|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

E-Goverment Award

Diselenggarakan oleh Majalah Warta Ekonomi

Beranda / Informasi Aktivitas / E-Goverment Award

Pemerintahan di seluruh dunia pada saat ini menghadapi "tekanan" dari berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan meningkatkan partisipasi aktif dalam pemberian informasi bagi masyarakat serta dituntut untuk lebih efektif dan efisien. Hal tersebut menyebabkan eGovernment atau pemerintahan berbasis elektronik semakin berperan penting bagi semua pengambil keputusan.

Inisiatif e-Government di Indonesia telah diperkenalkan melalui Instruksi Presiden No. 6/2001 tgl. 24 April 2001 tentang Telematika (Telekomunikasi, Media dan Informatika) yang menyatakan bahwa aparat pemerintah harus menggunakan teknologi telematika untuk mendukung good governance dan mempercepat proses demokrasi.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) sebagai salah satu lembaga pelayanan publik mengimplementasikan pemanfaatan teknologi informasi dalam upaya menciptakan good governance, antara lain melalui pengembangan situs web resmi dan pembangunan sejumlah portal web yang berisi berbagai macam pangkalan data yang dibutuhkan masyarakat dalam mencari informasi. Pengembangan berbagai situs dan portal web Perpusnas diarahