara Indonesia ternyata mendapat tantangan cukup keras terutama dari kalangan nasionalis dan non muslim yang suaranya cukup signifikan di wilayah Indonesia bagian timur. Sehingga Soekarno pada saat itu memunculkan konsep Pancasila yang kemudian menjadi dasar Negara. BPKNIP mengusulkan agar negara Indonesia hendaknya mendirikan kementerian agama yang khusus dan tersendiri. Usul tersebut mendapat dukungan secara aklamasi, hal ini menunjukkan bahwa adanya kementerian agama di Indonesia adalah kesepakatan atas keinginan eluruh rakya Indonesia. Kementerian Agama disyahkan berdasarkan PP No.I/SD tanggal 3 Januari 1946 yang selanjutnya ditetapkan sebagai hari berdirinya Departemen Agama RI.

Source :
Sources: http://www.humasdepag.or.id

Description :
Pada tanggal 5 Januari 1963 lahir Korps Wanita Angkatan Laut (KOWAL). Pada tahun 1962 dilingkungan Angkatan Laut timbul gagasan untuk menampilkan Peranan Wanita Indonesia dalam bidang pertahanan, keamanan, khususnya dibidang Matra Laut. KSAL Laksamana Muda Laut R.E. Martadinata mendukung sepenuhnya gagasan ini. Pada bulan Juli 1961, beberapa Perwira Staf Pendidikan dikirim ke Komando Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat di Bandung untuk mempelajari pembentukan Korps Wanita Angkatan Darat (KOWAD). Setelah mempelajari dan mempersiapkan secara matang dengan dukungan dari berbagai pihak, Menteri/KSAL mengeluarkan Surat Keputusan tanggal 26 Juni 1962, tentang pembentukan KOWAL. Pembentukan KOWAL mempunyai tujuan untuk memberikan hak, kewajiban dan kehormatan kepada wanita Indonesia untuk mengisi jabatan tenaga wanita Indonesia dalam rangka penyempurnaan dan efisiensi organisasi. Pendidikan KOWAL Angkatan Pertama diikuti 12 orang dan mereka dilantik menjadi siswa KOWAL untuk Menteri/KSAL di lapangan Apel MBAL Jalan Gunung Sahari 67 Jakarta, pada tanggal 5 Januari 1963. Pelantikan KOWAL Angkatan Pertama tanggal 5 Januari 1963 ini kemudian dijadikan hari lahirnya KOWAL

Source :

Description :
Partai Persatuan Pembangunan (PPP) didirikan oleh lima deklarator yang merupakan pimpinan empat Partai Islam peserta Pemilu 1971 dan seorang ketua kelompok persatuan pembangunan, semacam fraksi empat partai Islam di DPR. Keempat partai tersebut antara lain, Partai Nadhalatul Ulama (NU), Partai Muslimin Indonesia (Parmusi), Partai Syarikat Islam Indonesia (PSII) dan Partai Islam Perti.

Source :

Description :
Berdasarkan sejarahnya, Partai Demokrasi Indonesia (PDI) merupakan hasil fusi dari lima partai yaitu, Partai Nasional Indonesia, Partai Katolik, Partai Kristen Indonesia, Partai Musyawarah Rakyat Banyak, dan Partai Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia.

Source :

Description :
Tri Tuntutan Rakyat (atau biasa disingkat Tritura) adalah tiga tuntutan kepada pemerintah yang diserukan para mahasiswa yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI), dan didukung penuh oleh Angkatan Bersenjata. Tiga tuntutan tersebut didasarkan oleh kondisi negara waktu itu. Memasuki akhir 1965, keadaan negara Indonesia sudah sangat parah, baik dari segi ekonomi maupun politik. Harga barang naik sangat tinggi terutama BBM. Isi Tritura adalah: Bubarkan PKI Perombakan kabinet Turunkan harga Tuntutan pertama dan kedua sebelumnya sudah pernah diserukan oleh KAP-Gestapu (Kesatuan Aksi Pengganyangan Gerakan 30 September). Sedangkan tuntutan ketiga baru diserukan saat itu. Tuntutan ketiga sangat menyentuh kepentingan orang banyak.

Source :

Description :

Gerakan Satu Juta Pohon (GSJP), pertama kali dicanangkan oleh Presiden Soeharto pada 10 Januari 1993. GSJP bertujuan mewujudkan lingkungan yang sejuk, sehat dan asri. Hal ini ditempuh dengan cara mengajak seluruh lapisan masyarakat menanam pohon sampai melampaui satu juta pohon di setiap propinsi. GSJP merupakan program Kantor Menteri Lingkungan Hidup waktu itu yang pelaksanaannya bekerjasama dengan Deparpostel, Depdagri, Dephut dan Depkes.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Tanggal 15 Januari bagi TNI AL khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya merupakan hari yang amat bersejarah. Setiap tanggal itu selalu diperingati sebagai hari pahlawan pejuang bangsa yang gugur ditegah samudra. Hari tersebut dikenal dengan peringatan ¿Hari Darma Samudra¿. Peristiwa pertempuran laut untuk menghadang dan menghancurkan negeri penjajah acap kali terjadi. Peristiwa yang paling heroik terjadi di Laut Aru, peristiwa itu dikenal dengan nama Pertempuran Laut Aru yang telah meneggelamkan, menewaskan Komodor Yos Sudarso dan sebagian besar ABK kapal RI Macan Tutul akibat serbuan dua kapal distroyer dan pesawat tempur Belanda. Sumber : http://www.tni.mil.id

Source :

Description :
Saat ini Indonesia sangat memerlukan SDM yang tangguh, agar bangsa Indonesia bisa bangking dari keterpurukan akibat krisis multidimensi pada tahun-tahun yang lalu. Manusia Indonesia yang sehat dan berstatus gizi baik merupakan suatu investasi atau modal pertama dan utama untuk menuju masa depan dalam berkarya serta beraktifitas secara produktif. Dalam kaitan itu kemitraan berbagai unsur masyarakat dalam pembangunan gizi masyarakat mutlak diperlukan untuk menuju masa depan dalam menghimpun sumber daya, pemikiran dan tindakan dalam rangka mendukung pencapaian Indonesia Sehat 2010.

Source :

Description :
Penyakit kusta atau lepra sangat ditakuti. Penyakit itu disebabkan bakteri Microbakterium leprae, juga dipicu gizi buruk. Tidak jarang penderitanya dikucilkan bahkan diusir. Untuk mengubah paradigma negatif tentang para penderita kusta ataupun mantan penderita penyakit tersebut, maka dibuatlah kampanye Penghapusan Diskriminasi dan Stigma terhadap Penderita Kusta. Hari Kusta Sedunia dicanangkan oleh seorang pendiri Yayasan Kusta Raole Fallereau, seorang wartawan berkebangsaan Prancis yang berjuang untuk menghilangkan stigma sosial di masyarakat dan mendapatkan kepedulian masyarakat terhadap kusta.   Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Kalangan pesantren yang selama ini gigih melawan kolonialisme, merespon kebangkitan nasional tersebut dengan membentuk organisasi pergerakan, seperti Nahdlatul Wathan (Kebangkitan Tanah Air) pada 1916. Kemudian pada tahun 1918 didirikan Taswirul Afkar atau dikenal juga dengan "Nahdlatul Fikri" (kebangkitan pemikiran), sebagai wahana pendidikan sosial politik kaum dan keagamaan kaum santri. Dari situ kemudian didirikan Nahdlatut Tujjar, (pergerakan kaum saudagar). Serikat itu dijadikan basis untuk memperbaiki perekonomian rakyat. Dengan adanya Nahdlatul Tujjar itu, maka Taswirul Afkar, selain tampil sebagai kelompok studi juga menjadi lembaga pendidikan yang berkembang sangat pesat dan memiliki cabang di beberapa kota. Didorong oleh minatnya yang gigih untuk menciptakan kebebasan bermazhab serta peduli terhadap pelestarian warisan peradaban, maka kalangan pesantren terpaksa membuat delegasi sendiri yang dinamakan Komite Hejaz, yang diketuai oleh K.H. Wahab Hasbullah. Berangkan komite dan berbagai organisasi yang bersifat embrional dan ad hoc, maka setelah itu dirasa perlu untuk membentuk organisasi yang lebih mencakup dan lebih sistematis, untuk mengantisipasi perkembangan zaman. Maka setelah berkordinasi dengan berbagai kiai, akhirnya muncul kesepakatan untuk membentuk organisasi yang bernama Nahdlatul Ulama (Kebangkitan Ulama) pada 16 Rajab 1344 H (13 Januari 1926). Organisasi ini dipimpin oleh K.H. Hasyim Asy`ari sebagai Rais Akbar.

Source :

Description :
Tanggal ini memperingati hari ditandatanganinya Konvensi Lahan Basah, yang disebut Konvensi Ramsar, pada 2 Februari 1971 di Kota Ramsar, kota yang terletak di pantai Laut Kaspia di Iran. Hari Lahan Basah Sedunia diperingati pertama kali pada tahun 1997. Setiap tahun, lembaga pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, dan kelompok masyarakat pada seluruh lapisan komunitas mengambil peran dalam aksi meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap nilai dan manfaat lahan basah secara umum. Sejak tahun 1997 hingga 2007, konvensi telah melaporkan bahwa 95 negara telah melakukan aktivitas perayaan Hari Lahan Basah Sedunia dalam berbagai bentuk, dari seminar dan kuliah singkat, lintas alam, kontes seni anak-anak, balap sampan, hingga aksi bersih (clean-up day) yang dilakukan komunitas masyarakat, dan sebagainya.

Source :
Wikipedia

Description :
WORLD Cancer Day di selenggarakan untuk meningkatkan kesadaran akan kanker termasuk pencegahan, deteksi dan pengobatan. Kegiatan ini dimulai oleh International Union Against Cancer (UICC), yang merupakan konsorsium global yang terdiri lebih dari 280 organisasi pejuang kanker dari lebih 90 negara. World Cancer Day menandai komunikasi global dengan publik dan pembuat kebijakan.   Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Himpunan Mahasiswa Indonesia lahir ditengah-tengah suasana revolusi untuk mempertahankan kemerdekaan, yaitu pada 5 Februari 1947 di kota Yogyakarta. Lafran Pane dan kawan-kawan merasa prihatin dengan kondisi umat Islam saat itu yang terpecah-pecah dalam berbagai aliran keagamaan dan politik serta jurang kemiskinan dan kebodohan. Oleh karena itu dibutuhkan langkah-langkah strategis untuk mengambil peranan dalam berbagai aspek kehidupan.

Source :

Description :
Pemberontakan yang terjadi diatas kapal angkatan laut Zeven Provinciën milik Belanda di lepas pantai Sumatra pada tanggal 5 Februari 1933. Adapun yang menjadi penyebabnya adalah keputusan untuk menurunkan gaji pegawai pemerintah Hindia Belanda sebesar 17% yang diumumkan pada tanggal 1 Januari 1933. Penurunan gaji pegawai tersebut merupakan upaya pemerintah Hindia Belanda untuk mengurangi defisit anggaran belanja akibat depresi ekonomi yang melanda dunia pada saat itu. Namun keputusan tersebut mendapat tantangan hebat dari semua pihak, baik pegawai berkebangsaan Eropa, Indonesia maupun Eurasia yang ada di pemerintahan Hindia Belanda. Pemberontakan diatas kapal Zeven Provincien tersebut diatasi dengan cara pemboman kapal tersebut oleh pesawat udara angkatan laut Belanda.

Source :

Description :
Kavaleri berasal dari bahasa Latin caballus dan bahasa Perancis chevalier yang berarti "kuda". Awalnya istilah kavaleri mengacu kepada pasukan berkuda, namun dalam perkembangan zaman, kavaleri bertempur dengan menggunakan kendaraan lapis baja. Di TNI-AD dan Korps Marinir, istilah kavaleri adalah semua hal yang menyangkut semua kendaraan berlapis baja, roda ban atau roda rantai baik yang bersenjata kanon ataupun tidak (misal kendaraan angkut personil). Tri Daya Cakti yang berarti daya gerak, daya tembak dan daya kejut adalah semboyan khas dari satuan Kavaleri TNI-AD. Embrio kavaleri TNI AD sudah mulai tumbuh selama perang kemerdekaan. Diawali pada periode revolusi fisik 1945-1949, para pejuang Indonesia yang tergabung dalam Bala Keselamatan berhasil merampas kendaraan lapis baja tentara Belanda. Kendaraan-kendaraan tersebut akhirnya digunakan Badan Keamanan Rakyat (BKR) untuk menghadang sekutu yang melakukan pendaratan di Surabaya. Kavaleri Angkatan Darat dibentuk berdasarkan SK KASAD No 5/KSAD/Pntp/50 tanggal 9 Februari 1950 dengan komandannya yang pertama Letkol Kav RMS Soerjo Soejarso (1950-1957) lalu digantikan Letkol Kav RS Sadeli (1956-1958). TNI AD memiliki beberapa Batalyon Kavaleri (Yonkav).

Source :

Description :
Persatuan Wartawan Indonesia yang biasa disingkat PWI adalah salah satu organisasi wartawan yang ada di Indonesia. Sebagai organisasi profesi, PWI didirikan pada 9 Februari 1946 di Solo. Munculnya PWI diwarnai aspirasi perjuangan para pejuang kemerdekaan, baik mereka yang ada di era 1908, 1928 maupun klimaksnya 1945. Sebelum lahirnya PWI dibentuk sebuah panitia persiapan pada awal Januari 1946. Sebagai organisasi profesi, PWI menjadi wahana perjuangan bersama para wartawan. Organisasi PWI lahir mendahului SPS (Serikat Penerbit Suratkabar). Aspirasi perjuangan kewartawanan Indonesia yang melahirkan PWI juga yang melahirkan SPS, empat bulan kemudian yakni pada Juni 1946.

Source :

Description :
Bertempat digedung musium pers Solo (saat ini), pada tanggal 9 Februari 1946, diadakan pertemuan untuk membentuk Persatuan Wartawan Indonesia. Tidak pada saat itu tanggal 9 Februari ditetapkan sebagai Hari Pers Nasional (HPN). Gagasan ini baru muncul pada Kongres Ke-16 PWI di Padang. Ketika itu, bulan Desember 1978, PWI Pusat masih dipimpin Harmoko. Salah satu keputusan Kongres adalah mengusulkan kepada pemerintah agar menetapkan tanggal 9 Februari sebagai HPN. Ternyata semua ini harus menunggu tujuh tahun lagi untuk dapat disetujui. Melalui Surat Keputusan Presiden No. 5/1985, maka hari lahir PWI itu resmi menjadi HPN.

Source :
http://sejarahkita.blogspot.com/

Description :
Pembela Tanah Air disingkat PETA adalah kesatuan militer yang dibentuk Jepang dalam masa pendudukan Jepang di Indonesia. Pembentukan Peta dianggap berawal dari surat Raden Gatot Mangkupradja kepada Gunseikan (kepala pemerintahan militer Jepang) pada bulan September 1943 yang antara lain berisi permohonan agar bangsa Indonesia diperkenankan membantu pemerintahan Jepang di medan perang Pada tanggal 14 Februari 1945, pasukan Peta di Blitar di bawah pimpinan Supriadi melakukan pemberontakan yang dikenal dengan nama "Pemberontakan Peta Blitar". Pemberontakan ini berhasil dipadamkan dengan memanfaatkan pasukan pribumi yang tak terlibat pemberontakan, baik dari satuan Peta sendiri maupun Heiho. Pimpinan pasukan pemberontak, Supriadi, hilang dalam peristiwa ini.

Source :

Description :
International Childhood Cancer Day diadakan pada tanggal 15 Februari setiap tahunnya. Walaupun demikian berbagai kegiatan telah digelar sepanjang Februari untuk mengumpulkan dana dan menyosialisasikan melalui media. Peringatan Hari Kanker Anak-anak Sedunia, dimotori oleh The International Confederation of Childhood Cancer Parent Organizations (ICCPO). Pada dasarnya Hari Kanker Anak-anak Sedunia diperingati untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat umum mengenai kanker pada anak-anak, mengumpulkan dana untuk membantu anak-anak penderita kanker; serta mempromosikan kegiatan organisasi orang tua yang anaknya menderita kanker.   Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Komando Pertahanan Udara Nasional disingkat Kohanudnas merupakan komando utama terpenting dalam kekuatan Markas Besar TNI dan TNI Angkatan Udara. Kohanudnas berfungsi sebagai mata dan telinga yang mengawasi berbagai pergerakan pesawat udara yang melintasi wilayah Indonesia. Kohanudnas didirikan pada 9 Februari 1962. Sekarang ini Kohanudnas memiliki empat Komando Sektor (Kosek) yaitu: Kosek Hanudnas I Jakarta Kosek Hanudnas II Makassar Kosek Hanudnas III Medan Kosek Hanudnas IV Biak (diresmikan KSAU pada 25 Maret 2004). Sebagai pengawal keamanan wilayah Indonesia, dalam melaksanakan tugasnya Kohanudnas didukung oleh satuan radar TNI AU yang ditempatkan di berbagai daerah. Selain itu Kohanudnas juga telah mengintegrasikan data dari radar-radar sipil di seluruh Indonesia.

Source :

Description :
Pada November 2007 Majelis Umum PBB mendeklarasikan 20 Februari sebagai World Day of Social Justice. Peringatan hari ini akan dilaksanakan untuk pertama kalinya pada tahun 2009. Seluruh negara anggota diminta untuk memperingati hari tersebut sebagai bagian untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan dalam World Summit for Social Development pada tahun 1995 di Copenhagen. Diantara tujuannya adalah untuk mengurangi kemiskinan dan pengangguran.

Source :

Description :
Tanggal 6 - 8 Juni 1996, 61 perwakilan LSM, 41 perwakilan PEN Club serta 40 ahli bahasa dari seluruh dunia berkumpul di Barcelona membicarakan bahasa. Di akhir pertemuan, 8 Juni 1996, mereka menandatangani sebuah manifesto, Deklarasi Hak Asasi Bahasa (Declaration of Linguistic Rights) yang terdiri dari 52 pasal. Tak kurang berbagai pemimpin dunia, penulis dan peraih nobel, dan berbagai kalangan mengirimkan persetujuan atas deklarasi tersebut. Menurut Grimes (1996) ada 6.000 bahasa di dunia. Tapi ada yang mengatakan bahwa angka 6.000 itu hanyalah 10% bahasa yang pernah ada dalam sejarah. Dari angka yang tersisa itu 52% di antaranya memiliki pengguna di bawah 10.000 orang, 28% di bawah 1.000 orang dan 10% memiliki pengguna kurang dari 100 orang. Sementara di sisi lain, 10 bahasa di urutan paling atas masing-masing memiliki lebih dari 109 juta orang pengguna atau nyaris separuh penduduk dunia (49%). Dengan melihat angka-angka itu, ahli-ahli bahasa memperkirakan bahwa di abad 21 ini, hanya 600 - 3.000 bahasa yang bisa bertahan. Salah satu syarat lestarinya sebuah bahasa adalah penuturnya harus mencapai 100.000 orang. Sejak tahun 1951 sampai sekarang, isu kepunahan bahasa menjadi perhatian dunia. Menurut catatan UNESCO yang dikumpulkan sejak tahun 1951, setiap tahun sedikitnya ada 10 bahasa punah. Ada berbagai macam hal yang menyebabkan kepunahan itu, salah satu di antaranya adalah penjajahan. Mengingat banyaknya fakta kepunahan bahasa ibu, UNESCO pada tanggal 17 November 1999 menetapkan 21 Februari sebagai Hari Bahasa Ibu Internasional (International Mother Language Day), dan merayakannya pertama kalinya di Markas UNESCO di Paris, 21 Februari 2000.

Source :

Description :
Taman Wilhelmina di depan Lapangan Banteng, tahun 1950. Sepi, gelap, kotor dan tak terurus. Tembok-tembok bekas bangunan benteng di taman itu penuh dengan lumut dan tanaman perdu, dengan ilalang tinggi dimana-mana. Tahun 1960, di tempat yang sama, sekitar 50.000 orang, dari masyarakat biasa, pegawai negeri, alim ulama, sampai ABRI bekerja bakti membersihkan taman tak terurus di bekas benteng penjajah itu. Setahun kemudian, tepatnya 24 Agustus 1961, seolah menjadi tanggal yang paling bersejarah bagi kaum muslimin di Jakarta khususnya, dan Indonesia umumnya. Untuk pertama kalinya, di bekas taman itu, kota Jakarta memiliki sebuah masjid besar. Sebuah masjid yang dimaksudkan menjadi simbol kemerdekaan bagi bangsa Indonesia. Yang kemudian sengaja dicari padanan katanya dalam bahasa Arab, dan disepakati diberi nama Istiqlal. Jadilah, Masjid Istiqlal namanya. Tanggal yang bertepatan dengan peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW itu, dipilih sebagai momen pemancangan tiang pertama oleh Presiden I RI, Ir. Soekarno yang ketika itu langsung bertindak sebagai Kepala Bidang Teknik. Dan sejak itu dengan beberapa kali pergantian kepanitiaan, terhitung hingga hampir 10 tahun lamanya Masjid Istiqlal baru rampung pembangunannya. Adalah KH. Wahid Hasyim, Menteri Agama RI pertama sekaligus ayahanda Presiden Abdurrahman Wahid, yang melontarkan ide pembangunan masjid itu. Tahun 1950 bersama-sama dengan H. Agus Salim, Anwar Tjokroaminoto dan Ir. Sofwan beserta sekitar 200-an orang tokoh Islam pimpinan KH. Taufiqorrahman ide itu kemudian dilembagakan dengan membentuk Yayasan Masjid Istiqlal. Gedung Deca Park di Lapangan Merdeka --kini Jalan Medan Merdeka Utara di Taman Moseum Nasional--, menjadi saksi bisu atas dibentuknya Yayasan Masjid Istiqlal yang dikukuhkan oleh notaris Elisa Pondang, 7 Desember 1954. Setahun sebelumnya, Ir. Soekarno menyanggupi untuk membantu pembangunan masjid, bahkan memimpin sendiri penjurian sayembara desain maket masjid. Setelah melalui beberapa kali sidang, di Istana Negara dan Istana Bogor, dewan juri yang terdiri dari Prof.Ir. Rooseno, Ir.H. Djuanda, Prof.Ir. Suwardi, Hamka, H. Abubakar Aceh dan Oemar Husein Amin akhirnya pada 5 Juli 1955 memutuskan desain atas nama Silaban dinyatakan sebagai model dari Masjid Istiqlal. Sumber: http: //www.al-shia.com/html/id/service/Info-Masjid-Id/

Source :

Description :
Hari Kepanduan (Pramuka) secara umum merupakan hari yang diperingati oleh Gerakan Kepanduan seluruh dunia. Pada hari itu seluruh anggota kepanduan akan mengingat kembali makna Sumpah Pramuka. Tanggal ini dipilih untuk menghargai bapak kepanduan sedunia, Robert Baden-Powell yang lahir pada 22 Februari 1857 serta istrinya yang juga lahir pada 22 Februari 1889. Gerakan kepanduan dimulai pada tahun 1907 ketika Robert Baden-Powell, dan William Alexander Smith, pendiri Boy's Brigade, mengadakan perkemahan kepanduan pertama di kepulauan Brownsea, Inggris.

Source :
Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Description :
Rotary International atau biasanya dikenal sebagai Rotary Club adalah sebuah organisasi yang anggotanya terdiri dari klub jasa Rotary Club yang tersebar di seluruh dunia. Anggota Rotary Club dipanggil Rotarian dan adalah para pemimpin bisnis dan profesional yang memberikan jasa kemanusiaan, mendorong adanya standar etika yang tinggi dalam setiap kegiatan sukarela, dan membantu membangun kebersamaan dan kedamaian di dunia. Motto mereka adalah "Service above Self" (Mementingkan Kegiatan Saling Membantu daripada Kepentingan Diri Sendiri). Keanggotaan hanya terbatas melalui undangan dari seorang Rotarian, kepada para profesional yang bekerja dalam berbagai bidang. Setiap klub hanya mempunyai satu anggota yang mewakili satu bidang pekerjaan. Tujuan klub adalah untuk mempromosikan jasa kepada masyarakat tempat mereka bekerja, sekaligus kepada dunia. Banyak dari proyeknya yang disusun untuk komunitas lokal oleh sebuah klub namun ada juga yang disusun secara global. Rotary merayakan perayaan 100 tahunnya pada 23 Februari 2005.

Source :

Description :
Serangan Umum 1 Maret 1949 terhadap kota Yogyakarta dipimpin oleh Letnan Kolonel Soeharto dengan tujuan utama untuk mematahkan moral pasukan Belanda serta membuktikan pada dunia internasional bahwa Tentara Nasional Indonesia (TNI) masih mempunyai kekuatan untuk mengadakan perlawanan. Kurang lebih satu bulan setelah Agresi Militer Belanda II yang dilancarkan pada bulan Desember 1949, TNI mulai menyusun strategi guna melakukan pukulan balik terhadap tentara Belanda yang dimulai dengan memutuskan telepon, merusak jalan kereta api, menyerang konvoi Belanda, serta tindakan sabotase lainnya. Belanda terpaksa memperbanyak pos-pos disepanjang jalan-jalan besar yang menghubungkan kota-kota yang telah diduduki. Hal ini berarti kekuatan pasukan Belanda tersebar pada pos-pos kecil diseluruh daerah republik yang kini merupakan medan gerilya. Dalam keadaaan pasukan Belanda yang sudah terpencar-pencar, mulailah TNI melakukan serangan terhadap Belanda. Puncak serangan dilakukan dengan seangan umum terhadap kota Yogyakarta (ibu kota negara) pada tanggal 1 Maret 1949, dibawah pimpinan Letnan Kolonel Soeharto, Komandan Brigade 10 daerah Wehrkreise III, setelah terlebih dahulu mendapat persetujuan dari Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Kepala Daerah Istimewa Yogyakarta. Serangan dilakukan pada kurang lebih pukul 06.00. Pos komando ditempatkan di desa Muto. Pada malam hari menjelang serangan umum itu, pasukan telah merayap mendekati kota dan dalam jumlah kecil mulai disusupkan ke dalam kota. Pagi hari sekitar pukul 06.00, sewaktu sirene dibunyikan serangan segera dilancarkan ke segala penjuru kota. Dalam penyerangan ini Letkol Soeharto langsung memimpin pasukan dari sektor barat sampai ke batas Malioboro. Sektor barat dipimpin Ventje Sumual, sektor selatan dan timur dipimpim Mayor Sardjono, sektor utara oleh Mayor Kusno. Sedangkan untuk sektor kota sendiri ditunjuk Letnan Amir Murtono dan Letnan Masduki sebagai pimpinan. TNI berhasil menduduki kota Yogyakarta selama 6 jam. Tepat pukul 12.00 siang, sebagaimana yang telah ditentukan semula pasukan TNI mengundurkan diri.

Source :

Description :
CITES (Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora) merupakan konvensi mengenai perdagangan Internasional jenis flora fauna yang terancam punah dimana naskah konvensi disepakati 3 Maret 1973 pada pertemuan para wakil negara di Washington, D.C. Konvensi ini dikenal juga dengan Konvensi Washington karena pencetusan yang dilakukan pada pelaksanaan sebuah konvensi diplomatik di Washington. CITES merupakan perjanjian internasional antarnegara yang disusun berdasarkan resolusi sidang anggota World Conservation Union (IUCN) tahun 1963. Konvensi bertujuan melindungi tumbuhan dan satwa liar terhadap perdagangan internasional spesimen tumbuhan dan satwa liar yang mengakibatkan kelestarian spesies tersebut terancam. Selain itu, CITES menetapkan berbagai tingkatan proteksi untuk lebih dari 33.000 spesies terancam. Tidak ada satu pun spesies terancam dalam perlindungan CITES yang menjadi punah sejak CITES diberlakukan tahun 1975.   Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Kostrad yang merupakan singkatan dari Komando Strategi dan Cadangan TNI Angkatan Darat, adalah bagian dari Bala Pertahanan Pusat yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat. Kostrad memiliki pasukan berkisar antara 25.000 sampai 26.000 personil yang memiliki selalu siap untuk beroperasi atas perintah panglima TNI kapan saja. Cikal bakal Kostrad berasal ketika Indonesia pertama kali berurusan dengan isu kemerdekaan Irian Barat pada tahun 1960. Kostrad kemudian dibentuk pada 6 Maret 1961 bernama Korra-I/Caduad, berdasarkan surat keputusan Men/pangad No. ML/KPTS 54/3/1961. Sebagai kesatuan yang paling muda, Kostrad merupakan inti kekuatan Komando Mandala (operasi trikora atau pembebasan Irian Barat). Kemudian berganti nama menjadi Kostrad pada tahun 1963. http://id.wikipedia.org/wiki/Kostrad

Source :

Description :
Hari Perempuan Internasional dirayakan pada tanggal 8 Maret setiap tahun. Ini adalah sebuah hari besar yang dirayakan di seluruh dunia untuk memperingati keberhasilan kaum perempuan di bidang ekonomi, politik dan sosial. Di antara peristiwa-peristiwa historis yang terkait lainnya, perayaan ini memperingati kebakaran Pabrik Triangle Shirtwaist di New York pada 1911 yang mengakibatkan 140 orang perempuan kehilangan nyawanya. Gagasan tentang perayaan ini pertama kali dikemukakan pada saat memasuki abad ke-20 di tengah-tengah gelombang industrialisasi dan ekspansi ekonomi yang menyebabkan timbulnya protes-protes mengenai kondisi kerja. Kaum perempuan dari pabrik pakaian dan tekstil mengadakan protes pada 8 Maret 1857 di New York City. Para buruh garmen memprotes apa yang mereka rasakan sebagai kondisi kerja yang sangat buruk dan tingkat gaji yang rendah. Para pengunjuk rasa diserang dan dibubarkan oleh polisi. Kaum perempuan ini membentuk serikat buruh mereka pada bulan yang sama dua tahun kemudian.

Source :

Description :

Source :

Description :
Hari Musik Nasional ditetapkan 9 Maret, diusulkan tahun lalu oleh Persatuan Artis, Pencipta dan Rekaman Musik Indonesia (PAPRI) sebagai penghargaan atas Wage Rudolf Supratman sang pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya yang lahir pada hari Selasa Wage, 9 Maret 1903 di Dusun Trembelang, Kelurahan Somongari, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Sumber: http://yulian.firdaus.or.id

Source :

Description :
Menurut versi resmi, awalnya keluarnya supersemar terjadi ketika pada tanggal 11 Maret 1966, Presiden Soekarno mengadakan sidang pelantikan Kabinet Dwikora yang disempurnakan yang dikenal dengan nama "kabinet 100 menteri". Pada saat sidang dimulai, Brigadir Jendral Sabur sebagai panglima pasukan pengawal presiden` Tjakrabirawa melaporkan bahwa banyak "pasukan liar" atau "pasukan tak dikenal" yang belakangan diketahui adalah Pasukan Kostrad dibawah pimpinan Mayor Jendral Kemal Idris. Presiden bersama Wakil perdana Menteri I Soebandrio dan Wakil Perdana Menteri III Chaerul Saleh berangkat ke Bogor dengan helikopter yang sudah disiapkan. Mayor Jendral Soeharto mengutus tiga orang perwira tinggi (AD) ke Bogor untuk menemui Presiden Soekarno di Istana Bogor yakni Brigadir Jendral M. Jusuf, Brigadir Jendral Amirmachmud dan Brigadir Jendral Basuki Rahmat. Setibanya di Istana Bogor, pada malam hari, terjadi pembicaraan antara tiga perwira tinggi AD dengan Presiden Soekarno mengenai situasi yang terjadi dan ketiga perwira tersebut menyatakan bahwa Mayjend Soeharto mampu menendalikan situasi dan memulihkan keamanan bila diberikan surat tugas atau surat kuasa yang memberikan kewenangan kepadanya untuk mengambil tindakan. Presiden Soekarno setuju untuk itu dan dibuatlah surat perintah yang dikenal sebagai Surat Perintah Sebelas Maret yang populer dikenal sebagai Supersemar yang ditujukan kepada Mayjend Soeharto selaku panglima Angkatan Darat untuk mengambil tindakan yang perlu untuk memulihkan keamanan dan ketertiban.

Source :

Description :
World Consumer Rights Day merupakan perayaan untuk memperingati dan membangun solidaritas bagi gerakan konsumen internasional. Peringatan ini untuk membangun kesadaran akan hak-hak konsumen. Peringatan ini pertama kali diperingati pada 15 Maret 1983 yang asalnya dicetuskan oleh mantan Presiden Amerika Serikat, John F. Kennedy yang mendeklarasikan empat hak dasar konsumen yaitu : Right to safety; Right to be informed; Right to choose; Right to be heard. Gerakan konsumen melalui Consumers International beberapa tahun kemudian menambahkan empat hak dasar lainnya yaitu : Right to satisfaction of basic needs; Right to redress; Right to education; Right to a healthy environment.   Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Pemilihan tanggal ini berdasarkan tanggal pendirian Organisasi profesi keperawatan Indonesia yang dikenal dengan nama Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) atau Indonesian National Nurses Association (INNA) yang didirikan pada tanggal 17 Maret 1974 yang merupakan wadah lebih dari 300,000 perawat Indonesia. PPNI mempunyai kepengurusan yang menyebar di seluruh Indonesia, selain itu PPNI juga membentuk cabangnya di luar negeri. Hari lahir PPNI ini selanjutnya diperingati sebagai Hari Perawat Nasional.   Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :

Source :

Description :
World Storyteeling Day berakar dari hari nasional mendongeng di Swedia. Pada masa itu, kegiatan tersebut berlangsung pada 20 Maret disebut "Alla berattares dag" (All storytellers day). Pada tahun 1997, pendongeng di Perth, Australia Barat mengadakan peringatan Celebration of Story memperingati 20 Maret sebagai International Day of Oral Narrators. Dimasa yang sama, di Meksiko dan negara lainnya di Amerika Selatan, 20 Maret telah diperingati sebagai National Day of Storytellers.   Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
World Poetry Day yang diperingati setiap 21 Maret dideklarasikan oleh UNESCO (the United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) pada tahun 1999. Tujuan dari peringatan ini untuk mempromosikan pembaca, menulis, menerbitkan dan mengajarkan puisi ke seluruh dunia.   Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
World Down Syndrome Day (WDSD) diperingati setiap 21 Maret. Pada hari ini, organisasi down sindrome di seluruh dunia mengadakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kesadaran publik akan Down Syndrome. Dipilihnya tanggal tersebut oleh Down Syndrome International (DSI) sesuai dengan keunikan Down syndrome dalam triplication (trisomy) dari 21 kromosom. Ide ini awalnya diajukan oleh Stylianos E. Antonarakis, seorang dokter ahli genetika dari University of Geneva Medical School, dan dengan antusias diadopsi oleh ART21. Acara peringatan pertama kali diadakan pada 21 Maret 2006 di Geneva. Pengenalan WDSD juga diluncurkan pada 21 Maret 2006 di Singapura oleh Down Syndrome Association.   Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Awalnya Hari Hutan Sedunia ini hanya diperingati oleh General Assembly of the European Confederation of Agriculture. Tidak lama kemudian, organisasi di PBB yang mengurus dibidang makanan dan pertanian segera mendukung kegiatan itu di seluruh dunia. Tanggal 21 Maret dipilih oleh masyarakat dunia untuk menjadi momentum peringatan Hari Hutan Sedunia, yang saat itu mengampanyekan 3 hal utama untuk menjaga keberadaan hutan di dunia, yaitu melindungi hutan, manfaat hasil hutan, dan menjadikan hutan sebagai tempat rekreasi alam untuk kesejahteraan manusia.

Source :

Description :
Untuk mengingatkan bahwa bumi yang terdiri dari tanah dan air merupakan anugrah Tuhan Yang Maha Esa yang harus dipelihara, maka semua Negara anggota PBB memperingati Hari Air Sedunia (World Water Day) pada tiap tanggal 22 Maret. Peringatan juga dilakukan di Indonesia, dimaksudkan sebagai wahana untuk memperbaharui tekad kita dalam melaksanakan agenda 21 yang dicetuskan pada tahun 1992 pada United Nation Conference on Environment and Development (UNCED) yang diselenggarakan di Rio de Janeiro, atau secara populer dikenal dengan sebutan "Earth Summit/Pertemuan Dunia". Pada Sidang Umum PBB ke 47 tanggal 22 Desember 1992 melalui Resolusi nomor 147/1993, usulan Agenda 21 diterima dan sekaligus ditetapkan sebagai Hari Air Sedunia yang mulai diperingati sejak tahun 1993 oleh disetiap Negara anggota PBB. Sumber : www.menkokesra.go.id

Source :

Description :

Source :

Description :
Tuberkulosis adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh Mycobacterium Tuberculosis. Di Indonesia penyakit Tuberkulosis (TB) merupakan masalah utama kesehatan masyarakat. Tema Hari TB Dunia 2006 kali ini di Indonesia adalah Bersama Melawan TBC, tantangan tama yang dihadapi bangsa Indonesia adalah bagaimana menggalang kerjasama dari seluruh pihak terkait terutama hubungan kerjasama mulai dari tingkat RS hingga jaringan Puskesmas dan klinik-klinik kesehatan lain dalam pelaksanaan penanggulangan TB.

Source :

Description :
Peristiwa Bandung Lautan Api adalah peristiwa kebakaran besar yang terjadi di kota Bandung, provinsi Jawa Barat, Indonesia pada 24 Maret 1946. Dalam waktu tujuh jam, sekitar 200.000 penduduk Bandung[1] membakar rumah mereka, meninggalkan kota menuju pegunungan di daerah selatan Bandung. Hal ini dilakukan untuk mencegah tentara Sekutu dan tentara NICA Belanda untuk dapat menggunakan kota Bandung sebagai markas strategis militer dalam Perang Kemerdekaan Indonesia.

Source :
Wikipedia

Description :
World Theatre Day pertama kali diputuskan pada tahun 1961 oleh International Theatre Institute (ITI). Dirayakan secara rutin setiap tanggal 27 Maret oleh ITI Pusat dan komunitas teater internasional.   Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Tanggal 30 Maret ditetapkan sebagai Hari Film Nasional melalui Kepres No 25/1999, setelah insan film Indonesia memperjuangkannya selama 37 tahun. Pemilihan 30 Maret sebagai Hari Film Nasional diambil dalam komperensi kerja organisasi-organisasi perfilman dengan Dewan Film Indonesia, lembaga yang kemudian bernama Dewan Film Nasional/Badan Pertimbangan Perfilman Nasional (BP2N) pada 11 Oktober 1962. Alasannya, tanggal 30 Maret (1950) adalah syuting pertama film Darah dan Doa karya sutradara Usmar Ismail yang juga merupakan produksi pertama dari perusahaan film nasional pertama Perfini.

Source :

Description :
International Bank for Reconstruction and Development (IBRD, dalam bahasa-bahasa Roman: BIRD) atau Bank Internasional untuk Pembangunan Kembali dan Perkembangan, lebih dikenal sebagai Bank Dunia, adalah sebuah organisasi internasional yang didirikan untuk melawan kemiskinan dengan cara membantu membiayai negara-negara. Pengoperasian Bank Dunia dijaga melalui pembayaran sebagaima diatur oleh negara-negara anggota. Aktivitas Bank Dunia saat ini difokuskan pada negara-negara berkembang, dalam bidang seperti pendidikan, agrikultur dan industri. Bank Dunia memberi pinjaman dengan tarif preferensial kepada negara-negara anggota yang sedang dalam kesusahan. Sebagai balasannya, pihak Bank juga meminta bahwa langkah-langkah ekonomi perlu ditempuh agar misalnya, tindak korupsi dapat dibatasi atau demokrasi dikembangkan. Bank Dunia didirkan pada 27 Desember 1945 setelah ratifikasi internasional mengenai perjanjian yang dicapai pada Konferensi Bretton Woods yang berlangsung pada 1 Juli¿22 Juli 1944. Markas Bank Dunia berada di Washington, DC, AS.

Source :

Description :
PBB atas usulan Qatar menetapkan tanggal 2 April sebagai Hari Peduli Autisme Sedunia. Wakil delegasi PBB dari Qatar, Nassir Abdelaziz Al Nassir dikenal di negaranya sebagai aktivis pembela hak asasi individu penyandang cacat telah berhasil mengangkat masalah autisme sebagai salah satu agenda tahunan PBB dan mendapatkan dukungan suara bulat dari 50 negara anggota PBB.   Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Sejak tahun 1925, saat memperingati ulang tahun Christian Andersen pada 2 April, berbagai pengarang dari seluruh dunia berkumpul sebagai perhatian terhadap buku anak-anak. Acara ini didukukung oleh International Board on Books for Young People (IBBY), sebuah organisasi non profit yang membangun jaringan internasional bagi orang-orang yang memiliki komitmen untuk membuat buku dan anak-anak menyatu. Setiap tahun Intenational Children's Book Day dirayakan pada satu negara dari 60 National Section yang berkesempatan untuk menjadi sponsor. National sponsor ini nantinya akan memilih tema dan mengundang pengarang ternama dari negara penyelenggara untuk membuat pesan bagi perayaan.   Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :

Source :

Description :
Hari Kesehatan Internasional didukung oleh World Health Organization. Dipilihnya tanggal 7 April, karena ditanggal yang sama pada tahun 1948 merupakan pertemuan Dunia Kesehatan pertama yang diadakan oleh WHO. Hari Kesehatan Internasional pertama kali diadakan pada tahun 1950. Tujuan peringatan Hari Kesehatan Internasional untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan.   Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Sejarah lahirnya TNI AU bermula dari pembentukan Badan Keamanan Rakyat (BKR) pada 23 Agustus 1945, guna memperkuat Armada Udara yang saat itu sangat kekurangan pesawat terbang dan fasilitas-fasilitas lainnya. Sejalan dengan perkembangannya berubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada tanggal 5 Oktober 1945 dengan nama TKR Jawatan Penerbangan di bawah pimpinan Komodor Udara Suryadi Suryadarma. Pada 23 Januari 1946 TKR ditingkatkan lagi menjadi TRI. Sebagai kelanjutan dari perkembangan tunas Angkatan Udara, maka pada tanggal 9 April 1946 TRI Jawatan Penerbangan dihapuskan dan diganti dengan Angkatan Udara Republik Indonesia yang kini diperingati sebagai hari lahirnya TNI AU yang diresmikan bersamaan dengan berdirinya Tentara Nasional Indonesia (TNI). Sumber: http://www.tni-au.mil.id/sejarah.asp

Source :

Description :

Source :

Description :
Dalam rangka menumpas pemberontakan separatisme di Indonesia, seperti pemberontakan Republik Maluku Selatan di Ambon pada tahun 1950, maka Kolonel Inf. Kawilarang yang pada waktu itu menjabat sebagai Panglima TT III (sekarang Kodam III/Siliwangi), mempunyai gagasan untuk membentuk pasukan khusus, yang dinamakan Kesatuan Komando TT III/Siliwangi. Setelah segala sesuatu yang menyangkut pembentukan satuan komando yang menyangkut personel, administrasi, logistik dan pangkalan, maupun segala hal yang diperlukan untuk persiapan cukup matang, maka Panglima TT III/Siliwangi mengeluarkan Instruksi No. 55/Instr/1952 tanggal 16 Oktober 1952, tentang pembentukan dan penetapan Kesatuan Komandao Teritorium III disingkat Kesko III. Dalam perkembangannya pasukan khusus Kesko III, berkembang menjadi Batalyon Shandi Yudha dalam rangka menumpas pemberontakan G30S/PKI. Berbagai keberhasilan Batalyon Sandhi Yudha tersebut menimbulkan ilham pimpinan ABRI untuk membentuk pasukan khusus yang berintikan Komando Pasukan Sandhi Yudha (Kopasandha). Sehubungan dengan hal itu, Pangab menginstruksikan Kopassandha ditingkatkan menjadi pasukan khusus yang dituangkan dalam Surat Keputusan Kasad Nomor Skep/446/V/1998 tanggal 2 Mei 1985. Sejak saat itu nama Kopasandha berubah menjadi Kopassus (Komando Pasukan Khusus) yang bermarkas di Cijantung. Mengingat tanggal 16 April 1952 merupakan sejarah terbentuknya pasukan khusus, maka setiap tanggal 16 April saat ini diperingati sebagai hari ulang tahun Kopassus. Sumber : http://www.sejarahtni.mil.id/

Source :

Description :
World Federation of Hemophilia (WFH) menjadi penggagas dari World Hemophilia Day untuk mempromosikan sebuah usaha global untuk membangun kesadaran akan treatment yang efektif dan aman bagi penderita Hemophilia. Dipilihnya tanggal 17 April, untuk memberikan penghargaan bagi Frank Schnabel yang menjadi pendiri WFH. Kegiatan ini telah dirayakan dilebih dari 100 negara.   Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika (KTT Asia-Afrika; kadang juga disebut Konferensi Bandung) adalah sebuah konferensi tingkat tinggi antara negara-negara Asia dan Afrika, yang kebanyakan baru saja memperoleh kemerdekaan. KTT ini diselenggarakan oleh Indonesia, Myanmar (dahulu Burma), Sri Lanka (dahulu Ceylon), India dan Pakistan dan dikoordinasi oleh Menteri Luar Negeri Indonesia Roeslan Abdulgani. Pertemuan ini berlangsung antara 18 April-24 April 1955, di Gedung Merdeka, Bandung, Indonesia dengan tujuan mempromosikan kerjasama ekonomi dan kebudayaan Asia-Afrika dan melawan kolonialisme atau neokolonialisme Amerika Serikat, Uni Soviet, atau negara imperialis lainnya. 29 negara yang mewakili lebih dari setengah total penduduk dunia mengirimkan wakilnya. Konferensi ini merefleksikan apa yang mereka pandang sebagai ketidak inginan kekuatan-kekuatan Barat untuk mengkonsultasikan dengan mereka tentang keputusan-keputusan yang mempengaruhi Asia pada masa Perang Dingin; kekhawatiran mereka mengenai ketegangan antara Republik Rakyat Tiongkok dan Amerika Serikat; keinginan mereka untuk membentangkan fondasi bagi hubungan yang damai antara Tiongkok dengan mereka dan pihak Barat; penentangan mereka terhadap kolonialisme, khususnya pengaruh Perancis di Afrika Utara dan kekuasaan kolonial perancis di Aljazair; dan keinginan Indonesia untuk mempromosikan hak mereka dalam pertentangan dengan Belanda mengenai Irian Barat. Sepuluh poin hasil pertemuan ini kemudian tertuang dalam apa yang disebut Dasasila Bandung, yang berisi tentang "pernyataan mengenai dukungan bagi kedamaian dan kerjasama dunia". Dasasila Bandung ini memasukkan prinsip-prinsip dalam Piagam PBB dan prinsip-prinsip Nehru. Konferensi ini akhirnya membawa kepada terbentuknya Gerakan Non-Blok pada 1961. Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/KTT_Asia-Afrika

Source :

Description :
Kehadiran HANSIP dibumi persada ini bersamaan dengan peristiwa perang kemerdekaan yang dibentuk atas dasar kehendak rakyat, dengan cara ikut berpartisipasi aktif membantu angkatan perang melalui Pertahanan Garis Belakang, dalam bentuk penyelenggaraan Keamanan Rakyat. Setelah berakhirnya perang kemerdekaan secara formil organisasi HANSIP dibentuk di seluruh wilayah Republik Indonesia. Adapun maksud dan tujuan dari pembentukan organisasi tersebut, sebagai wadah yang senantiasa terlibat dalam kegiatan-kegiatan kemanusiaan, pemerintahan, penanggulangan bencana dan pengungsi, kegiatan bela negara, maupun penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat. Keberadaan HANSIP yang mempunyai fungsi perlindungan masyarakat sebagaimana ditetapkan dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 1982 tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Pertahanan Keamanan, mempunyai landasan yuridis yang kuat, dimana substansi LlNMAS yang semula sebagai fungsi dalam organisasi HANSIP ditingkatkan menjadi suatu organisasi dalam bentuk "Satuan Perlindungan Masyarakat", yang sekaligus dikukuhkan sebagai "Komponen Khusus" Pertahanan Keamanan Negara, dalam menunjang pelaksanaan Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata). Sumber: http://www.depdagri.go.id

Source :

Description :
Kartini adalah seorang perempuan dari sebuah keluarga ningrat Jawa. Sampai usia 12 tahun护C Kartini diperbolehkan bersekolah di ELS 𽩰Europese Lagere School𽩱. Di sini antara lain Kartini belajar bahasa Belanda. Tetapi setelah usia 12 tahun护C ia harus tinggal di rumah karena sudah bisa dipingit. Karena Kartini bisa berbahasa Belanda护C maka di rumah ia mulai belajar sendiri dan menulis surat kepada teman-teman korespondensi yang berasal dari Belanda. Salah satunya adalah Rosa Abendanon yang banyak mendukungnya. Dari buku-buku护C koran护C dan majalah Eropa护C Kartini tertarik pada kemajuan berpikir perempuan Eropa. Timbul keinginannya untuk memajukan perempuan pribumi护C dimana kondisi sosial saat itu perempuan pribumi berada pada status sosial yang rendah. Oleh orangtuanya护C Kartini disuruh menikah dengan bupati Rembang护C Raden Adipati Joyodiningrat护C yang sudah pernah memiliki tiga istri. Kartini menikah pada tanggal 12 November 1903. Suaminya mengerti keinginan Kartini dan Kartini diberi kebebasan dan didukung mendirikan sekolah wanita di sebelah timur pintu gerbang kompleks kantor kabupaten Rembang护C atau di sebuah bangunan yang kini digunakan sebagai Gedung Pramuka. Berkat kegigihannya Kartini护C kemudian didirikan Sekolah Wanita oleh Yayasan Kartini di Semarang pada 1912护C dan kemudian di Surabaya护C Yogyakarta护C Malang护C Madiun护C Cirebon dan daerah lainnya. Nama sekolah tersebut adalah 𽩪Sekolah Kartini𽩪. Yayasan Kartini ini didirikan oleh keluarga Van Deventer护C seorang tokoh Politik Etis. Presiden Soekarno mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964护C tanggal 2 Mei 1964护C yang menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional sekaligus menetapkan hari lahir Kartini护C tanggal 21 April护C untuk diperingati setiap tahun sebagai hari besar yang kemudian dikenal sebagai Hari Kartini. Sumber报A http报A//id.wikipedia.org/wiki/Kartini

Source :

Description :
Hari Bumi digagas oleh Gaylord Nelson, seorang senatpr Amerika Serikat (AS) yang sangat prihatin terhadap menurunnya kualitas lingkungan hidup. Nelson berpidato di Seattle tahun 1969, yang mendesak agar isu kontroversial lingkungan hidup dimasukkan dalam kurikulum resmi perguruan tinggi, mengikuti model teach in mengenai antiperang. Gagasan Nelson kurang mendapat tanggapan Presiden AS yang saat itu dijabat Richard Nixon, tetapi mendapat dukungan sangat kuat dari masyarakat sipil. Dukungan semakin besar, hingga mencapai puncaknya 22 April 1970. Majalah Time ketika itu memberitakan, sekitar 20 juta orang turun ke jalan di berbagai sudut AS untuk lebih memerhatikan Bumi. Aksi itu melibatkan 1.500 perguruan tinggi dan 10.000 sekolah di seluruh AS. Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
World Book Day sendiri dicetuskan oleh UNESCO pada sebuah konferensi umum di Paris pada tahun 1995. Pada awalnya sebagai bagian dari perayaan Hari Saint George di wilayah Katalonia sejak abad pertengahan para pria memberikan mawar kepada kekasihnya. Namun sejak tahun 1923 para pedagang buku mempengaruhi tradisi ini untuk menghormati Miguel de Cervantes, seorang pengarang yang meninggal dunia pada tanggal 23 April sehingga sejak 1925 para perempuan memberikan sebuah buku sebagai pengganti mawar yang diterimanya. Pada masa itu lebih dari 400.000 buku terjual dan ditukarkan dengan empat juta mawar.

Source :

Description :

Source :

Description :

Source :

Description :
Hari malaria sedunia dapat menjadi perayaan upaya global dalam memberikan pengendalian malaria yang efektif di seluruh dunia. Hari Malaria sedunia bukanlah hari untuk takut dan bersedih. Melainkan hari untuk memutuskan dan optimis, sebagaimana masyarakat global yang hingga saat ini telah memiliki cukup bukti bahwa perang terhadap malaria dapat dimenangkan bila pihak-pihak terkait mau bekerjasama secara efisien di level masyarakat, lokal, nasional, regional, dan internasional.   Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
World Intellectual Property Day dilaksanakan secara rutin setiap tanggal 26 April. Acara ini dilaksanakan oleh World Intellectual Property Organization (WIPO) pada tahun 2001 untuk meningkatkan kesadaran akan hak kekayaan intelektual dalam hidup keseharian dan untuk merayakan kontribusi yang telah diberikan pada penemu dan seniman untuk mengembangkan kehidupan sosial di seluruh dunia. Tanggal 26 April dipilih karena pada tanggal tersebut World Intellectual Property Organization melakukan konvensinya pada tahun 1970.   Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Tanggal 27 April 1995 adalah salah satu hari bersejarah bagi unsur -unsur sistem peradilan pidana oleh karena pada hari ini genap 31tahun disetujuinya konsepsi tentang pembinaan narapidana berdasarkan sistem pemasyarakatan sebagai realisasi gagasan pemasyarakatan yang dicetuskan oleh Prof. Sahardjo, S.H. tahun 1963.

Source :

Description :
Hari Puisi Nasional di Indonesia diperingati untuk menghargai peran besar penyair Indonesia, Chairil Anwar. Hari Puisi Nasional diperingati setiap tanggal 28 April yang menjadi tanggal wafatnya Chairil Anwar pada tahun 1949.   Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
World Day for Safety and Healh at Work merupakan kampanye internasional untuk mempromosikan keselamatan dan kesehatan kerja. Hari ini juga merupakan International Workers' Memorial Day atau International Commemoration Day (ICD) for Dead and Injured yang diperingati karena tingginya tingkat kecelakaan kerja serta resiko kesehatan bagi pekerja. Workers' Memorial Day dimulai oleh Canadian Union of Public Employees (CUPE) pada tahun 1984, Canadian Labour Congress kemudian mendeklarasikan hari tersebut secara rutin pada 28 April 1985, yang juga merupakan hari ulang tahun Workers Compensation Act yang mulai ada pada tahun 1914.   Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
International Dance Day (World Dance Day) dipromosikan dan dirayakan oleh International Dance Council (CID) untuk mempromosikan tari. Perayaan tersebut diperkenalkan pada tahun 1982 oleh Komite Tari Internasional UNESCO International Theatre Institute. Tanggal tersebut diusulkan oleh Pyotr Gusev untuk memperingati kelahiran Jean-Georges Noverre. Tujuan dari peringatan ini untuk membangun kesadaran akan pentingnya tari bagi masyarakat umum, serta mengajak pemerintah dari seluruh dunia untuk menyediakan sistem bagi pendidikan tari dari level dasar hingga level tinggi.   Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Hari Buruh pada umumnya dirayakan pada tanggal 1 Mei, dan dikenal dengan sebutan May Day. Hari buruh ini adalah sebuah hari libur (di beberapa negara) tahunan yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh. Ada dua orang yang dianggap telah menyumbangkan gagasan untuk menghormati para pekerja, Peter McGuire dan Matthew Maguire, seorang pekerja mesin dari Paterson, New Jersey. Pada tahun 1872, McGuire dan 100.000 pekerja melakukan aksi mogok untuk menuntut mengurangan jam kerja. McGuire lalu melanjutkan dengan berbicara dengan para pekerja and para pengangguran, melobi pemerintah kota untuk menyediakan pekerjaan dan uang lembur. McGuire menjadi terkenal dengan sebutan "pengganggu ketenangan masyarakat". Pada tanggal 5 September 1882, parade Hari Buruh pertama diadakan di kota New York dengan peserta 20.000 orang yang membawa spanduk bertulisan 8 jam kerja, 8 jam istirahat, 8 jam rekreasi. Maguire dan McGuire memainkan peran penting dalam menyelenggarakan parade ini. Dalam tahun-tahun berikutnya, gagasan ini menyebar dan semua negara bagian merayakannya. Pada 1887, Oregon menjadi negara bagian pertama yang menjadikannya hari libur umum. Pada 1894. Presider Grover Cleveland menandatangani sebuah undang-undang yang menjadikan minggu pertama bulan September hari libur umum resmi nasional. Sementara 1 Mei dipilih karena pada 1884 Federation of Organized Trades and Labor Unions, yang terinspirasi oleh kesuksesan aksi buruh di Kanada 1872 [1], menuntut delapan jam kerja di Amerika Serikat dan diberlakukan mulai 1 Mei 1886. Sumber: http://id.wikipedia.org

Source :

Description :
Pada saat kemerdekaan, pemerintah Belanda mempertahankan kekuasaan terhadap belahan barat pulau Nugini (Irian), dan mengizinkan langkah-langkah menuju pemerintahan-sendiri dan pendeklarasian kemerdekaan pada 1 Desember 1961. Negosiasi dengan Belanda mengenai penggabungan wilayah tersebut dengan Indonesia gagal, dan pasukan penerjun payung Indonesia mendarat di Irian pada 18 Desember sebelum kemudian terjadi pertempuran antara pasukan Indonesia dan Belanda pada 1961 dan 1962. Pada 1962 Amerika Serikat menekan Belanda agar setuju melakukan perbincangan rahasia dengan Indonesia yang menghasilkan Perjanjian New York pada Agustus 1962, dan Indonesia mengambil alih kekuasaan terhadapa Irian Jaya pada 1 Mei 1963. Sumber: http://id.wikipedia.org

Source :

Description :
Hari Pendidikan Nasional didirikan berdasarkan atas hari lahir bapak pendidikan nasional, Ki Hajar Dewantara. Ajarannya yang terkenal adalah tut wuri handayani (dibelakang memberi dorongan), ing madya mangun karsa (di tengah menciptakan peluang untuk berprakarsa), ing ngarsa sungtulada (di depan memberi teladan).

Source :

Description :

Source :

Description :
World Press Freedom Day diadakan oleh PBB untuk meningkatkan kesadaran kebebasan pers dan mengingatkan pemerintah akan tugas mereka untuk peduli dan menghargai kebebasan berekspresi sesuai dengan artikel 19 dari Universal Declaration of Human Rights. Peringatan ini mulai dilakukan oleh PBB pada tahun 1993. Dipilihnya tanggal 3 Mei, juga sebagai Declaration of Windhoek, sebuah pernyataan prinsip kebebasan pers yang dibuat oleh Jurnalist Surat Kabar Afrika di tahun 1991. UNESCO menandai World Press Freedom Day dengan mempersembahkan UNESCO/Guillermo Cano World Press Freedom Prize kepada individu, organisasi atau lembaga yang memberikan kontribusinya untuk mempertahankan atau mempromosikan kebebasan pers di mana saja di seluruh dunia, terutama mereka yang harus berhadapan dengan bahaya. Dimulai di tahun 1997, penghargaan ini direkomendasikan oleh juru independent dari 14 wartawan profesional. Nama-nama kandidat diusulkan oleh LSM kebebasan pers regional dan internasional dan negara-negara anggota UNESCO. Penghargaan tersebut dinamakan Guilermo Cano, sebagai penghargaan untuk Guilermo Cano Isaza, seorang wartawan Colombia yang terbunuh di depan kantornya, El Espectador, di Bogota, pada 17 Desember 1986. Cano telah menulis mengenai kekuatan mafia obat-obatan Colombia.   Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
International Firefighters' Day (IFFD) diperingati setiap tanggal 4 Mei. Sebelumnya usulan ini dikirimkan melalui email ke seluruh dunia pada tanggal 4 Januari 1999 untuk mengenang empat orang pemadam kebakaran yang bernasib tragis saat mencoba memadamkan kebakaran hebat di Australia. Tanggal 4 Mei diperingati sebagai Firefighters' Day dibanyak negara Eropa. International Firefighters' Day (IFFD) merupakan waktu bagi warga dunia untuk memberikan penghargaan atas pengorbanan para pemadam kebakaran yang telah berjasa menyelamatkan masyarakat dan lingkungan. Di hari tersebut, biasanya juga diberikan penghargaan kepada mantan pemadam kebakaran yang telah memberikan kontibusinya bagi masyarakat.   Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :

Source :

Description :
International Midwives' Day pertama kali dirayakan pada 5 Mei 1991 dan sejak itu dirayakan dilebih dari 50 negara di Dunia. Ide dari peringatan ini untuk menghormati jasa para bidan yang pada tahun 1987 mengadakan International Confederation of Midwives Conference di Belanda.   Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Kisah pribadi Henry Dunant yang dituangkan dalam sebuah buku mengenai penderitaan para tentara sewaktu perang menimbulkan ide akan terbentuknya Komite Bantuan Internasional untuk korban luka-luka pada tahun 1863. Untuk menghormati jasa-jasa Henry Dunant di bidang kemanusiaan maka setiap tanggal 8 Mei bertepatan dengan hari lahir beliau, ditetapkan sebagai Hari Palang Merah Internasional.

Source :

Description :
World Lupus Day yang diperingati setiap tanggal 10 Mei, pertama kali dicanangkan pada tahun 2004 saat dewan internasional mempertemukan organisasi internasional yang fokus pada penyakit lupus dari 13 negara berbeda di Eaton, Inggris untuk menyelenggarakan perayaan pertama Hari Lupus Sedunia. Pencanangan ini untuk mengingatkan pemerintah di seluruh dunia agar meningkatkan dukungan dana mereka terhadap penelitian penyakit lupus, membangun kepedulian dan pelayanan terhadap para penderita. Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :

Source :

Description :
International Nurses Day dirayakan di dunia untuk memperingati kelahiran Florence Nightingale oleh International Council of Nurses (ICN). Florence Nightingale (12 Mei 1820 - 13 Agustus 1910) adalah pelopor perawat modern, penulis dan ahli statistik. Ia dikenal dengan nama Bidadari Berlampu (bahasa Inggris The Lady With The Lamp) atas jasanya yang tanpa kenal takut mengumpulkan korban perang pada perang Krimea, di semenanjung Krimea, Rusia. Florence Nightingale menghidupkan kembali konsep penjagaan kebersihan rumah sakit dan kiat-kita juru rawat. Ia memberikan penekanan kepada pemerhatian teliti terhadap keperluan pasien dan penyusunan laporan mendetil menggunakan statistik sebagai argumentasi perubahan ke arah yang lebih baik pada bidang keperawatan di hadapan pemerintahan Inggris.   Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Pada tahun 1993, Majelis Umum PBB memutuskan tanggal 15 setiap tahun diperingati sebagai International Day of Families melalui Resolusi 47/237 pada tanggal 20 September. Pada tahun 1989, melalui resolusi 44/82, Majelis Umum memproklamirkan tahun 1994 sebagai Tahun Internasional Keluarga untuk meningkatkan kesadaran terhadap isu-isu keluarga.   Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Menteri Pendidikan Nasional Abdul Malik Fadjar mencanangkan tanggal 17 Mei sebagai Hari Buku Nasional. Ide adanya Hari Buku datang dari masyarakat perbukuan guna memacu minat baca masyarakat Indonesia, sekaligus menaikkan penjualan buku.

Source :

Description :
Pada 17 Mei tahun 1865, ditandatangani perjanjian oleh wakil dari 20 negara yang berkumpul di Paris yang mendukung berdirinya International Telegraph Union. Hari pendirian organisasi telegraf internasionallah yang diperingati sebagai Hari Komunikasi Internasional. Pada tahun 1906, berdiri pula organisasi internasional lain di bidang telekomunikasi dengan nama International Radiotelegraph Union yang pada tahun 1934, kedua organisasi itu dilebur menjadi satu dengan nama International Telecommunication Union yang kini menjadi salah satu badan resmi PBB.   Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia didirikan pada tahun 1989 berdasarkan Keputusan Presiden nomor 11 tahun 1989. Pada pasal 19 dinyatakan bahwa Pusat Pembinaan Perpustakaan, Perpustakaan Nasional Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dan Perpustakaan Wilayah di Propinsi merupakan satuan organisasi yang melaksanakan fungsi dan tugas perpustakaan nasional. Bila membaca pasal 19 maka dapat ditafsirkan bahwa Perpustakaan Nasional RI merupakan gabungan ketiga lembaga tersebut.

Source :
Perpustakaan Nasional RI

Description :

Source :

Description :
Budi Utomo adalah organisasi pemuda yang didirikan oleh Dr. Sutomo pada tanggal 20 Mei 1908. Berdirinya Budi Utomo menjadi awal gerakan yang bertujuan mencapai kemerdekaan Indonesia. Saat ini tanggal berdirinya Budi Utomo, 20 Mei, diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

Source :
http://id.wikipedia.org/wiki/Budi_Utomo

Description :
World Day for Cultural Diversity for Dialogue and Development dilaksanakan setiap tanggal 21 Mei untuk membangun kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya perbedaan budaya. Konferensi Umum United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) mengadopsi Universal Declaration on Cultural Diversity di Paris, Perancis pada tanggal 2 November 2001. Ini merupakan resolusi ke 249 yang diadopsi dari 57 sesi konferensi PBB. Peristiwa 11 September 2001 menunjukkan bagaimana seriusnya konflik akibat perbedaan budaya yang tidak dikomunikasikan. Tahun 2002 merupakan Tahun PBB untuk Warisan Kebudayaan. Di akhir tahun pada 20 Desember 2002, Majelis Umum PBB mendeklarasikan 21 Mei sebagai World Day for Cultural Diversity for Dialogue and Development. PBB percaya bahwa terdapat hubungan antara perbedaan budaya dan pentingnya dialog antar warga masyarakat di dunia modern. Peringatan ini pertama kali dilaksanakan pada tahun 2003.   Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
International Day for Biological Diversity atau disebut juga World Biodiversity Day menjadi hari yang diperingati oleh PBB untuk mempromosikan isu-isu keanekaragaman hayati. Tanggal ini berdasarkan Konvensi Rio Earth Summit pada 22 Mei 1992.   Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Penetapan 29 Mei sebagai Hari Lanjut Usia Nasional HLUN untuk mengingatkan nilai historis dan strategis, di mana tanggal itu dilaksanakan sidang pertama BPUPKI yang waktu itu dipimpin Dr Radjiman Widiodiningrat, seorang sepuh (tertua) yang dengan kearifannya mencetuskan gagasan perlunya dasar pilosofis Negara Indonesia. Penetapan 29 Mei sebagai HLUN, adalah untuk menghormati dan menghargai keberadaan lansia di tengah masyarakat, yang selalu diperingati setiap tahun. Tujuannya, menggugah perhatian dan kepedulian masyarakat terhadap keberadaan lansia.

Source :

Description :
Misi PBB adalah untuk membawa dan menciptakan perdamaian bagi dunia yang berkelanjutan. Bagi negara yang sedang dilanda perang, perdamaian merupakan kebutuhan dasar. Pasukan Perdamaian PBB menolong negara yang dilanda perang untuk hidup dalam kedamaian. Pasukan Perdamaian ini terdiri dari tentara, polisi dan personil sipil dari berbagai negara di seluruh dunia. Mereka membantu memonitoring proses perdamaian. Pada tahun 1988, hadiah Nobel diserahkan kepada Pasukan Perdamaian PBB. Pada tanggal 29 Mei, PBB menjadikan tanggal tersebut sebagai Hari Internasional Penjaga Perdamaian PBB untuk memberikan penghargaan kepada wanita dan pria yang telah membantu dan menjalankan misi perdamaian Pasukan Penjaga Perdamaian PBB.   Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
World No Tobacco Day diperingati diseluruh dunia setiap tanggal 31 Mei. Peringatan ini dimotori oleh anggota World Health Organization pada tahun 1987. Peringatan ini untuk membangun kesadaran global akan bahaya penggunaan tembakau dan akibat negatifnya bagi kesehatan. Penggunaan tembakau paling tidak telah membuat 5,4 juta penduduk bumi meninggal setiap tahunnya. Semenjak tahun 1988, WHO memberikan penghargaan World No Tobacco Day (WNTD) kepada organisasi atau individu yang memberikan konstribusi bagi pengurangan konsumsi tembakau. Pada tahun 1987, the World Health Assembly mengeluarkan Resolusi WHA40.38, yang menetapkan 7 April 1988 sebagai "a world no-smoking day". Selanjutnya pada tahun 1988, PBB mengeluarkan Resolusi WHA42.19, yang menetapkan World No Tobacco Day setiap tanggal 31 Mei.   Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Di mata Soekarno, kemerdekaan atau political independence adalah sebuah jembatan emas.Oleh karena itu, Soekarno mengajak semua pihak untuk bangkit dan menyongsong Indonesia Merdeka. TANGGAL 1 Juni itu, Soekarno kemudian memberikan dasar filosofi Negara Indonesia Merdeka. Ia menyebut lima dasar utama, yaitu Kebangsaan Indonesia, Internasionalisme atau Peri Kemanusiaan, Mufakat atau Demokrasi, Kesejahteraan Sosial, dan Ketuhanan yang berkebudayaan atau Ketuhanan Yang Mahaesa. Atas saran salah seorang sahabatnya yang ahli bahasa, kelima dasar itu oleh Soekarno kemudian diberi nama Pancasila. Karena itu, tanggal 1 Juni kemudian disebut sebagai Hari Lahirnya Pancasila. Sumber: https://www.kompas.com

Source :

Description :

Source :

Description :
Hari Susu Sedunia (World Milk Day) dicetuskan oleh FAO (Food and Agriculture), sejak tahun 2000. World Milk Day pada mulanya akan diperingati setiap akhir Mei, namun banyak negara, seperti China, keberatan jika dilaksanakan pada akhir Mei, alasannya pada bulan Mei telah banyak peringatan yang ada di negara itu. Maka diputuskanlah tanggal 1 Juni. Hari ini diperingati untuk kembali mengingatkan warga dunia akan manfaat susu bagi manusia.   Berdasarkan ketetapan FAO (organisasi pangan dunia yang bernaung di bawah PBB) dinyatakan pada tanggal 1 Juni 2000 sebagai Hari Susu Sedunia (World Food Day), dengan tujuan menyebarluaskan informasi mengenai manfaat susu dengan mengajak masyarakat luas untuk mengkonsumsi susu sebagai makanan cair yang bermanfaat bagi tubuh dan meningkatkan industri susu yang menguntungkan bagi peternak sapi perah. Oleh karena itu sejak pencanangannya beberapa negara di antaranya Jerman, Cina, Australia, Malaysia, Thailand dan lainnya ikut berpartisipasi untuk merayakan Hari Susu Sedunia tersebut.   Dalam perkembangan selanjutnya melalui SK. Menteri Pertanian No. 2182/Kpts/PD.420/5/2009 ditetapkan Hari Susu Nasional dan untuk pertamakalinya peringatan tersebut diselenggarakan di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur pada tanggal 7 Oktober 2009 dan pada tahun ini di Lembang, Jawa Barat. Peringatan HSN berperan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat atas pentingnya minum susu, meningkatkan konsumsi susu per kapita masyarakat Indonesia demi mewujudkan peningkatan kualitas gizi bangsa, dan menstimulir industri susu nasional agar dapat berkembang.   Hari Susu Nasional harus diperingati karena susu merupakan salah satu komoditi strategis dari pembangunan sub sektor peternakan. Yaitu salah satu komoditi penting untuk meningkatkan gizi masyarakat, sehingga di masa mendatang apabila kita ingin meningkatkan kecerdasan generasi muda dan sehat selalu di masa mendatang perlu ditingkatkan mengkonsumsi minum susu.   Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli;  www.sinartani.com

Source :

Description :

Source :

Description :
Prihatin atas besarnya jumlah anak Palestina dan Lebanon yang menjadi korban agresi Israel, pada 19 Agustus 1983 Sidang Umum PBB memutuskan mengenang tragedi tersebut setiap tanggal 4 Juni sebagai Hari Anak Korban Perang Internasional. Diharapkan masyarakat di seluruh dunia memahami begitu banyak anak yang menjadi korban kekerasan dalam bentuk apapun serta betapa penting perlindungan terhadap hak anak.   Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Kerusakan lingkungan terus berlangsung, baik di Indonesia maupun negara lainnya. Kerusakan udara terjadi karena polusi yang sudah sangat tinggi, udara menjadi berdebu, berkabut bahkan dipenuhi dengan asap knalpot yang berbau tak sedap serta membuat mata perih. Mungkin ada orang yang menganggap hal tersebut sebagai hal yang normal. Padahal kualitas udara sangat mempengaruhi kesehatan kita. Kemudian, kerusakan hutan terjadi karena penebangan liar yang terus terjadi hingga saat ini. Kerusakan laut, terjadi karena penangkapan/pengambilan sumber daya laut yang tidak memikirkan keseimbangan ekosistem laut. Karena hal-hal tersebut maka negara-negara di dunia mendeklarasikan tanggal 5 Juni 1972 sebagai hari lingkungan hidup. Sumber: http://www.e-smartschool.com

Source :

Description :
World Ocean Day dimulai pada 8 Juni 1992 dalam pertemuan Earth Summit di Rio de Janeiro, Brazil. World Ocean Day merupakan sebuah kesempatan untuk menghargai laut yang menghubungkan seluruh isi dunia. Saat ini telah ada dua organisasi yang sedang mengumpulkan tandatangan untuk mengajukan petisi kepada PBB agar hari ini diperingati secara resmi.   Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
World Blood Donor Day dirayakan untuk mengapresiasi mereka yang telah mendonorkan darahnya untuk membantu kehidupan orang lain. Tanggal ini juga merupakan hari lahir, Karl Land Steiner, penemu dari sistem pembagian golongan darah ABO, yang membuatnya memenangkan piala Nobel. Kegiatan ini didukung atas kerjasama empat organisasi yaitu, The World Health Organization (WHO), the International Federation of Red Cross and Red Crescent Societes, the International Federation of Blood Donor Organizations and the International Society of Blood Transfusion.   Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :

Source :

Description :
Hari penanggulangan Degradasi Lahan dan Kekeringan Sedunia (The World Day To Combat Desertification and Drought) lahir melalui resolusi sidang umum PBB No. A/RES/49/115. Resolusi itu lahir di 17 Juni 1994. Degradasi lahan adalah salah satu proses degradasi lingkungan yang paling berbahaya di dunia. Indonesia meratifikasi Konvensi PBB tentang Penanggulangan Degradasi Lahan atau United Nations Convention to Combat Desertification, yang disingkat UNCCD, melalui Keputusan Presiden No. 135 tahun 1998. Departemen Kehutanan merupakan Focal Point. UNCCD ini juga dikenal sebagai konvensi Rio, yaitu konvensi lingkungan hasil Pertemuan Bumi di Rio de Janeiro bersama dua konvensi lingkungan lainnya, yaitu CBD (konvensi keanekaragaman hayati) dan UNFCCC (konvensi kerangka kerja perubahan iklim).   Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
World Music Day atau juga disebut Fete de la Musique merupakan festival musik yang dirayakan setiap tanggal 21 Juni. Acara ini dimulai di Perancis dan kemudian menyebar ke kota-kota lainnya seperti Argentina, Australia, Belgia, Luxembourg, Jerman, Switzerland, Costa Rica, Israel (di Jerusalem dan Tel-Aviv), China, India, Lebanon, Malaysia, Moroko, Pakistan, Philippina, Romania, Kolombia, Venezuela, Edinburgh, London, New York City. Ide dibalik Hari Musik Dunia pertama kali pada tahun 1976 oleh musisi Amerika, Joel Cohen. Cohen mengusulkan agar dirayakan pentas musik sepanjang malam dalam titik balik matahari di musim semi. Ide tersebut selanjutnya ditindaklanjuti oleh Direktur Musik dan Tari Maurice Fleuret dan diajukan kepada Menteri Kebudayaan Jack Lang pada tahun 1981 dan mulai dirayakan pada tahun 1982.   Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Tanggal 21 Juni merupakan Hari Krida pertanian yang senantiasa diperingati oleh masyarakat pertanian, yaitu para petani-nelayan, pegawai, dan pengusaha yang bergerak di sektor pertanian. Penetapan tanggal 21 Juni sebagai Hari Krida Pertanian didasarkan atas pertimbangan bahwa pada tanggal tersebut ditinjau dari segi astronomis, matahari yang memberikan tenaga kehidupan bagi tumbuhan, hewan, dan manusia, berada pada garis balik utara (23,5 derajat lintang utara). Dimana pada saat itu terjadi pergantian iklim yang seirama dengan perubahan-perubahan usaha kegiatan pertanian. Pada akhir abad ke-IX, mulai diperkenalkan apa yang disebut pranata mangsa, yaitu cara pembagian musim dalam 12 musim yang diuraikan secara lengkap, antara lain meliputi hujan, angin, serangga, penyakit, dan sebagainya. Dimana tanggal 21 Juni merupakan saat permulaan musim ke-1 yang merupakan awal dari siklus musim tersebut. Dengan demikian, bulan Juni merupakan bulan yang penting bagi masyarakat pertanian. Kegiatan panen berbagai komoditi pertanian seperti kopi, cengkeh, lada, dan sebagainya pada umumnya dilaksanakan sekitar bulan Juni-Juli. Pada bulan-bulan panen itu selalu membuat perhitungan neraca atas usahanya. Menyampaikan puji syukur atas hasil yang diperolehnya serta mengevaluasi kelemahan dan kekurangan-kekurangannya, untuk selanjutnya di cari langkah-langkah penanggulangannya. Hari Krida Pertanian pada hakekatnya merupakan hari bersyukur, hari berbangga hati sekaligus hari mawas diri, serta hari dharma bhakti. Setiap tahunnya diperingati oleh segenap masyarakat pertanian yakni para petani-nelayan, pegawai dan pengusaha yang bergerak di sektor pertanian.

Source :
http://www.diperta.jabarprov.go.id/

Description :
Sejarah Jakarta bermula dari sebuah bandar kecil di muara Sungai Ciliwung sekitar 500 tahun silam. Selama berabad-abad kemudian kota bandar ini berkembang menjadi pusat perdagangan internasional yang ramai. Pengetahuan awal mengenai Jakarta terkumpul sedikit melalui berbagai prasasti yang ditemukan di kawasan bandar tersebut. Keterangan mengenai kota Jakarta sampai dengan awal kedatangan para penjelajah Eropa dapat dikatakan sangat sedikit. Laporan para penulis Eropa abad ke-16 menyebutkan sebuah kota bernama Kalapa, yang tampaknya menjadi bandar utama bagi sebuah kerajaan Hindu bernama Sunda, beribukota Pajajaran, terletak sekitar 40 kilometer di pedalaman, dekat dengan kota Bogor sekarang. Bangsa Portugis merupakan rombongan besar orang-orang Eropa pertama yang datang ke bandar Kalapa. Kota ini kemudian diserang oleh seorang muda usia, bernama Fatahillah, dari sebuah kerajaan yang berdekatan dengan Kalapa. Fatahillah mengubah nama Sunda Kalapa menjadi Jayakarta pada 22 Juni 1527. Tanggal inilah yang kini diperingati sebagai hari lahir kota Jakarta. Sumber: http://www.e-smartschool.com

Source :

Description :
Pada tahun 1972, Konferensi PBB tentang Lingkungan Hidup Manusia menyadari kebutuhan negara-negara untuk bekerja sama dalam konservasi hewan yang bermigrasi melintasi batas-batas nasional atau antara wilayah yurisdiksi nasional dan laut lepas. Rekomendasi ini menghasilkan Konvensi tentang Konservasi Spesies Hewan Hidup yang Bermigrasi. Konvensi ini sering disebut sebagai Konvensi Bonn, mulai berlaku pada tahun 1983. Tujuan Konvensi adalah untuk menyediakan konservasi untuk spesies darat, laut, dan burung migran dalam seluruh jangkauan mereka. Hal ini sangat penting, karena kegagalan untuk melestarikan spesies tersebut pada setiap tahap tertentu dari siklus hidup mereka dapat mempengaruhi setiap upaya konservasi di tempat lain. Prinsip mendasar dari Konvensi Bonn adalah bahwa Para Pihak dari Konvensi Bonn mengakui pentingnya spesies migrasi yang dilestarikan dan Negara Rentang setuju mengambil tindakan untuk tujuan ini bila memungkinkan dan tepat, memberikan perhatian khusus pada spesies migrasi, konservasi status yang tidak menguntungkan, dan mengambil secara individu atau dalam kerjasama langkah yang tepat diperlukan untuk melestarikan spesies tersebut dan habitatnya. Semua pihak mengakui kebutuhan untuk mengambil tindakan menghindari spesies migrasi menjadi terancam punah.

Source :

Description :
Dalam sejarah Bidan Indonesia menyebutkan bahwa 24 Juni 1951 dipandang sebagai hari lahir IBI. Pengukuhan hari lahirnya IBI tersebut didasarkan atas hasil konferensi bidan pertama yang diselenggarakan di Jakarta 24 Juni 1951, yang merupakan prakarsa bidan-bidan senior yang berdomisili di Jakarta. Konferensi bidan pertama tersebut telah berhasil meletakkan landasan yang kuat serta arah yang benar bagi perjuangan bidan selanjutnya, yaitu: mendirikan sebuah organisasi profesi bernama Ikatan Bidan Indonesia (IBI) berbentuk kesatuan, bersifat Nasional, berazaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. IBI yang seluruh anggotanya terdiri dari wanita telah diterima menjadi anggota Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) pada tahun 1951, hingga saat ini IBI tetap aktif mendukung program-program KOWANI bersama organisasi wanita lainnya dalam meningkatkan derajat kaum wanita Indonesia. Selain itu sesuai dengan Undang-undang RI No.8 tahun 1985 tentang organisasi kemasyarakatan, maka IBI dengan nomor 133 terdaftar sebagai salah satu Lembaga Sosial Masyarakat di Indonesia. Sumber: http://www.bidanindonesia.org

Source :

Description :
International Day ini Support of Torture Victims diperingati pada tanggal 26 Juni. Kegiatan ini dicanangkan oleh PBB untuk membangun solidaritas terhadap korban penyiksaan baik pikiran, tubuh dan semangat. PBB memilih tanggal tersebut, karena pada tanggal 26 Juni 1987 hari pelaksanaan Convention against Torture and other Cruel, Inhuman or Degrading Treatment or Punishment. Konvensi tersebut untuk menyuarakan persamaan hak atas kemerdekaan asasi seperti kemerdekaan, keadilan dan kedamaian di seluruh dunia.   Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
International Day against Drug Abuse and Illicit Trafficking diperingati oleh PBB untuk melawan penyalahgunaan obat-obatan dan penjualan obat secara ilegal. Peringatan ini dimulai pada 26 Juni 1988. Tanggal tersebut dipilih untuk memperingati pengungkapan kasus Lin Zexu berupa perdagangan opium di Humen, Guangdong, sebelum Perang Opium. Pencanangan tersebut berupa dikeluarkannya resolusi PBB 42/112 pada 7 Desember 1987.   Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Keluarga, merupakan bagian (komunitas) terkecil dari masyarakat. Tapi dari keluarga yang baik akan muncul pula masyarakat yang baik dan berkualitas. Baik di sini maksudnya dari segi rohani dan jasmaninya. Karena sangat pentingnya peran sebuah keluarga dalam masyarakat maka pemerintah sejak tahun 1994, tepatnya tanggal 29 Juni memperingati hari keluarga secara nasional. Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) oleh pemerintah diadakan untuk mengajak seluruh keluarga Indonesia agar melakukan introspeksi dan berbenah diri guna berbuat yang terbaik bagi keluarganya. Sumber: http://www.e-smartschool.com/

Source :

Description :
Dari kilasan sejarah, kita dapat mengetahui bahwa Polri lahir bersamaan dengan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Bahkan secara tegas Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) dalam sidangnya tanggal 18 Agustus 1945 selain membentuk UUD 1945 juga membentuk berdirinya Badan Kepolisian Negara. Karena itulah penetapan tanggal 1 Juli 1946 sebagai tonggak Hari Kepolisian sempat mengundang pertanyaan dari berbagai pihak. Hal ini terjadi karena orang mengira bahwa tanggal 1 Juli 1946 adalah hari lahir Polri. Yang benar adalah "Hari Kepolisian" atau lebih dikenal sebagai "Hari Bhayangkara". Sumber: http://www.e-smartschool.com/ivent/bhayangkara.htm

Source :

Description :

Source :

Description :

Source :

Description :

Merencanakan tempat hidup, merencanakan kehidupan, merencanakan keluarga, merencanakan sumber-sumber bagi kesehatan planet adalah fokus utama dari World Population Day.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Koperasi adalah institusi (lembaga) yang tumbuh atas dasar solidaritas tradisional dan kerjasama antar individu, yang pernah berkembang sejak awal sejarah manusia sampai pada awal ¿Revolusi Industri¿ di Eropa pada akhir abad 18 dan selama abad 19, sering disebut sebagai Koperasi Historis atau Koperasi Pra-Industri. Koperasi Modern didirikan pada akhir abad 18, terutama sebagai jawaban atas masalah-masalah sosial yang timbul selama tahap awal Revolusi Industri. Di Indonesia, ide-ide perkoperasian diperkenalkan pertama kali oleh Patih di Purwokerto, Jawa Tengah, R. Aria Wiraatmadja yang pada tahun 1896 mendirikan sebuah Bank untuk Pegawai Negeri. Cita-cita semangat tersebut selanjutnya diteruskan oleh De Wolffvan Westerrode. Pada tahun 1908, Budi Utomo yang didirikan oleh Dr. Sutomo memberikan peranan bagi gerakan koperasi untuk memperbaiki kehidupan rakyat. Pada tahun 1915 dibuat peraturan ¿Verordening op de Cooperatieve Vereeniging¿, dan pada tahun 1927 ¿Regeling Inlandschhe Cooperatieve¿. Pada tahun 1927 dibentuk Serikat Dagang Islam, yang bertujuan untuk memperjuangkan kedudukan ekonomi pengusah-pengusaha pribumi. Kemudian pada tahun 1929, berdiri Partai Nasional Indonesia yang memperjuangkan penyebarluasan semangat koperasi. Hingga saat ini kepedulian pemerintah terhadap keberadaan koperasi nampak jelas dengan membentuk lembaga yang secara khusus menangani pembinaan dan pengembangan koperasi Tahun 1945 Koperasi masuk dalam tugas Jawatan Koperasi serta Perdagangan Dalam Negeri dibawah Kementerian Kemakmuran. Urusan Perdagangan Dalam Negeri dimasukkan pada Jawatan Perdagangan, sedangkan Jawatan Koperasi berdiri sendiri mengurus soal koperasi. Jawatan Koperasi dibawah pimpinan R. Suria Atmadja, pada masa ini ada suatu peristiwa yang cukup penting yaitu tanggal 12 Juli 1947, Gerakan Koperasi mengadakan Kongres di Tasikmalaya dan hasil Kongres menetapkan bahwa tanggal 12 Juli dinyatakan sebagai Hari Koperasi. Sumber: www.depkop.go.id

Source :

Description :

Source :

Description :

Source :

Description :

Hari Keadilan Internasional atau International Justice Day diperingati karena pada 17 Juli 1998 Statuta Roma (Rome Statute) mengenai Pengadilan Kejahatan Internasional (International Criminal Court/ICC) ditanda tangani. Negara pertama yang menandatangani Statuta Roma adalah Senegal pada Februari 1999. Pengesahan statuta ini dianggap sebagai salah satu keberhasilan di bidang Hukum HAM Internasional karena merupakan pengadilan permanen untuk mengadili kejahatan serius; kejahatan terhadap kemanusiaan, genosida, kejahatan perang dan agresi. Selain itu pengadilan ini mengadili individu bukan negara, sebagai pelaku.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :

Source :

Description :
Pentingnya anak sebagai titipan negara pada keluarga diatur dalam Undang-undang Nomor 23 tahun 1979 dan Keputusan Presiden No.44 tahun 1984 tentang Hari Anak Nasional yang jatuh pada setiap tanggal 23 Juli setiap tahunnya. Penetapan tanggal 23 Juli ini bertepatan dengan tanggal diundangkannya UU.No.23 Tahun 1979 tersebut diatas.

Source :

Description :

Hari Tanpa Tivi adalah wujud nyata dari kesadaran akan pentingnya bermedia secara cerdas dan kritis pada seluruh lapisan masyarakat, terutama pada keluarga-keluarga yang memiliki anak usia pra sekolah dan sekolah dasar. Di Indonesia Peringatan Hari Tanpa TV (HTT) dimulai sejak tahun 2006. Peringatan ini selalu terkait dengan perayaan Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :

Subdit Diare, Kecacingan danInfeksi Kementrian Kesehatan bersama Combantrin akanmenyelenggarakan program edukasi bahaya cacingan ke sekolah-sekolah dasar, sekaligus mencangankan Hari Waspada Cacing Nasional yangjuga bertepatan dengan Hari Anak Nasional pada 23 Juli mendatang.
Kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat khususnya orang tua dan anak serta pendidik terhadap ancaman bahaya penyakit infeksi karena cacing. Edukasi dan sosailisasi mengenai bahaya penyakit ini juga upaya pencegahannya harus kembali digalakkan untuk menciptakan generasi sehat bebas cacingan demi kemajuan bangsa.
Jika seorang anak menderita cacingan biasanya akan sulit untuk berkonsentrasi, malas belajar, daya tangkap menurun, serta mengalami gangguan pencernaan perut, katanya.
Edukasi dan sosialisasi seputar bahaya infeksi cacing khususnya pada anak usia sekolah akan disampaikan oleh para dokter dari Kemenkes RI, dengan menggunakan materi yang disesuaikan dengan usia anak sehingga dapat menarik perhatian.
Salah satu diantaranya dengan melakukan pemutaran video animasiyang menarik yang akan membahas bagaimana infeksi penyakit cacingmengancam setiap orang, cara penularan dan cara menghindarinya.
Program ini akan diadakan di dua lokasi utamayakni di 21 SD di wilayah DKI Jakarta, dengan sasaran siswa kelas 1sampai 6 dengan target 8.000 siswa, pada bulan Juli-Agustus 2010. Sementara acara akbar Hari Waspada Cacing Nasional akan digelar diTaman Impian Jaya Ancol pada 23 Juli 2010.
Diharapkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat, orang tua danjuga anak-anak dapat meningkat dalam menjaga kesehatan lingkungan,sehingga ancaman infeksi penyakit cacing dapat dihindari atau berkurang secara maksimal, katanya.
 

Source :

Description :
Salah satu Sejarah monumental yang selalu diperingati jajaran TNI AU tiap tahun adalah apa yang dinamakan Hari Bhakti TNI AU. Peringatan Hari Bhakti TNI AU, dilatar belakangi oleh dua peristiwa yang terjadi dalam satu hari pada 29 Juli 1947. Peristiwa Pertama, pada pagi hari, tiga kadet penerbang TNI AU masing-masing Kadet Mulyono, Kadet Suharnoko Harbani dan Kadet Sutarjo Sigit dengan menggunakan dua pesawat Cureng dan satu Guntei berhasil melakukan pengeboman terhadap kubu-kubu pertahanan belanda di tiga tempat, masing-masing di kota Semarang, Salatiga, dan Ambarawa. Peristiwa Kedua, jatuhnya pesawat DAKOTA VT-CLA yang megakibatkan gugurnya tiga perintis TNI AU masing-masing Adisutjipto, Abdurahman Saleh dan Adisumarmo. Pesawat Dakota yang jatuh di daerah Ngoto, selatan Yogyakarta itu, bukanlah pesawat militer, melainkan pesawat sipil yang disewa oleh pemerintah Indonesia untuk membawa bantuan obat-obatan Palang Merah Malaya. Penembakan dilakukan oleh dua pesawat militer Belanda jenis Kittyhawk, yang merasa kesal atas pengeboman para kadet TNI AU pada pagi harinya. Untuk mengenang jasa-jasa dan pengorbanan ketiga perintis TNI AU tersebut, sejak Juli 2000, di lokasi jatuhnya pesawat Dakota VT-CLA (Ngoto) telah dibangun sebuah monumen perjuangan TNI AU dan lokasi tersebut juga dibangun tugu dan relief tentang dua peristiwa yang melatar belakanginya. Di lokasi monumen juga dibangun makam Adisutjipto dan Abdurahman Saleh beserta istri-istri mereka. Sumber: http://www.tni-au.mil.id/sejarah.asp

Source :

Description :

Pada tanggal 30 Juli 1961, berbagai wakil organisasi kepanduan di Indonesia mengeluarkan pernyataan yang dengan ikhlas meleburkan diri ke dalam organisasi Gerakan Pramuka. Peristiwa tersebut dilakukan di Istana Olahraga Senayan pada tanggal 30 Juli 1961. Peristiwa ini kemudian disebut sebagai Hari Ikrar Gerakan Pramuka.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :

Hari ASI berlangsung selama seminggu (1-7 Agustus) yang bertujuan untuk mengingatkan kembali warga dunia akan manfaat yang terkandung dalam ASI. Di Indonesia, World Breastfeeding Week dikoordinasi oleh Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) yang didirikan pada Mei 2007.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :

Source :

Description :
ASEAN merupakan singkatan dari "Association of Southeast Asian Nations" atau Persatuan Negara-Negara Asia Tenggara. ASEAN dikukuhkan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok dengan tujuan untuk mengukuhkan kerjasama negara-negara senasib dan seperjuangan. ASEAN dikukuhkan oleh lima negara pengasas; Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand di Bangkok Proses pembentukan ASEAN dibuat dalam sebuah penandatanganan perjanjian yang dikenal dengan nama "Deklarasi Bangkok". Adapun yang bertanda tangan pada Deklarasi Bangkok tersebut adalah para menteri luar negeri saat itu, yaitu Bapak Adam Malik (Indonesia), Narciso R. Ramos (Filipina), Tun Abdul Razak (Malaysia), S. Rajaratnam (Singapura), dan Thanat Khoman (Thailand). Pada tanggal 8 Januari 1984, seminggu setelah mencapai kemerdekaannya, negara Brunei masuk menjadi anggota ASEAN. 11 tahun kemudian, tepatnya tanggal 28 Juli 1995. Laos dan Myanmar menjadi anggota dua tahun kemudianya, yaitu pada tanggal 23 Juli 1997. Walaupun Kamboja sudah menjadi anggota ASEAN bersama sama Myanmar dan Laos, Kamboja terpaksa menarik diri disebabkan masalah politik dalam negara tersebut. Namun, dua tahun kemudian Kamboja kembali masuk menjadi anggota ASEAN pada 30 April 1999. Sumber: http://www.e-smartschool.com

Source :

Description :

Hari Masyarakat Adat biasanya juga disebut hri bangsa pribumi. Melalui Resolusi No. 49/214 pada 23 Desember 1994, General Assembly Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan bahwa tanggal 9 Agustus akan diperingati sebagai Hari Masyarakat Adat Internasional (the International Day of the World's Indigenous People).
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :

Source :

Description :

Setiap tanggal 12 Agustus di seluruh dunia diperingati sebagai Hari Remaja Internasional (International Youth Day). Gagasan tentang pentingnya remaja untuk memiliki satu hari khusus bermula dari konferensi dunia para menteri yang bertanggung jawab menangani masalah remaja yang diselenggarakan di Lisabon pada tanggal 8-12 Agustus 1998. Para menteri ini mengusulkan agar hari terakhir konferensi diperingati sebagai Hari Remaja Internasional. Akhirnya pada Desember 1999, Sidang Umum PBB mengeluarkan resolusi yang menetapkan tanggal 12 Agustus sebagai Hari Remaja Internasional.

Sumber: http://kompas.com

Source :

Description :

Tanggal 13 Agustus ditetapkan sebagai International Lefthanders Day oleh Lefthanders International pada tahun 1992. Walaupun demikian hari peringatan ini pertama kali dilakukan pada 13 Agustus 1976. Hari ini untuk membangun kesadaran akan kelebihan dan kekurangan pengguna tangan kiri dari dominasi pengguna tangan kanan dunia. Ini merupakan keunikan dan perbedaan dari 7 hingga 10% populasi dunia.
Orang-orang yang menggunakan tangan kirinya menggunakan otak kanannya, yang membantunya lebih mudah memahami geometri. Juga berbagai pendapat yang menghubungkan antara penggunaan tangan kiri dan taraf kecerdasan.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi yang merupakan wadah proses pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan di Indonesia. kata Pramuka merupakan singkatan dari kata praja muda karana, yang memiliki arti rakyat muda yang suka berkarya. Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang berusia antara 7 sampai dengan 25 tahun, dan berkedudukan sebagai peserta didik, yaitu sebagai Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega. Kelompok anggota yang lain yaitu Pembina Pramuka, Andalan, Pelatih, Pamong Saka, Staff Kwartir dan Majelis Pembimbing. Sedangkan yang dimaksud dengan kepramukaan adalah suatu proses pendidikan dalam bentuk kegiatan yang menyenangkan bagi anak dan pemuda di bawah tanggung jawab orang dewasa yang dilaksanakan di luar lingkungan pendidikan sekolah dan di luar lingkungan pendidikan keluarga dan di alam terbuka dengan menggunakan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan. Sumber: http://id.wikipedia.org

Source :

Description :
Pada Maret 1945 Jepang membentuk Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Pada pertemuan pertamanya di bulan Mei, Soepomo membicarakan integrasi nasional dan melawan individualisme perorangan; sementara itu Muhammad Yamin mengusulkan bahwa negara baru tersebut juga sekaligus mengklaim Sarawak, Sabah, Malaya, Portugis Timur, dan seluruh wilayah Hindia-Belanda sebelum perang. Pada 9 Agustus 1945 Soekarno, Hatta dan Radjiman Widjodiningrat diterbangkan ke Vietnam untuk bertemu Marsekal Terauchi. Mereka dikabarkan bahwa pasukan Jepang sedang menuju kehancuran tetapi Jepang menginginkan kemerdekaan Indonesia pada 24 Agustus. Mendengar kabar bahwa Jepang tidak lagi mempunyai kekuatan untuk membuat keputusan seperti itu pada 16 Agustus, Soekarno membacakan "Proklamasi" pada hari berikutnya. Kabar mengenai proklamasi menyebar melalui radio dan selebaran sementara pasukan militer Indonesia pada masa perang, Pasukan Pembela Tanah Air (PETA), para pemuda, dan lainnya langsung berangkat mempertahankan kediaman Soekarno. Pada 29 Agustus 1945 kelompok tersebut melantik Soekarno sebagai Presiden dan Mohammad Hatta sebagai Wakil Presiden dengan menggunakan konstitusi yang dirancang beberapa hari sebelumnya. BPUPKI dinamakan menjadi Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) dan menjadi badan pemerintahan sementara hingga pemilu dapat dilaksanakan. Sumber: http://id.wikipedia.org

Source :

Description :

Source :

Description :
Pada tahun 1961, Pemerintah Indonesia memutuskan untuk memasukan proyek media massa televisi kedalam proyek pembangunan Asian Games IV di bawah koordinasi urusan proyek Asean Games IV. 25 Juli 1961, Menteri Penerangan mengeluarkan SK Menpen No. 20/SK/M/1961 tentang pembentukan Panitia Persiapan Televisi (P2T). Pada 23 Oktober 1961, Presiden Soekarno yang sedang berada di Wina mengirimkan teleks kepada Menpen Maladi untuk segera menyiapkan proyek televisi (saat itu waktu persiapan hanya tinggal 10 bulan) dengan jadwal sebagai berikut : 1. Membangun studio di eks AKPEN di Senayan (TVRI sekarang). 2. Membangun dua pemancar : 100 watt dan 10 Kw dengan tower 80 meter. 3. Mempersiapkan software (program dan tenaga). 17 Agustus 1962, TVRI mulai mengadakan siaran percobaan dengan acara HUT Proklamasi Kemerdekaan Indonesia XVII dari halaman Istana Merdeka Jakarta, dengan pemancar cadangan berkekuatan 100 watt. 24 Agustus 1962, TVRI mengudara untuk pertama kalinya dengan acara siaran langsung upacara pembukaan Asian Games IV dari stadion utama Gelora Bung Karno. 20 Oktober 1963, dikeluarkan Keppres No. 215/1963 tentang pembentukan Yayasan TVRI dengan Pimpinan Umum Presiden RI. Sumber: http://www.tvri.co.id

Source :

Description :

Source :

Description :

International Day of the Disappeared diperingati untuk mengurangi penghilangan paksa yang banyak dilakukan terutama di negara yang tidak demokratis. Praktek penghilangan secara paksa ini sebenarnya telah dilakukan oleh Nazi selama Perang Dunia II. Peringatan ini mulai digagas oleh FEDEFAM (The Latin American Federation of Associations for Relatives of the Detained-Disappeared) yang melakukan kampanye menentang praktek penghilangan secara paksa di hampir seluruh regio Amerika Latin yang diperkirakan menelan korban 90.000 orang. Semangat ini kemudian menyebar termasuk ke Asia. PBB melalui resolusi 47/133 mengeluarkan Declaration on the Protection of all Persons from Enforced Disappearance pada 18 Desember 1992, mendefinisikan penghilangan paksa sebagai praktek penangkapan, penahanan, penculikan, atau tindakan lain untuk merampas kebebasan orang, yang dilakukan oleh aparatus negara, atau individu atau kelompok yang bertindak atas otoritas negara, baik lewat bentuk dukungan maupun pembiaran oleh negara, yang perampasan hak kebebasannya diikuti oleh penyangkalan atas keberadaan si orang hilang, yang menempatkan sang korban pada situasi di luar perlindungan hukum.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Hari jantung dunia adalah cara yang diadakan oleh Federasi Jantung Dunia yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat dan mempromosikan kepada masyarakat mengenai pentingnya pemeriksaan sebagai pencegahan terhadap penyakit jantung. Sumber: http://www.medicastore.com

Source :

Description :

Source :

Description :

Source :

Description :
Prosesi pencanganan Hari Pelanggan Nasional dengan penekanan tombol itu diikuti dengan penandatanganan sampul pos oleh Presiden. "Mari satukan hati, bangkitkan senyum pelanggan," kata Kepala Negara saat pencanangan itu. DI sini, pengertian pelanggan dan layanan tidak dipahami semata-mata dalam konteks transaksi bisnis, tetapi dalam konteks transaksi sosial yang lebih luas dan fundamental.

Source :

Description :

Peringatan ini sebagai wujud solidaritas untuk umat muslim di Perancis yang ketika itu para muslimahnya dilarang menggunakan jilbab. Pada tanggal 12 Juli 2004 di Inggris, London, diadakan Konferensi Pro-Hijab dan berakhir dengan sebuah petisi dukungan terhadap jilbab. Seluruh peserta konferensi juga sepakat menetapkan hari solidaritas jilbab (International Hijab Solidarity Day), dan rencana aksi untuk tetap membela hak wanita Muslim mempertahankan busana taqwa mereka. Dipilihnya tanggal 4 September, karena para mahasiswa/pelajar Muslim di seluruh Eropa akan kembali ke sekolah pada saat itu.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Hari Aksara Internasional lahir beberapa puluh tahun yang lalu ditengah kenyataan pahit bahwa 40% dari penduduk dunia yang telah dewasa ternyata buta aksara. Dari kongres menteri-menteri pendidikan se-dunia di Teheran, dicetuskan resolusi untuk melaksanakan gerakan Pemberantasan Buta Aksara diseluruh dunia, terutama dinegara-negara yang sedang berkembang. Kongres mengusulkan kepada Sidang Umum UNESCO untuk menjadikan tanggal 8 September sebagai Hari Aksara Internasional, yang kemudian menganjurkan diperingati setiap tahun oleh semua negara anggotanya. Sumber: www.pnri.go.id

Source :

Description :

Source :

Description :

World Rabies Day diperingati setiap tanggal 8 September, merupakan kegiatan untuk meningkatkan kesadaran tentang rabies dan bagaimana mencegah penyakit ini. Kampanyenya melibatkan ribuan ahli untuk mendukung usaha anti rabies. World Rabies Day mengadvokasi masyarakat akan kesehatan yang berhubungan dengan rabies (pada manusia dan binatang).
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Partai Demokrat adalah sebuah partai politik Indonesia yang dipimpin oleh Susilo Bambang Yudhoyono. Didirikan pada 9 September 2001 dan disahkan pada 27 Agustus 2003, partai ini pertama kali mengikuti pemilu pada tahun 2004 dan memenangkan suara sebanyak 7,45% (8.455.225) dari total suara dan mendapatkan kursi sebanyak 57 di DPR. Menjelang Pemilu 2004, popularitas partai ini cukup terdongkrak dengan naiknya popularitas Yudhoyono waktu itu. Bersama PKS, partai ini menjadi the rising star pada Pemilu kedua di era reformasi itu. Sumber: http://id.wikipedia.org

Source :

Description :

Source :

Description :
Radio Republik Indonesia, secara resmi didirikan pada tanggal 11 September 1945, oleh para tokoh yang sebelumnya aktif mengoperasikan beberapa stasiun radio Jepang di 6 kota. Rapat utusan 6 radio di rumah Adang Kadarusman Jalan Menteng Dalam Jakarta menghasilkan keputusan mendirikan Radio Republik Indonesia dengan memilih Dokter Abdulrahman Saleh sebagai pemimpin umum RRI yang pertama. Rapat tersebut juga menghasilkan suatu deklarasi yang terkenal dengan sebutan Piagam 11 September 1945, yang berisi 3 butir komitmen tugas dan fungsi RRI yang kemudian dikenal dengan Tri Prasetya RRI. Butir Tri Prasetya yang ketiga merefleksikan komitmen RRI untuk bersikap netral tidak memihak kepada salah satu aliran / keyakinan partai atau golongan. Hal ini memberikan dorongan serta semangat kepada broadcaster RRI pada era REformasi untuk menjadikan RRI sebagai lembaga penyiaran publik yang independen, netral dan mandiri serta senantiasa berorientasi kepada kepentingan masyarakat. Sumber: http://www.rri-online.com

Source :

Description :

Source :

Description :

Pada tahun 2007, Majelis Umum PBB memutuskan tanggal 15 September sebagai Hari Demokrasi Internasional dan mengundang seluruh negara anggota dan organisasi untuk merayakan hari tersebut.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan tanggal 16 September sebagai Hari Ozon Internasional, sesuai dengan tanggal penandatanganan Protokol Montreal, 16 September 1987. Maksud dari penetapan peringatan itu untuk selalu mengingatkan kepedulian masyarakat internasional tentang lapisan perisai bumi tersebut.
Indonesia menetapkan komitmen untuk ikut serta secara aktif dalam upaya perlindungan lapisan ozon melalui Keputusan Presiden No. 23/1992 tentang Ratifikasi Konvensi Wina dan Protokol Montreal.
Kerusakan lapisan ozon terdeteksi pertama kali pada pertengahan tahun 1974, ketika para ahli dan peneliti dari Inggris yaitu British Antarctic Survey (BAS) mengumumkan, lapisan ozon di atas Hally Bay, Antartika, menunjukkan adanya penipisan drastis yang diakibatkan reaksi kimia klorin dan nitrogen. Observasi di Halley Bay tersebut tercatat bahwa penipisan yang terjadi mencapai sekitar 30-40 persen dalam satu dekade. Penemuan kerusakan lapisan ozon ini dianggap sebagai salah satu bencana lingkungan terbesar abad ini.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :

Source :

Description :

Berdirinya Palang Merah di Indonesia sebetulnya sudah dimulai sebelum Perang Dunia II, tepatnya 12 Oktober 1873. Pemerintah Kolonial Belanda mendirikan Palang Merah di Indonesia dengan nama Nederlands Rode Kruis Afdeling Indie (NERKAI) yang kemudian dibubarkan pada saat pendudukan Jepang.
Perjuangan mendirikan Palang Merah Indonesia (PMI) diawali 1932. Kegiatan tersebut dipelopori dr RCL Senduk dan dr Bahder Djohan dengan membuat rancangan pembentukan PMI. Rancangan tersebut mendapat dukungan luas terutama dari kalangan terpelajar Indonesia, dan diajukan ke dalam Sidang Konferensi Narkei pada 1940, akan tetapi ditolak mentah-mentah.
Rancangan tersebut disimpan menunggu saat yang tepat. Seperti tak kenal menyerah pada saat pendudukan Jepang mereka kembali mencoba untuk membentuk Badan Palang Merah Nasional, namun sekali lagi upaya itu mendapat halangan dari Pemerintah Tentara Jepang sehingga untuk yang kedua kalinya rancangan tersebut kembali disimpan.
Proses pembentukan PMI dimulai 3 September 1945 saat itu Presiden Soekarno memerintahkan Dr Boentaran (Menkes RI Kabinet I) agar membentuk suatu badan Palang Merah Nasional.
Dibantu Panitia lima orang terdiri atas dr R Mochtar sebagai Ketua, dr Bahder Djohan sebagai Penulis dan tiga anggota panitia yaitu dr Djoehana Wiradikarta, dr Marzuki, dr Sitanala, mempersiapkan terbentuknya Perhimpunan Palang Merah Indonesia. Tepat sebulan setelah kemerdekaan RI, 17 September 1945, PMI terbentuk. Peristiwa bersejarah tersebut hingga saat ini dikenal sebagai Hari PMI.
Peran PMI adalah membantu pemerintah di bidang sosial kemanusiaan, terutama tugas kepalangmerahan sebagaimana dipersyaratkan dalam ketentuan Konvensi-Konvensi Jenewa 1949 yang telah diratifikasi oleh pemerintah Republik Indonesia pada tahun 1958 melalui UU No. 59.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :

International Talk Like a Pirate Day (ITLAPD) merupakan perayaan parodi yang ditemukan pada tahun 1995 oleh John Baur (Ol' Chumbucket) dan Mark Summers (Cap'n Slappy), di Oregon, yang memproklamirkan tanggal 19 September setiap tahun agar orang-orang diseluruh dunia berbicara seperti bajak laut. Sebagai contoh, pada hari ini, saat orang bertemu dengan kawannya tidak mengucapkan "Hello", tetapi "Ahoy, me hearty!".  Perayaan ini berasal dari cara pandang romantis terhadap Era keemasan Bajak Laut.
Saat memiliki ide ini, Summers dan Baur mengirimkan surat memberitahukan hari penemuan mereka sindikat penulis kolom humor Amerika, Dave Barry pada tahun 2002. Barry menyukai ide tersebut dan ikut mempromosikannya. Publikasi media semakin meluas setelah kolom dari Barry dimuat dan peristiwa ini kemudian mulai dirayakan secara internasional.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Perang Dunia Kedua telah mengakibatkan jutaan korban jiwa manusia disamping harta benda dan menyisakan kemelaratan dimana-mana. Setelah itu masih berlanjut dengan perang dingin dan berbagai pertentangan, konfik dan kekerasan dalam bentuk perang antar Negara dan kelompok bangsa tidak terkecuali antar penganut agama, baik dalam agama yang sama maupun yang berbeda. Berakhirnya perang dingin ternyata tidak mengurangi ketegangan dan konflik yang berkepanjangan. Di berbagai belahan bumi ini telah muncul tindakan kekerasan yang mengancam hancurnya pilar-pilar solidaritas kemanusiaan. Berbagai upaya perdamaian telah dilakukan dengan menekankan perlunya pendekatan-pendekatan sosio-kultural berupa dialog antar kelompok yang bertikai akan tetapi belum mencapai hasil yang diharapkan. Dalam sidang umum PBB tanggal 28 September 2001 telah disetujui resolusi Nomor 55/282 yang menetapkan tanggal 21 September sebagai International Day of Peace. Badan Dunia ini menganjurkan kepada semua pihak untuk menyelesaikan konflik secara damai melalui dialog secara terus menerus. Dalam mewujudkan perdamaian dunia ini, "Dialogue Among Civilization" sangat dianjurkan.

Source :

Description :

World Alzheimer Day diperingati setiap tanggal 21 September. Peringatan ini diluncurkan dalam pembukaan konvensi rutin Alzheimer's Disease International  (ADI) di Edinburgh pada tanggal 21 September 1994 untuk merayakan ulang tahun kesepuluhnya.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :

Car Free Day merupakan acara yang diadakan di tempat berbeda dengan cara yang berbeda pula, tetapi tujuan dari penyelenggaraan untuk membuat area sasaran bebas dari kendaraan bermotor. Wacana ini mulai bergulir pada tahun 1973/74 saat terjadi "oil crisis". Pada Oktober 1994, Erick Britton yang tampil sebagai keynote speaker dalam International Ciudades Accesibles (Accessible Cities) Conference yang diadakan di Toledo (Spain), membacakan pidatonya berjudul, Thursday: A Breakthrough Strategy for Reducing Car Dependence in Cities.
Dua tahun kemudian, peringatan hari bebas kendaraan untuk pertamakali diadakan di Reykjavik (Islandia), Bath (Inggris) and La Rochelle (Perancis), dan World Car Free Days Consortium didirikan pada tahun 1995 untuk mendukung Car Free Days diseluruh dunia. Program nasional pertama, In town, without my car!, dimulai di Perancis tahun 1998 dan mendirikan European Commission pada tahun 2000. Ditahun yang sama Komisi tersebut memperluas program ke penjuru Eropa dengan program European Mobility Week yang saat ini menjadi perhatian besar dari Komisi.
Pada tahun 2000, car free days menjadi acara global dengan nama World Car Free Day program yang diluncurkan oleh Carbusters, yang saat ini menjadi World Carfree Network, dan ditahun yang sama mengadakan Earth Car Free Day sebuah program kerjasama antara Earth Day Network dan World Car Free Days.
Semenjak tahun 2000, secara rutin Car Free Day program diadakan setiap 22 September. Di Indonesia, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai Desember 2007 menetapkan Jalan Sudirman dan Jalan Thamrin sebagai kawasan tetap untuk pelaksanaan hari tanpa kendaraan bermotor pada akhir pekan keempat setiap bulan.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Tanggal 24 September 1960, Presiden Soekarno menetapkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria, yang kemudian lebih dikenal dengan sebutan UUPA 1960. Penetapan UUPA dapat dipandang sebagai tonggak sejarah paling penting dalam sejarah agraria di Indonesia. Struktur agraria warisan feodalisme dan kolonialisme di masa-masa awal revolusi kemerdekaan yang masih menjadi problem pokok yang membelenggu kaum tani Indonesia pada saat itu, oleh pemerintahan Soekarno berupaya dirombak, salah satunya melalui penetapan UUPA 1960. Kalau kita membuka literatur-literatur yang menjelaskan sejarah kelahiran UUPA 1960, maka akan terlihat dengan jelas, bahwa cita-cita yang melandasi ditetapkannya UUPA tidak lain untuk menciptakan pemerataan struktur penguasaan tanah yang diyakini akan mengangkat penghidupan kaum tani Indonesia. Bahkan, program landreform (pembaruan agraria) yang menjadi substansi dalam UUPA 1960, oleh Bung Karno sendiri dalam banyak kesempatan, selalu disebut sebagai satu bagian mutlak dari Revolusi Indonesia !. Atas dasar komitmen itu pula Bung Karno kemudian, melalui Keputusan Presiden No. 169 Tahun 1963, menetapkan hari kelahiran UUPA 1960 sebagai ¿Hari Nasional Petani Indonesia¿. Sumber: http://www.kpa.or.id

Source :

Description :

Tanggal 26 September dicetuskan untuk menjadi European Day of Languages oleh Komisi Eropa dan didukung oleh Uni Eropa pada 6 Desember 2001 pada akhir Tahun Bahasa Eropa.
Secara umum peringatan ini difokuskan untuk memberikan pemahaman kepada publik mempelajari bahasa dan mengerti keragaman bahasa sebagai bagian dari plurilingualism dan pemahaman antar budaya, mempromosikan kekayaan bahasa dan perbedaan budaya di Eropa serta mengajak orang untuk mempelajari bahasa seumur hidup baik di dalam maupun diluar sekolah.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :

World Contraceptive Day bertujuan untuk mengangkat kesadaran mengenai kontrasepsi dan meningkatkan tingkat edukasi mengenai kesehatan reproduksi dan kesehatan seksual. Hari Kontrasepsi Dunia untuk pertama kalinya diperingati di berbagai negara, termasuk oleh pemerintah Indonesia pada 26 September 2007. Peringatan Hari Kontrasepsi Dunia, yang didorong oleh koalisi organisasi nonpemerintah, dimaksudkan untuk mengangkat masalah kehamilan tak direncanakan menjadi agenda penting untuk membantu kaum perempuan dan laki-laki di seluruh dunia memilih dengan penuh kesadaran untuk menjadi orang tua pada saat yang tepat bagi mereka.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Peringatan hari bahkti ini merupakan ajang menjalin tali kekeluarga dan semangat kebersamaan diantara komunitas Postel. Dengan tema meningkatkan pelayanan dan kinerja pos dan telekomunikasi untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, ini mencerminkan adanya tekad yang kuat dari seluruh jajaran yang berkiprah di bidang postel baik regulator maupun operator untuk bahu membahu meningkatkan pelayanan dan kinerja dengan cara pengembangan sumber daya manusia yang professional dan pengelolaan manajamen yang baik dalam melayani masyarakat di seluruh tanah air.

Source :

Description :
Setelah kemerdekaan Indonesia diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945, karyawan KA yang tergabung dalam "Angkatan Moeda Kereta Api" (AMKA) mengambil alih kekuasaan perkeretaapian dari pihak Jepang. Peristiwa bersejarah yang terjadi pada tanggal 28 September 1945, pembacaan pernyataan sikap oleh Ismangil dan sejumlah anggota AMKA lainnya, menegaskan bahwa mulai tanggal 28 September 1945 kekuasaan perkeretaapian berada ditangan bangsa Indonesia. Orang Jepang tidak diperkenankan lagi campur tangan dengan urusan perkeretaapian di Indonesia. Inilah yang melandasi ditetapkannya 28 September 1945 sebagai Hari Kereta Api di Indonesia, serta dibentuknya "Djawatan Kereta Api Republik Indonesia" (DKARI). Sumber: http://id.wikipedia.org

Source :

Description :

Hari Jantung Sedunia adalah sebuah peringatan untuk membangun kesadaran bagi umat manusia agar mendapatkan pemahaman yang lebih baik terhadap kesehatan mereka terutama resiko penyakit cardiovaskular termasuk hipertensi. Kegiatan ini didukung lebih dari 100 negara di seluruh dunia.
Penyakit jantung dan stroke merupakan penyakit mematikan terbanyak di dunia. Diperkirakan 17,5 juta penderita setiap tahunnya. Dengan adanya Hari Jantung sedunia diharapkan terbangun kesadaran publik akan faktor-faktor resiko penyakit jantung dan stroke serta menyebarluaskan cara pencegahannya.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :

Pada tanggal 28 September 2002, organisasi Kebebasan Informasi dari berbagai negara di seluruh dunia bertemu di Sofia, Bulgaria, dan membuat jaringan advokasi kebebasan informasi yang bernama Freedom of Information Advocates (FOIA Network) dan sepakat untuk bekerjasama dalam mempromosikan hak individu untuk memperoleh akses informasi dan transparansi dari pemerintah. Kelompok FOI juga mengajukan tanggal 28 September dijadikan sebagai Hari Internasional Hak untuk Mendapatkan Informasi (International Right to Know Day) sebagai simbol global gerakan untuk mempromosikan hak untuk mendapatkan informasi.
Pada peringatan Hari ini, para aktivis kebebasan informasi dari seluruh dunia mempromosikan hak dasar dan melakukan kampanye bahwa masyarakat memilih kekuatan dan dapat berpartisipasi dalam pemerintahan.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :

Source :

Description :
Gerakan 30 September atau yang sering disingkat G 30 S PKI adalah sebuah kejadian yang terjadi pada tanggal 30 September 1965 di mana enam pejabat tinggi militer Indonesia beserta beberapa orang lainnya dibunuh dalam suatu usaha pemberontakan yang disebut sebagai usaha kudeta yang dituduhkan kepada anggota Partai Komunis Indonesia.

Source :

Description :

Hari Penerjemah Internasional dicanangkan oleh Federasi Penerjemah Internasional (IFT, International Federation of Translators) yang didirikan pada tahun 1953. Hari Penerjemah Internasional pertama kali dicanangkan pada tahun 1991. Peringatan ini untuk mengenang jasa Jerome sebagai Bapak Penerjemah yang meninggal pada 30 September 420. Jerome adalah pendeta muda yang diperintahkan oleh Paus untuk Damaskus agar menerjemahkan Injil berbahasa Yunani menjadi kitab Injil berbahasa Latin. Ia adalah seorang sekretaris pribadi Paus yang menguasai bahasa Latin, Yunani, dan Ibrani. Diperlukan waktu 20 tahun bagi Jerome untuk menerjemahkan naskah Injil ke dalam bahasa Latin dari bahasa aslinya.
Sebelum proyek tersebut selesai, Paus Damasus meninggal dunia pada tahun 384 M. Jerome akhirnya tidak terpilih menjadi Paus, walaupun pada awalnya ia sempat menjadi unggulan, Jeromepun meninggalkan Roma dan tinggal di Bethlehem.
Berbeda dengan para penerjemah sebelumnya, Jerome tidak menerapkan prinsip 'kata per kata' tapi 'makna per makna' dalam proses penerjemahan tersebut. Karena itulah, hasil terjemahannya mendapat pengesahan dan status resmi dari Gereja.
Hari Penerjemah Internasional dimaksudkan memberi perhatian kepada bahaya yang dihadapi oleh para penerjemah, dan juga kepada mereka yang meyakini bahwa jasa kebahasaan seorang yang ahli di bidang ini merupakan pilihan yang tidak penting.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Keberhasilan TNI dan rakyat dalam mematahkan dan menumpas aksi G30S/PKI pada tanggal 1 Oktober, membuktikan bahwa Ideologi Pancasila tidak mampu dilawan oleh kekuatan komunis yang berusaha merongrong dan meruntuhkan semangat pancasila di dalam jiwa rakyat Indonesia. Secara spontan rakyat bangkit untuk membela Pancasila dari ancaman PKI. Karena kekuatan Pancasila ini, maka tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai hari Kesaktian Pancasila. Sumber: http://www.sejarahtni.mil.id

Source :

Description :

World Vegetarian Day diperingati setiap tanggal 1 Oktober. Hari tersebut merupakan perayaan berdirinya North American Vegetarian Society pada tahun 1977.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :

International Day of Older Persons diperingati setiap tanggal 1 Oktober. Di dunia saat ini terjadi revolusi demografi. Hari ini, diseluruh dunia terdapat sekitar 600 juta penduduk yang berusia 60 tahun lebih; jumlah ini akan bertambah dua kali lipat pada tahun 2025.
Dalam deklarasi WHO di Brasil pada tahun 1996 disebutkan, "Ageing is a development issue. Healthy older persons are a resource for their families, their communities and the economy."
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :

International Day of Non-Violence diperingati setiap tanggal 2 Oktober, yang merupakan tanggal kelahiran Mahatma Gandhi. Peringatan ini mengacu pada India yang melakukan Gandhi Jayanti.
Mohandas Karamchand Gandhi (2 Oktober 1869 - 30 Januari 1948) juga dipanggil Mahatma Gandhi (bahasa Sansekerta berarti "jiwa agung") adalah seorang pemimpin spritual dan politikus dari India.
Pada masa kehidupan Gandhi, banyak negara yang merupakan koloni Britania Raya. Penduduk di koloni-koloni tersebut mendambakan kemerdekaan agar dapat memerintah negaranya sendiri. Gandhi adalah salah seorang yang paling penting yang terlibat dalam Gerakan Kemerdekaan India. Dia adalah aktivis yang tidak menggunakan kekerasan, yang mengusung gerakan kemerdekaan melalui aksi demonstrasi damai.
Pada 15 Juni 2007, Majelis Umum PBB memutuskan untuk menjadikan 2 Oktober sebagai Hari Tanpa Kekerasan. Perayaan pertama kali secara internasional diselenggarakan di Bangkok.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :

World Farm Animals Day adalah hari yang didedikasikan untuk mengingat kembali eksploitasi terhadap hewan ternak. Dipilihnya tanggal 2 Oktober, karena tanggal tersebut merupakan kelahiran Mahatma Gandhi, yang telah memberikan pidato pembelaan terhadap aksi kekerasan kepada hewan.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Batik adalah salah satu cara pembuatan bahan pakaian. Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Dalam literatur internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing. Pengertian kedua adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009.

Source :
Wikipedia

Description :

World Animal Day dirayakan setiap tanggal 4 Oktober. Dipilihnya tanggal 4 Oktober sebagai World Animal Day karena hari ini merupakan hari besar Francis of Assisi, pencinta alam dan binatang.
Misi dari Hari Hewan sedunia antara lain, menghargai semua jenis hewan, menghargai hubungan antara manusia dan hewan, mengetahui jenis cara binatang bermain dalam hidup kita, serta untuk mengetahui dan berterima kasih karena hewan telah memperkaya hidup manusia.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Tentara Nasional Indonesia (TNI) lahir dalam kancah perjuangan bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Belanda yang berambisi untuk menjajah Indonesia kembali melalui kekerasan senjata. TNI merupakan perkembangan organisasi yang berawal dari Badan Keamanan Rakyat (BKR). Selanjutnya pada tanggal 5 Oktober 1945 menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR), dan untuk memperbaiki susunan yang sesuai dengan dasar militer international, dirubah menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI). Dalam perkembangan selanjutnya usaha pemerintah untuk menyempurnakan tentara kebangsaan terus berjalan, seraya bertempur dan berjuang untuk tegaknya kedaulatan dan kemerdekaan bangsa. Untuk mempersatukan dua kekuatan bersenjata yaitu TRI sebagai tentara regular dan badan-badan perjuangan rakyat, maka pada tanggal 3 Juni 1947 Presiden mengesyahkan dengan resmi berdirinya Tentara Nasional Indonesia (TNI). Sumber: http://www.tni.mil.id

Source :

Description :
Setiap tanggal 5 Oktober di seluruh dunia memperingati Hari Guru Sedunia. Tanggal 5 Oktober adalah tanggal dikeluarkannya Recommendation concerning the Status of Teachers oleh Unesco dan ILO dalam sebuah konferensi khusus antar pemerintah, tepatnya tahun 1966.

Source :

Description :

Peringatan Hari Tata Ruang Nasional di Indonesia diperingati pada tanggal 8 Oktober. Tahun ini merupakan tahun ketiga peringatan Hari Tata Ruang Nasional yang diadopsi dari World Town Planning Day atau Hari Perencanaan Kota Dunia yang diawali tahun 1949 di Argentina. Hari Tata Ruang Nasional mulai diperingati tahun 2008. Peringatan Hari Tata Ruang Nasional yang untuk kali pertamanya diselenggrakan bersamaan peringatan World Town Planning Day tahun 2008. Hal ini dikaitkan dengan keinginan Indonesia untuk mencapai ruang yang lebih berkualitas melalui perubahan kultur dan etika dalam pembangunan, yang pada dasarnya sejalan dengan tujuan peringatan World Town Planning Day (WTPD) di negara-negara lainnya di 30 negara.
Launching peringatan Hari Tata Ruang Nasional 2010 yang sudah memasuki tahun ketiga telah diselenggarakan pada tanggal 1 Agustus 2010 yang digelar di Pasar Seni dan Ecopark Ancol, Jakarta Utara, dengan melibatkan berbagai instansi. Launching peringatan Hari Tata Ruang 2010 diadakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Lingkungan Hidup yang dibuka Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, Menteri Lingkungan Hidup, Gusti Muhammad Hatta, dan Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Fauzi Bowo.
Tema yang diusung pada peringatan Hari Tata Ruang Nasional tahun 2010 ini adalah "Smart Green City Planning" atau Perencanaan Cerdas Mewujudkan Kota Hijau. Sesuai tema tersebut, peringatan Hari Tata Ruang Nasional mengedepankan kepentingan perencanaan kota hijau secara cerdas melalui pertimbangan ekonomi, lingkungan, sosial budaya, dan tata kelola secara berkelanjutan. Pencanangan ini merupakan tanda dimulainya berbagai rangkaian peringatan WTPD 2010 di seluruh Indonesia. Sedangkan acara puncaknya akan diadakan pada tanggal 6-8 November 2010 di Denpasar, Bali.

Source :

Description :

Cita-cita perdamaian dunia dapat dicapai dengan adanya saling pengertian antar perseorangan atau masyarakat suatu negara dengan masyarakat atau individu dari negara lain. Untuk itulah seorang utusan dari Amerika Serikat saat diadakan Kongres Uni Pos se-Dunia (UPU) di Ottawa tahun 1957 melontarkan pemikiran perlunya mengajak warga masyarakat mengirimkan surat sebanyak-banyaknya guna menjalin tali persahabatan. Usul sederhana ini kemudian diterima secara aklamasi dan ditetapkanlah pada awal bulan Oktober dimulai masa Pekan Surat Menyurat Internasional (PSMI) di seluruh negara anggota UPU. Dalam masa PSMI ini diharapkan setiap individu menulis surat sebanyak dan sesering mungkin. Mempererat kembali tali persaudaraan dengan sesama yang hampir terlupa karena kesibukan sehari-hari. Saling berbicara melalui surat baik kepada teman di dalam maupun di luar negeri.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Oleh Zulkifli

Source :

Description :

World Post Day dirayakan setiap tanggal 9 Oktober, untuk merayakan ulang tahun dari Universal Postal Union pada tahun 1874 di Swiss. Deklarasi World Post Day dilakukan dalam kongres UPU yang diadakan di Tokyo, Jepang pada tahun 1969. Sejak saat itu, negara-negara di seluruh dunia merayakannya. Perayaan biasanya diisi dengan memperkenalkan dan mempromosikan produk dan layanan terbaru Pos.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :

World Mental Health Day merupakan hari bagi pendidikan global kesehatan jiwa termasuk pemberian penghargaan dan apresiasi bagi penderita kesehatan jiwa. Pertama kali diadakan pada tahun 1992 atas inisiatif World Federation for Mental Health, sebuah organisasi global kesehatan jiwa dengan anggota lebih dari 150 negara.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :

World Day Against the Death Penalty bertujuan untuk menyerukan penghentian hukuman mati. Tanggal 10 Oktober 2003 merupakan peringatan pertama dari World Day Against the Death Penalty. Peringatan ini diluncurkan oleh World Coalition Against the Death Penalty, yang merupakan perkumpulan dari organisasi non pemerintah (NGO) serta pemerintahan lokal dari seluruh dunia. Didirikan oleh organisasi yang berpartisipasi dalam kongres internasional menentang hukuman mati di Strasbourg pada tahun 2001, yaitu sebuah organisasi yang membangun koalisi untuk melakukan lobi kepada negara yang masih menggunakan hukuman mati.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Katarak hingga kini masih dianggap sebagai salah satu penyebab paling menakutkan dari kebutaan yang diderita orang di seluruh dunia. Hingga tahun 2003 lalu diperoleh data hampir 50 persen penyebab kebutaan dunia dikarenakan penyakit ini. Jumlahnya yang terus meningkat per tahunnya, makin memperkecil prediksi penglihatan yang sehat untuk seluruh dunia yang ditetapkan WHO pada tahun 2020 nanti. Namun kenyataan yang ada di dunia malah menunjukkan kemirisan. Tercatat hingga tahun 2000 lalu ada 45 juta orang di dunia yang menderita penyakit ini. Dan grafik pertumbuhan penyakit ini terus saja makin menunjukkan peningkatan per tahunnya. Karena menilik gejala keterancaman tersebut, maka tak salah bila WHO (Badan Kesehatan Dunia) menetapkan program vision hingga tahun 2020 nanti. Program ini dimaksudkan untuk menekan jumlah orang buta seminimal mungkin. Hal ini dianggap penting karena bila satu orang menderita kebutaan, maka ada dua orang yang turun produktivitasnya. Satu si penderita kebutaan dan satu lainnya orang yang menjaganya. Menyangkut hal itu pula, maka WHO menetapkan tanggal 14 Oktober sebagai Hari Penglihatan Dunia, sebagai salah satu upaya perhatian mereka terhadap masalah yang satu ini. Sumber:http://www.sinarharapan.co.id/iptek/kesehatan/

Source :

Description :

Source :

Description :

Ide dibalik munculnya gagasan memperingati Wolrd Rural Women's Day adalah untuk menghargai wanita pendesaan yang mengadakan konferensinya di Beijing pada September 1995. Organisasi yang berjasa di balik munculnya ide World Rural Women's Day, di antaranya International Federation of Agricultural Producers (IFAP), Associated Country Women of the World (ACWW), Network of African Rural Women Associations (NARWA), dan Women's World Summit Foundation (WWSF).
Beberapa fakta penting tentang wanita pedesaan antara lain:
  • Wanita pedesaan, terutama petani, paling tidak sejumlah 1,6 milyar dan merepresentasikan lebih dari seperempat populasi dunia.
  • Wanita memproduksi rata-rata lebih dari setengah jumlah makanan yang tumbuh: lebih dari 80% di Afrika, 60% di Asia, antara 30-40% di Amerika Latin dan negara Barat.
  • Wanita tersebut hanya 2% yang memiliki lahan dan hanya menerima 1% dari hasil pertanian.
  • Hanya 5% dari hasil pertanian yang kembali ke wanita.
  • Wanita adalah 2 dari 3 penduduk yang sakit.
  • Jumlah wanita pedesaan yang hidup dalam kemiskinan telah menjadi dua kali lipat sejak tahun 1970.

Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia adalah sebuah kampanye global yang dicanangkan oleh PBB bekerjasama dengan organisasi-organisasi lainnya baik pihak pemerintah maupun swasta untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan dengan sabun oleh masyarakat sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian balita dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia. Pengumuman penunjukkan Hari Mencuci Tangan Dengan Sabun Sedunia pada 15 Oktober dilakukan pada Pertemuan Tahunan Air Sedunia (Annual World Water Week) yang berlangsung pada 17-23 Agustus, 2008 di Stockholm seiring dengan penunjukkan tahun 2008 sebagai Tahun Internasional Sanitasi oleh Rapat Umum PBB. Hari Mencuci Tangan Dengan Sabun Sedunia diharapkan akan memperbaiki praktik-praktik kesehatan pada umumnya dan perilaku sehat pada khususnya. Kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun sedunia adalah upaya memobilisasi jutaan orang diseluruh dunia untuk mencuci tangan mereka dengan sabun. Inisyatif ini dikumandangkan oleh PPWH, Kemitraan Swasta dan Publik untuk Cuci Tangan (Public Private Partnership for Handwshing) dan didukung oleh PBB

Source :
Wikipedia

Description :

Masalah rawan pangan merupakan masalah kronis yang dihadapi oleh bangsa-bangsa di dunia, terutama di negara berkembang seperti Indonesia. Faktor penyebab timbulnya masalah rawan pangan antara lain: lebih cepatnya laju pertumbuhan penduduk dari pada tingkat pertumbuhan produksi pangan, bencana alam, perubahan iklim dan kemunduran sumberdaya alam dan lingkungan. Berkenaan dengan hal tersebut FAO pada Konperensi FAO ke-20 bulan Nopember 1970 di Roma mencetuskan resolusi No. 179 yang disepakati oleh semua negara anggota FAO termasuk Indonesia, yang menetapkan untuk memperingati World Food Day (Hari Pangan Sedunia) mulai tahun 1981 setiap tanggal 16 Oktober, sesuai hari didirikannya FAO.

Sumber: http://www.deptan.go.id/

Source :

Description :
Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional diperingati untuk mengingatkan, menagih janji dan menuntut keadilan kepada para pemimpin dunia, baik yang berasal dari negara maju maupun yang berasal dari negara berkembang. Para pemimpin negara-negara maju telah sepakat untuk menghapuskan, setidak-tidaknya mengurangi beban utang negara-negara berkembang agar setiap sen usaha keringat bangsanya bisa dipergunakan untuk upaya peningkatan derajat kesehatan, peningkatan cakupan dan mutu pendidikan, memberi kesempatan warga negaranya untuk membangun usaha yang bisa menopang kehidupan yang lebih sejahtera dan akhirnya mengentaskan kemiskinan, menghilangkan kesenjangan dan membangun keluarga yang sejahtera.

Source :

Description :

International School Library Day dicanangkan oleh Presiden IASL, Dr Blanche Woolls, dan ditegaskan kembali oleh Presiden IASL, Peter Genco pada tahun 2005.
Hari Perpustakaan Sekolah Internasional pertama kali diadakan pada 18 Oktober 1999 dengan tema, "A Day in the Life...".
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :

Partai Golongan Karya (Partai Golkar) adalah salah satu partai politik besar Indonesia. Partai Golkar bermula dengan berdirinya Sekber Golkar di masa-masa akhir pemerintahan Presiden Soekarno oleh Angkatan Darat untuk menandingi pengaruh Partai Komunis Indonesia dalam kehidupan politik. Dalam perkembangannya, Sekber Golkar berubah wujud menjadi Golongan Karya yang menjadi salah satu organisasi peserta Pemilu. Dalam Pemilu 1971 (Pemilu pertama dalam pemerintahan Orde Baru Presiden Soeharto, salah satu pesertanya adalah Golongan Karya dan mereka tampil sebagai pemenang. Kemenangan ini diulangi pada Pemilu-Pemilu pemerintahan Orde Baru lainnya, yaitu Pemilu 1977, 1982, 1987, 1992, dan 1997. Kejadian ini dapat dimungkinkan, karena pemerintahan Soeharto membuat kebijakan-kebijakan yang sangat mendukung kemengangan Golkar, seperti peraturan monoloyalitas PNS, dan sebagainya. Setelah pemerintahan Soeharto selesai dan reformasi bergulir, Golkar berubah wujud menjadi Partai Golkar, dan untuk pertama kalinya mengikuti Pemilu tanpa ada bantuan kebijakan-kebijakan yang berarti seperti sebelunya di masa pemerintahan Soeharto. Pada Pemilu 1999 yang diselenggarakan Presiden Habibie, perolehan suara Partai Golkar turun menjadi peringkat kedua setelah PDI-P. Ketidakpuasan terhadap pemerintahan Megawati menjadi salah satu sebab para pemilih di Pemilu legislatif 2004 untuk kembali memilih Partai Golkar, selain partai-partai lainnya seperti Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa, dan lain-lain. Sumber: http://id.wikipedia.org/

Source :

Description :

Hari Osteoporosis Dunia (World Osteoporosis Day) diprakarsai oleh Federasi Osteoporosis Internasional (IOF). Organisasi ini merupakan organisasi internasional non-pemerintah yang didaftarkan di Berne, Swiss pada tahun 1987 sebagai Yayasan Osteoporosis Eropa (EFFO).
Misi IOF adalah untuk meningkatkan pemahaman akan osteoporosis dan untuk mempromosikan pencegahan, diagnosis dan perawatan penyakit tersebut di seluruh dunia.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Cikal bakal lkatan Dokter Indonesia adalah perhimpunan yang bernama Vereniging van lndische Artsen tahun 1911, dengan tokohnya adalah dr. J.A.Kayadu yang lama menjabat sebagai ketua dari perkumpulan ini. Selain itu, tercatat nama-nama tokoh seperti dr. Wahidin, dr, Soetomo dan dr Tjiptomangunkusumo, yang bergerak dalam lapangan sosial dan politik. Kemudian dikenal pula dr. Mangkoewinoto, dr. Soesilo dan dr. Kodijat yang berjuang dibidang penyakit menular, juga dr. Kawilarang, dr. Sitanala. Dr. Asikin Widjajakusumah dan dr. Sardjito. Nama yang terakhir ini terkenal dengan majalahnya Medische Berichten yang diterbitkan di Semarang bersama-sama dr. A. Moechtar dan dr. Boentaran. Pada tahun 1926 perkumpulan berubah namanya menjadi Vereniging van lndonesische Geneeskundige (VIG). Vandel Ikatan Dokter Indonesia Menurut Prof Bahder Djohan yang pernah menjadi sekretaris VIG selama 11 tahun (1928-1938), perubahan nama ini dengan landasan politik yang menjelma dari timbulnya rasa nasionalisme (karena dokter pribumi dianggap sebagai dokter kelas dua) sehingga membuat kata "Indische" menjadi "Indonesische" dalam VIG. Dengan demikian, profesi dokter telah menimbulkan rasa kesatuan, atau paling tidak meletakkan sendi-sendi rasa persatuan. Sumber: http://www.idionline.org/profil-sejarah.php?news_id=8

Source :

Description :
Perserikatan Bangsa-Bangsa atau disingkat PBB (bahasa Inggris: United Nations atau disingkat UN) adalah sebuah organisasi internasional yang anggotanya hampir seluruh negara di dunia. Lembaga ini dibentuk untuk memfasilitasi dalam hukum internasional, pengamanan internasional, lembaga ekonomi, dan perlindungan sosial. PBB didirikan di San Francisco pada 24 Oktober 1945 setelah Konferensi Dumbarton Oaks di Washington, DC, namun Sidang Umum yang pertama - dihadiri wakil dari 51 negara - baru berlangsung pada 10 Januari 1946 (di Church House, London). Dari 1919 hingga 1946, terdapat sebuah organisasi yang mirip, bernama Liga Bangsa-Bangsa, yang bisa dianggap sebagai pendahulu PBB. Sejak didirikan di San Francisco pada 24 Oktober 1945 sedikitnya 191 negara menjadi Anggota PBB. Semua negara yang tergabung dalam wadah PBB menyatakan independensinya masing-masing, selain Vatikan dan Takhta Suci serta Republik China (Taiwan) yang tergabung dalam wilayah RRC pada 1971. Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/PBB

Source :

Description :
Hari itu 27 Oktober 1945, sehari menjelang peringatan 17 tahun Sumpah Pemuda, di Pangkalan Maguwo, Yogyakarta terlihat ada kesibukan. Nampak para teknisi sedang berada di sekitar sebuah pesawat Cureng yang bertanda bulat Merah Putih, mempersiapkan segala sesuatunya untuk sebuah penerbangan yang direncanakan. Mereka menginginkan sebuah pesawat Merah Putih terbang hari itu, untuk membangkitkan Sumpah Pemuda. Komodor Udara Agustinus Adisutjipto, yang lebih dikenal dengan sebutan Pak Adi, adalah satu-satunya penerbang Indonesia yang berada di Pangkalan Maguwo. Hari itu, Pak Adi akan terbang bersama Cureng Merah Putih. Upaya itu membawa hasil. Pak Adi membawa terbang Pesawat Cureng Merah Putih tersebut berputar-putar di Angkasa Pangkalan Maguwo disaksikan dengan rasa kagum oleh seluruh anggota pangkalan yang berada dibawah. Itulah awal mula sebuah pesawat Indonesia bertanda Merah Putih terbang di angkasa Indonesia yang merdeka. Sumber: http://www.tni-au.mil.id/sejarah.asp

Source :

Description :
Sejarah Ketenagalistrikan di Indonesia dimulai pada akhir abad ke-19, ketika beberapa perusahaan Belanda mendirikan pembangkit tenaga listrik untuk keperluan sendiri. Pengusahaan tenaga listrik tersebut berkembang menjadi untuk kepentingan umum, diawali dengan perusahaan swasta Belanda yaitu NV. NIGM yang memperluas usahanya dari hanya di bidang gas ke bidang tenaga listrik. Selama Perang Dunia II berlangsung, perusahaan-perusahaan listrik tersebut dikuasai oleh Jepang dan setelah kemerdekaan Indonesia, tanggal 17 Agustus 1945, perusahaan-perusahaan listrik tersebut direbut oleh pemuda-pemuda Indonesia pada bulan September 1945 dan diserahkan kepada Pemerintah Republik Indonesia. Pada tanggal 27 Oktober 1945, Presiden Soekarno membentuk Jawatan Listrik dan Gas, dengan kapasitas pembangkit tenaga listrik hanya sebesar 157,5 MW saja. Sumber: http://www.pln.co.id

Source :

Description :
Sumpah Pemuda merupakan sumpah setia hasil rumusan Kerapatan Pemoeda-Pemoedi Indonesia atau dikenal dengan Kongres Pemuda II, dibacakan pada 28 Oktober 1928. Tanggal ini kemudian diperingati sebagai "Hari Sumpah Pemuda".

Source :

Description :
Segera sesudah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945 diumumkan, pemerintah Republik Indonesia memandang perlu untuk mengeluarkan uang sendiri. Uang tersebut, bagi pemerintah tidak sekedar sebagai alat pembayaran semata-mata, tetapi juga berfungsi sebagai lambang utama suatu negara merdeka, serta sebagai alat untuk memperkenalkan diri kepada khalayak umum. Pada saat itu, pada awal pemerintahan Republik Indonesia keadaan ekonomi moneter Indonesia sangat kacau. Inflasi hebat bersumber pada kenyataan beredarnya mata uang pendudukan Jepang yang diperkirakan berjumlah 4 milyar. Untuk menggantikan peranan uang asing tersebut, dibutuhkan mata uang sendiri sebagai alat pembayaran dan digunakan oleh rakyat Indonesia dari masa ke masa sebagai alat pertukaran, pembayaran dan sebagai alat pemuas kebutuhan yang sah. Maka pada tanggal 30 Oktober 1946, pemerintah Indonesia merdeka menyatakan hari tersebut adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia sebagai tanggal beredarnya Oeang Repoeblik Indonesia (ORI). Pada hari itu juga dinyatakan bahwa uang Jepang dan uang Javasche Bank tidak berlaku lagi. Sumber: http://www.depkeu.go.id/Ind/Organization/His1MoF.htm

Source :

Description :

Source :

Description :
Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) diperingati setiap tanggal 5 November. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian, perlindungan, pelestarian puspa dan satwa nasional serta untuk menumbuhkan dan mengingatkan akan pentingnya puspa dan satwa dalam kehidupan kita. Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional dimulai pertama kali pada tahun 1993 berdasarkan Kepres Nomor 4 tahun 1993 yang ditandatangani langsung oleh Presiden RI kala itu, Soeharto. Melestarikan puspa dan satwa berarti menjaga keanekaragaman hayati. Puspa dan satwa sebagai bagian dari keanekaragaman hayati merupakan modal penting bagi pemenuhan kebutuhan dasar manusia serta penjaga keseimbangan ekosistem. Apalagi Indonesia menjadi salah satu negara megabiodiversity di dunia. Hal ini sangat berkaitan dengan penetapan tahun 2010 sebagai Tahun Internasional Biodiversity yang dideklarasikan PBB.

Source :

Description :

Pada tanggal 5 November 2001, Majelis Umum PBB mendeklarasikan 6 November setiap tahunnya sebagai International Day for Preventing the Exploitation of the Environment in War and Armed Conflict melalui Resolusi 56/4. Peringatan ini untuk melindungi lingkungan dari berbagai kerusakan akibat konflik bersenjata.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :

Penetapan dan peringatan Hari Perencanaan Kota Dunia atau biasa disebut dengan World Town Planning Day (WTPD) yang ditetapkan pada tanggal 8 November 1949 merupakan salah satu bentuk kebangkitan tata ruang kita. Kegiatan ini sebagai agenda rutin setiap tahunnya di 30 negara pada 4 (empat) benua sebagai ajang untuk mengangkat peran penataan ruang dalam menciptakan lingkungan perkotaan yang layak huni (livable environment). Secara historis, ide peringatan World Town Planning Day (WTPD) dicetuskan Prof Carlos Maria della Paolera dari University of Buenos Aires ?Argentina pada tahun 1949. Sejak itu peringatan WTPD secara rutin dilaksanakan dengan maksud untuk meningkatkan kesadaran serta apresiasi publik dan profesional terhadap upaya penataan ruang, baik secara lokal maupun global.
 

Source :

Description :

Inventor's Day merupakan hari yang dirayakan setiap tahun dibanyak negara untuk memberikan penghargaan atas kontribusi penemu. Tidak semua negara merayakannya, dan setiap negara merayakannya berbeda-beda.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :

World Freedom Day dideklarasikan Presiden Amerika Serikat, George W. Bush untuk memperingati runtuhnya tembok Berlin dan bebasnya Eropa Tengah dan Timur dari komunis. Peringatan ini dimulai pada tahun 2001 dan dirayakan setiap tanggal 9 November. Pada tanggal 9 November 1989, Tembok Berlin runtuh oleh kekuatan manusia yang menginginkan kebebasan.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
GANEFO atau Games of the New Emerging Forces, adalah suatu ajang olahraga tandingan Olimpiade ciptaan mantan Presiden Indonesia, Soekarno pada akhir tahun 1962. GANEFO hanya diselenggarakan sekali, yaitu tahun 1963 di Jakarta, Indonesia. GANEFO berikutnya di Kairo, Mesir tahun 1967 dibatalkan karena masalah politik. Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/GANEFO

Source :

Description :
Pada tanggal 10 November pagi, tentara Inggris mulai melancarkan besar-besaran dan dahsyat sekali, dengan mengerahkan sekitar 30 000 serdadu, 50 pesawat terbang dan sejumlah besar kapal perang. Berbagai bagian kota Surabaya dihujani bom, ditembaki secara membabi-buta dengan meriam dari laut dan darat. Ribuan penduduk menjadi korban, banyak yang meninggal dan lebih banyak lagi yang luka-luka. Tetapi, perlawanan pejuang-pejuang juga berkobar di seluruh kota, dengan bantuan yang aktif dari penduduk. Pihak Inggris menduga bahwa perlawanan rakyat Indonesia di Surabaya bisa ditaklukkan dalam tempo 3 hari saja, dengan mengerahkan persenjataan modern yang lengkap, termasuk pesawat terbang, kapal perang, tank dan kendaraan lapis baja yang cukup banyak. Rupanya, Tentara Keamanan Rakyat (yang kemudian menjadi TNI) dianggap enteng, apalagi badan-badan perjuangan bersenjata (laskar-laskar dll) yang banyak dibentuk oleh rakyat. Tetapi, diluar dugaan Inggris, ternyata perlawanan itu bisa bertahan lama, berlangsung dari hari ke hari, dan dari minggu ke minggu lainnya. Perlawanan rakyat yang pada permulaannya dilakukan secara spontan dan tidak terkoordinasi, makin hari makin teratur. Ternyata, pertempuran besar-besaran ini memakan waktu sampai sebulan, sebelum seluruh kota jatuh ditangan pihak Inggris. Kebesaran arti pertempuran Surabaya, yang kemudian dikukuhkan sebagai Hari Pahlawan, bukanlah hanya karena begitu banyaknya pahlawan - baik yang dikenal maupun tidak di kenal yang telah mengorbankan diri demi Republik Indonesia. Bukan pula hanya karena lamanya pertempuran secara besar-besaran dan besarnya kekuatan lawan. Di samping itu semua, kebesaran arti pertempuran Surabaya juga terletak pada peran dan pengaruhnya, bagi jalannya revolusi waktu itu. Pertempuran Surabaya telah dapat menggerakkan rakyat banyak untuk ikut serta, baik secara aktif maupun pasif, dalam perjuangan melawan musuh bersama waktu itu, yaitu tentara Inggris yang melindungi (menyelundupkan) NICA ke wilayah Indonesia. Sumber: http://www.e-smartschool.com

Source :

Description :
Hari Kesehatan Nasional diperingati di Indonesia setiap 12 November. Tanggal itu dipilih untuk memperingati hari yang sama tahun 1959 ketika Presiden Soekarno mencanangkan Gerakan Pemberantasan Malaria dengan melakukan penyemprotan nyamuk secara simbolik di Desa Kringinan, Kabupaten Slemen, Yogyakarta

Source :

Description :
Brigade Mobil atau sering disingkat Brimob adalah unit (korps) tertua di dalam Kepolisian Republik Indonesia (Polri) karena mengawali pembentukan kepolisian Indonesia di tahun 1945. Korps ini dikenal sebagai Korps Baret Biru. Brimob termasuk satuan elit dalam jajaran kesatuan Polri, Brimob juga juga tergolong ke dalam sebuah unit paramiliter ditinjau dari tanggung jawab dan lingkup tugas kepolisian. Brimob pertama-tama terbentuk dengan nama Pasukan Polisi Istimewa yang ikut terlibat dalam pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Di bawah pimpinan Inspektur Polisi I Moehammad Jasin, Pasukan Polisi Istimewa ini memelopori pecahnya pertempuran 10 November melawan Tentara Sekutu Pada 14 November 1961 bersamaan dengan diterimanya Pataka Nugraha Sukanti Yana Utama, satuan Mobrig berubah menjadi Korps Brigade Mobil (Korps Brimob). Brimob pernah terlibat dalam beberapa peristiwa penting seperti Konfrontasi dengan Malaysia tahun 1963 dan aneksasi Timor Timur tahun 1975. Brimob sampai sekarang ini kira-kira berkekuatan 30.000 personil, ditempatkan di bawah kewenangan Kepolisian Daerah masing-masing provinsi. Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Brigade_Mobil

Source :

Description :

Sejak tahun 2007, badan dunia PBB menjadikan 14 November sebagai Hari Diabetes Sedunia (UN World Diabetes Day). Hari ini resmi menjadi hari dunia yang digagas PBB setelah mengeluarkan United Nations World Diabetes Day Resolution pada Desember 2006. Diabetes merupakan penyakit kronis noninfeksi dan tidak menular pertama yang diangkat PBB. Di seluruh dunia, diabetes melitus (DM) membunuh lebih banyak manusia dibanding HIV/AIDS.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :

International Day for Tolerance merupakan perayaan tahunan yang dideklarasikan oleh UNESCO pada tahun 1995 untuk membangun kesadaran publik akan bahaya sikap tidak toleran.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :

Source :

Description :

Tanggal tersebut diperingati untuk mengenang peristiwa pada tahun 1939, saat Nazi menyerang Universitas Praha setelah terjadi demonstrasi menentang pembunuhan Jan Opletal dan hukuman mati kepada sembilan pemimpin mahasiswa, lebih dari 1200 mahasiswa dikirim ke kamp konsentrasi dan menutup seluruh universitas dan sekolah di Cek.
Hari tersebut pertama kali diperingati pada tahun 1941 di London oleh International Students' Council. National Unions of Students di Eropa dan perkumpulan lainnya aktif menyuarakan agar hari tersebut dijadikan hari resmi oleh PBB.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :

Kanker paru-paru merupakan penyakit yang paling mematikan dari seluruh penyakit kanker. Kanker paru-paru yang mematikan ini sebenarnya bisa dicegah. Tujuan dari peringatan Hari Kanker Paru-paru sedunia difokuskan pada pemberian informasi mengenai pencegahan dari penyakit kronis ini.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :

GIS Day diadakan oleh forum internasional yang menggunakan teknologi geographic information systems (GIS) untuk mendemonstrasikan aplikasi dunia nyata yang membuat perbedaan dalam lingkungan mereka. Lebih dari 80 negara mengikuti acara ini dengan beragam kegiatan seperti open house, workshop, dll.
Acara ini didukung oleh National Geographic Society mengadakan Geography Awareness Week sejak 1987 untuk mempromosikan ilmu geographic di sekolah, komunitas, dan organisasi yang fokus pada pendidikan anak-anak.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :

International Men's Day merupakan perayaan internasional yang dirayakan setiap Sabtu pertama bulan November. Setiap negara merayakan peringatan ini berbeda-beda. Organisasi yang memperjuangkan hak-hak pria India, memulai kampanye untuk membangun konsensus agar IMD diperingati setiap tanggal 19 November. Sebagai langkah awal mereka merayakan IMD di India pada 19 November. Saat ini tak kurang dari 20% populasi dunia menerima tanggal tersebut sebagai tanggal peringatan International Men's Day.
Peringatan ini diajukan oleh Mikhail Gorbachev dan didukung oleh Amerika Serikat di Vienna, serta organisasi lainnya. Tradisi tersebut dimulai pada tahun 1999. Peringatan tersebut merupakan hari besar untuk merayakan penghargaan ekonomi, politik dan sosial kepada pria.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Tanggal 20 November, adalah hari yang diumumkan oleh PBB sebagai hari anak-anak sedunia. Organisasi anak di bawah PBB, yaitu UNICEF untuk pertama kali menyelenggarakan peringatan hari anak sedunia pada bulan Oktober tahun 1953. Tanggal 14 Desember 1954, Majelis Umum PBB lewat sebuah resolusi mengumumkan satu hari tertentu dalam setahun sebagai hari anak se-dunia. Sejak tahun 1954 hingga hari ini, jumlah negara yang menyelenggarakan peringatan hari anak sedunia telah meningkat dari 50 menjadi 150 negara. Melalui peringatan tersebut, masalah dan problem yang dihadapi anak-anak di dunia menjadi bahan perhatian negara-negara, organisasi dan lembaga-lembaga internasional. Melalui peringatan itu juga, berbagai sumber mengajukan laporan data statistik terbaru mengenai keadaan anak-anak, masalah dan kesulitan yang mereka hadapi serta kondisi kesehatan dan kesejahteraan mereka. Sebagian dari data itu menyingkap realita pahit kehidupan jutaan anak di seluruh dunia yang hidup serba berkekurangan. Mereka bergelut dengan krisis makanan, kesehatan, pendidikan dan sebagainya. Di antara hak-hak asasi manusia adalah hak untuk memperoleh kebebasan, keadilan dan kedamaian di dunia. Dalam hal ini, anak-anak lebih memerlukan perhatian, dukungan dan keamanan di banding kelompok umur yang lain. Masa depan dunia yang lebih baik memerlukan dukungan kesehatan mental dan keamanan anak-anak. Berkenaan dengan ini, Majelis Umum PBB mengesahkan sebuah piagam yang disebutnya sebagai Konvensi Hak Anak-anak Se-Dunia. Seluruh negara di dunia selain Amerika dan Somalia ikut dalam konvensi tersebut. UNICEF dengan pengesahan piagam tersebut berarti telah mengambil tindakan penyamaan seluruh anak di dunia dengan berbagai ragam ras dan etnisnya. Unicef menegaskan, tanpa diskriminasi apapun, anak-anak di dunia harus diberi perlindungan khusus oleh seluruh negara di dunia. Meskipun pengesahan piagam tersebut, merupakan langkah yang cukup berarti dalam merealisasikan hak anak-anak, akan tetapi para pemimpin dunia masih merasa perlu untuk menandatangani kesepakatan mengenai perbaikan kondisi anak-anak dunia dalam sidang tahun 1991. Namun demikian, sampai awal milineum ketiga ini, kondisi kehidupan anak-anak dunia masih belum menunjukkan perbaikan yang memuaskan. Sumber: http://www.irib.ir/worldservice/melayuRADIO/keluarga/hari_anak.htm

Source :

Description :
HARI ini tanggal 21 November dikenal sebagai Hari Pohon. Bagi masyarakat, makna Hari Pohon dapat direfleksikan dengan berbagai hal. Pertama, sebagai hari bersyukur kepada Tuhan yang telah memberikan karunia tumbuhnya pelbagai jenis kekayaan pepohonan. Kedua, diidentikkan sebagai hari introspeksi tentang sejauh mana masyarakat makin menyayangi pepohonan yang telah berjasa bagi hidup dan kehidupan. Pemerintah telah berupaya mendukung penghijauan melalui program-program yang kita kenal seperti Gerakan Sejuta Pohon, kegiatan reboisasi, pengembangan hutan rakyat, Gerakan Hutan Desa, penghijauan pantai dan pesisir, dan sebagainya. Sungguh memprihatinkan terjadinya eksploitasi hutan yang tak terkendali, baik di dalam maupun di luar Jawa. Terlebih maraknya penjarahan hutan yang seakan-akan tak kuasa dibendung oleh aparat keamanan. Untuk itu, sudah saatnya (antara lain) kita bersama memikirkan terbangunnya hutan di perkotaan atau yang populer dikenal dengan istilah "hutan kota". Ini sebagai alternatif terobosan menangani dan menetralisasi dampak persoalan yang terjadi di daerah perkotaan. Disadari Indonesia belum optimal mendayagunakan dan memfungsikan eksistensi hutan kota. Pengembangan hutan kota harus mendapat dukungan dari pemerintah serta partisipasi seluruh masyarakat kota yang bersangkutan. Hutan kota diselenggarakan untuk mendukung keseimbangan ekosistem perkotaan. Tujuannya memperbaiki dan menjaga iklim mikro, nilai estetika dan fungsi resepan air, menciptakan keserasian dan mendukung tersedianya bahan baku kayu serta mencegah erosi dan banjir. Sumber: http://www.suaramerdeka.com/harian/0211/21/kha2.htm

Source :

Description :

Setiap tahun pada 21 November diperingati sebagai World Hello Day. Peringatan ini agar orang mau menyapa paling tidak 10 orang di hari itu. Dengan mengucapkan salam kepada orang, akan memberikan pesan kepada para pemimpin dunia untuk menggunakan komunikasi dibandingkan kekuatan bersenjata dalam menyelesaikan konflik.
Acara ini dimulai sejak tahun 1973 untuk menanggapi konflik antara Mesir dan Israel. Sejak saat itu hari tersebut diikuti pula oleh politisi, pemimpin agama, dan selebriti.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :

Pada Desember 1996 PBB mencanangkan 21 November sebagai World Television Day untuk mengenang bahwa tanggal tersebut menjadi awal terbentuknya World Television Forum pada tahun 1996.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :

Source :

Description :

Evolution Day merupakan hari peringatan ulang tahun penerbitan pertama The Origin of Species karya Charles Darwin pada tanggal 24 November 1859.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
PGRI lahir tanggal 25 November 1945, hanya berselang tiga bulan setelah kemerdekaan Indonesia diproklamasikan. Semangat dan suasana batin perjuangan kemerdekaan Indonesia turut membidani lahirnya PGRI. Pada perkembangan selanjutnya semangat kemerdekaan itu senantiasa mewarnai perjuangan PGRI. Bertempat di Sekolah Guru Putri (SGP) Surakarta diselenggarakan Kongres I PGRI dari tanggal 24-25 November 1945. Pada kongres itu disepakati berdirinya PGRI sebagai wahana persatuan dan kesatuan segenap guru di seluruh Indonesia. Pendirinya antara lain; Rh. Koesnan, Amin Singgih, Ali Marsaban, Djajeng Soegianto, Soemidi Adisasmito, Abdullah Noerbambang, dan soetono. Pada kongres itu dirumuskan tujuan PGRI; yaitu : (1) mempertahankan dan menyempurnakan Republik Indonesia; (2) mempertinggi tingkat pendidikan dan pengajaran sesuai dengan dasar-dasar kerakyatan; dan (3) membela hak dan nasib buruh pada umumnya, guru pada khususnya (Suara Guru, November 1955 : 17) Sumber: http://www.pb-pgri.or.id/memorial.html

Source :

Description :

Tanggal 25 November tahun 1960 di Dominika, dua perempuan aktivitas kakak beradik Mirabel, (Patricia dan Maria Theresia) disiksa dan dibunuh oleh diktator penguasa saat itu.
Tahun 1981 Kongres Feminis Latin Amerika dan Kep. Karibia mencatat dan memberi tekanan mengenai peristiwa itu. Kongres kemudian menyatakan bahwa kekerasan yang didasarkan pada jenis kelamin dan gender terjadi. Saat itu yang menjadi perhatian di antaranya adalah pemukulan dan kekerasan dalam rumah tangga. Kongres Feminis itu kemudian memutuskan untuk mengenang 25 November sebagai Hari Internasional anti Kekerasan terhadap Perempuan.
Tahun 1993, Kongres Feminis Internasional mencanangkan bahwa setiap tahunnya selama 16 hari mulai 25-10 Desember sebagai masa kampanye penghapusan kekerasan terhadap perempuan.
Sedangkan di Kanada, setiap tanggal 6 Desember diperingati sebagai hari mengenang terbunuhnya 14 mahasiswi politeknik yang dibunuh karena dianggap mengambil alih pendidikan laki-laki.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :

Hari Tanpa Belanja diperingati sebagai sebuah bentuk perlawanan terhadap budaya konsumerisme dan telah dimulai sejak 1993 oleh Adbuster, sebuah organisasi nirlaba yang berpusat di Kanada yang bertujuan meningkatkan kesadaran kritis konsumen. Ide awal kegiatan ini berasal dari Ted Dave, pendiri Adbusters. Kini Hari Tanpa Belanja telah dirayakan secara internasional di lebih dari 30 negara.
Amerika Serikat dan Kanada memperingati Hari Tanpa Belanja pada 28 November 2003, sehari setelah perayaan Thanksgiving.
Hari Tanpa Belanja meminta kita untuk memikirkan kembali berbagai pertanyaan sebelum berbelanja di antaranya :
  • Apakah saya benar-benar memerlukannya?
  • Berapa banyak yang sudah saya punya?
  • Seberapa sering saya akan memakainya?
  • Akan habis berapa lama?
  • Bisakah saya meminjam saja dari teman atau keluarga?
  • Bisakah saya melakukannya tanpa barang ini?
  • Akankah saya bisa membersihkan dan/atau merakitnya sendiri?
  • Akankah saya bisa memperbaikinya?
  • Apakah barang ini berkualitas baik?
  • Bagaimana dengan harga? Apakah ini barang sekali pakai?
  • Apakah barang ini ramah lingkungan?
  • Dapatkah didaur-ulang?
  • Apakah barang ini bisa diganti dengan barang lain yang sudah saya miliki?

Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

 

Source :

Description :

Presiden RI mencanangkan Hari menanam Pohon Indonesia tanggal 28 November dan Bulan menanam nasional, bertempat di areal Pusat Penelitian Limnologi LIPI, Cibinong pada tanggal 28 November 2008. Pada kesempatan tersebut presiden menanam Nyamplung (Calophyllum inophyllum L) dan Ibu Negara menanam Sukun (Artocarpus Communis), sebagai tanda dimulainya penanaman serentak 100 juta pohon untuk tahun 2008 di seluruh Indonesia.
Presiden Susilo Bambang Yudoyono ingin membuat tradisi menanam pohon bagi masyarakat Indonesia. Selain menjadikan 28 November sebagai hari menanam, SBY juga menjadikan Desember sebagai bulan menanam Nasional. Penetapannya dituangkan dalam Keputusan Presiden Indonesia No.24 Tahun 2008 tentang Hari Menanam Pohon Indonesia. Kegiatan tersebut merupakan strategis bangsa Indonesia dalam upaya mengantisipasi perubahan iklim global, degradasi dan deforestasi hutan dan lahan,serta kerusakan lingkungan lainnya yang mengakibatkan penurunan produktivitas alam dan kelestarian lingkungan.
Lokasi Pencanangan di Pusat Penelitian Limnologi, Cibinong Science Center LIPI, Jl. Raya Jakarta Bogor KM. 46 Cibinong, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat. Lokasi tersebut termasuk dalam DAS Ciliwung. Penanaman secara simbolis oleh Presiden dan para undangan ditanam 217 bibit/pohon dengan jenis: nyamplung, buni, sukun, rambutan, kluwek, nyawai, kokoleceran, mahoni, asam jawa, pulai, suren, salam, durian, pala, ki hujan, kenari, kemiri dan kemang.
 

Source :

Description :
Korps Pegawai Republik Indonesia, atau disingkat Korpri, adalah organisasi di Indonesia yang anggotanya terdiri dari Pegawai Negeri Sipil, pegawai BUMN, BUMD serta anak perusahaan, dan perangkat Pemerintah Desa/Nagari. Meski demikian, Korpri seringkali dikaitkan dengan Pegawai Negeri Sipil. Kedudukan dan kegiatan Korpri tak terlepas dari kedinasan. Korpri yang didirikan pada tanggal 29 Nopember 1971 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 82 Tahun 1971, yang merupakan wadah untuk menghimpun seluruh Pegawai Republik Indonesia. Selama Orde Baru Korpri dijadikan alat kekuasaan untuk melindungi pemerintah yang berkuasa waktu itu. Namun sejak era reformasi, Korpri berubah menjadi organisasi yang netral, tidak berpihak terhadap partai politik tertentu. Organisasi Korpri memiliki struktur kepengurusan di tingkat pusat maupun di tingkat Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen, atau Pemerintah Daerah. Saat ini kegiatan Korpri umumnya berkiprah dalam hal kesejahteraan anggotanya, termasuk mendirikan sejumlah badan/lembaga profit maupun non-profit.

Source :

Description :

International Day of Solidarity with the Palestinian People merupakan hari yang dilaksanakan oleh PBB. Peringatan tersebut diadakan di markas PBB di New York, juga di kantor PBB di Jenewa dan Wina. Pada umumnya diperingati setiap tanggal 29 November untuk menandai kelahiran dari Resolusi 181, tetapi pada tahun 2003 diperingati pada tanggal 1 Desember.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :

Source :

Description :

Peringatan ini digagas pada Pertemuan Menteri Kesehatan Sedunia mengenai program-program untuk pencegahan AIDS pada tahun 1988. Hari AIDS diperingati untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV.

Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

 

Source :

Description :

Pada tanggal 2 Desember 1949 Konvensi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk Memberantas Perdagangan Manusia dan Eksploitasi untuk Melacurkan Orang Lain (UN Convention for the Suppression of The Trafficking in Persons and the Exploitation of the Prostitution of Other) disyahkan. Hal inilah yang kemudian menandai dipilihnya 2 Desember sebagai Hari Internasional untuk Penghapusan Perbudakan. Resolusi Majelis Umum PBB No. 317 (IV) mengutuk perdagangan (trafiking) manusia untuk tujuan di dalam maupun luar negeri, menghapus persyaratan bahwa perekrutan harus dilakukan secara paksa atau dengan kekerasan, membuat perdagangan mungkin saja terjadi bahkan jika ada persetujuan dari korban, dan membuat pencarian keuntungan dari pelacuran sebagai perbuatan yang ilegal.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :

International Convention for the Regulation of Whaling (ICRW) ditandatangani di Washington pada 2 Desember 1946 pertemuan tersebut kemudian melahirkan International Whaling Commission (IWC).
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Penetapan tanggal 3 Desember sebagai Hari Bakti PU, karena tepat pada tanggal 3 Desember 1945 di Kota Bandung telah terjadi peristiwa heroik. Ketika itu 7 karyawan PU gugur dalam mempertahankan Gedung Sate (dulu bernama Gedung V & W) yang saat itu menjadi kantor Departemen PU yang akan diduduki pemerintah Jepang.

Source :

Description :
Hari Internasional Penyandang Cacat (3 Desember) bertujuan untuk mengembangkan wawasan masyarakat akan persoalan-persoalan yang terjadi berkaitan dengan kehidupan para penyandang cacat dan memberikan dukungan untuk meningkatkan martabat, hak, dan kesejahteraan para penyandang cacat. Pada hari ini, kita tidak hanya merayakan keberadaan para penyandang cacat di Indonesia, namun kita juga mencoba untuk menciptakan kesadaran akan manfaat dari menerima dan melibatkan para penyandang cacat dalam aspek kehidupan politik, sosial, ekonomi, maupun budaya. Sumber: http://www.topblogarea.com

Source :

Description :

Hari Relawan Internasional diperingati setiap tanggal 5 Desember oleh United Nations sejak tahun 1985. Inti dari peringatan ini adalah sebagai rasa terima kasih atas usaha penghargaan publik terhadap relawan dan kontribusi mereka terhadap kehidupan sosial.
International Volunteer Day dirayakan oleh banyak organisasi non pemerintah termasuk Palang Merah, Pramuka dan lainnya, juga didukung oleh relawan PBB.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :

Pada tahun 1996, Majelis Umum PBB menetapkan 7 Desember sebagai International Civil Aviation Day melalui Resolusi A29-I. Walaupun demikian peringatan tersebut telah diperingati oleh International Civil Aviation Organization sejak 7 Desember 1994, tepat 50 tahun penandatanganan Konvensi Internasional Penerbangan Sipil.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Setelah kekuatan Angkatan Laut telah memenuhi semua unsur kekuatan, seperti kapal atas air, kapal bawah air, penerbangan, pasukan pendarat dan pangkalan. Pada 5 Desember 1954 diresmikan berdirinya Komando Armada di Dermaga Ujung Surabaya oleh Kasal Laksamana TNI R.E. Martadinata. Berdasarkan pertimbangan pimpinan TNI AL, Hari Armada dipertegas dengan Keputusan Kasal No.Skep/4032/1987 tanggal 17 November 1987 dan Surat Keputusan Kasal No.Skep/1671/VII/1994 tanggal 1 Juli 1994 menetapkan bahwa hari diresmikan Komando Armada tanggal 5 Desember dijadikan Hari Armada RI, yang merupakan penegasan kembali keberadaan Armada RI yang tidak lain hakekatnya adalah Hari TNI Angkatan Laut. Sumber : http://www.sejarahtni.mil.id/index.php?cid=2008

Source :

Description :
Hari Hak Asasi Manusia dirayakan tiap tahun oleh banyak negara di seluruh dunia setiap tanggal 10 Desember. Ini dinyatakan oleh International Humanist and Ethical Union (IHEU) sebagai hari resmi perayaan kaum Humanisme. Tanggal ini dipilih untuk menghormati Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa yang mengadopsi dan memproklamasikan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, sebuah pernyataan global tentang hak asasi manusia, pada 10 Desember 1948. Peringatan dimulai sejak 1950 ketika Majelis Umum mengundang semua negara dan organisasi yang peduli untuk merayakan. Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Hak_Asasi_Manusia

Source :

Description :

International Mountain Day merupakan kesempatan untuk membangun kepedulian mengenai pentingnya gunung bagi kehidupan melalui kerjasama yang membawa dampak positif untuk mengubah pengunungan dan daratan tinggi dunia.
Majelis Umum PBB telah memutuskan 11 Desember, sejak tahun 2003 sebagai Hari Pegunungan Internasional. Keputusan ini merupakan kesuksesan dari pelaksanaan Tahun Pengunungan Internasional PBB pada tahun 2002 yang meningkatkan perhatian dunia global akan pentingnya gunung.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Pemindahan penduduk dari Pulau Jawa ke luar Pulau Jawa dimulai tahun 1905 dengan dipindahkannya sebanyak 155 KK petani dari daerah Kedu menuju Gedong Tataan Karesidenan Lampung. Kegiatan ini dikenal dengan sebutan Kolonisasi yang berlangsung selama 37 tahun, yaitu sampai dengan berakhirnya Pemerintahan Kolonial pada tahun 1942. Tujuan dilakukannya program kolonisasi selain dalam usaha untuk mengatasi kepadatan penduduk juga dimaksudkan oleh pemerintah untuk kebutuhan mencari tenaga kerja murah guna dipekerjakan diperkebunan-perkebunan Belanda di luar Jawa. Menjelang akhir tahun 1950 tepatnya pada tanggal 12 Desember, dimulailah pemindahan dan penempatan transmigrasi untuk yang pertamakalinya berjumlah 23 KK meliputi 77 jiwa dari Kecamatan Bagelen, Karesidenan Kedu ke Sukadana Lampung sebanyak 2 KK dan 21 KK ke Lubuk Linggau (Tugu Mulyo). Bertitik tolak dari momentum yang bersejarah inilah, maka tanggal 12 Desember 1950 ditetapkan dengan Keputusan Menteri Transmigrasi No. KEP. 264/MEN/1984 tanggal 23 Nopember 1984 sebagai Hari Bhakti Transmigrasi. Sumber: http://www.nakertrans.go.id

Source :

Description :
Lahirnya Hari Nusantara berawal dari Deklarasi Djoeanda yang dicetuskan pada tanggal 13 Desember 1957. Secara geo-politik dan geo-ekonomi deklarasi ini memiliki arti yang sangat penting dan mendasar bagi kehidupan serta kemajuan bangsa Indonesia. Secara resmi Hari Nusantara mulai diperingati sejak 13 Desember 2000, yang selanjutnya dikukuhkan sebagai salah satu hari nasional melalui Keppres No.126 Tahun 2001.

Source :

Description :
Hari Juang Kartika TNI-AD adalah tanggal khusus yang khusus diperingati untuk mengenang Pertempuran Ambarawa. Sebelumnya bernama Hari Infanteri. Perjuangan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang dipimpin Jenderal Soedirman pada pertengahan Desember 1945 membuat tentara sekutu terjepit dan akhirnya mundur dari Ambarawa menuju Semarang. Walaupun dihadang dengan seluruh kekuatan persenjataan modern serta kemampuan taktik dan strategi sekutu, para pejuang RI tak pernah gentar sedikit pun. Mereka melancarkan serangan dengan gigih seraya melakukan pengepungan ketat di semua penjuru kota Ambarawa. Dengan gerakan pengepungan rangkap ini sekutu benar-benar terkurung. Pertempuran berakhir dengan kemenangan gemilang dari TKR. Benteng pertahanan sekutu yang tangguh berhasil direbut pasukan TKR. Kemenangan pertempuran Ambarawa pada tanggal 15 Desember 1945 dan keberhasilan Panglima Besar Jenderal Soedirman ini kemudian diabadikan dalam bentuk monumen Palagan Ambarawa. TNI AD memperingati tanggal tersebut setiap tahun sebagai Hari Infanteri. Berdasar Keputusan Presiden RI No. 163/1999, Hari Infanteri kemudian diganti dengan nama Hari Juang Kartika.

Source :

Description :

Pada tanggal 4 Desember 2000, Majelis Umum PBB mengungkapkan tentang bertambahnya luas dan semakin banyaknya imigran di dunia, karenanya mereka memproklamirkan 18 Desember sebagai Hari Migran Internasional melalui Resolusi 55/93.

Di tanggal tersebut pada tahun 1990, Majelis Umum mengadopsi International Convention on the Protection of the Rights of All Migrant Workers and Members of Their Families melalui Resolusi  45/158.

Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Hari Bela Negara merupakan bentuk pengakuan atas peran Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) yang dibentuk di Bukit Tinggi, Sumatera Barat. PDRI adalah penyelenggara pemerintahan periode 22 Desember 1948 hingga 13 Juli 1949.

Source :

Description :

Source :

Description :

Melalui resolusi 58/220 pada tanggal 23 Desember 2003, Majelis Umum PBB memutuskan untuk mendeklarasikan tanggal 19 Desember sebagai United Nations Day for South-South Cooperation. Tanggal ini merupakan tanggal dimana PBB melatarbelakangi lahirnya Buenos Aires Plan of Action for Promoting and Implementing Technical Cooperation among Developing Countries.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :
Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional diabadikan dari peristiwa sejarah tanggal 20 Desember 1948, yaitu ketika terjalin kemanunggalan TNI dan rakyat persis sehari setelah agresi militer Belanda. Dua kekuatan milik bangsa Indonesia yakni TNI dan rakyat bahu membahu dalam perjuangan bersenjata untuk mengenyahkan penjajahan Belanda. Kesetiakawanan yang tulus, dilandasi rasa tanggung jawab yang tingi kepada tanah air (pro patria) menumbuhkan solidaritas bangsa yang sangat kuat untuk membebaskan tanah air dari cengkraman agresor. Sumber: http://www.depsos.go.id

Source :

Description :

International Human Solidarity Day merupakan hari yang ditetapkan oleh Majelis Umum PBB pada tahun 2005 sebagai awal dari perang melawan kemiskinan. Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional merupakan hari untuk merayakan kebersamaan dalam perbedaan, hari untuk mengingatkan pemerintah untuk peduli bagi perjanjian internasional, hari untuk meningkatkan kepedulian publik akan pentingnya solidaritas, hari untuk mencari jalan bagi promosi solidaritas untuk memuluskan Millenium Development Goals termasuk tentang kemiskinan, serta hari untuk membuat inisiasi baru bagi pemberantasan kemiskinan.
Digagasnya 20 Desember sebagai hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional karena PBB percaya bahwa membangun semangat solidaritas dan semangat untuk berbagai merupakan jalan untuk melawan kemiskinan.
 
Sumber : Hari-hari Besar Internasional/Zulkifli

Source :

Description :

Source :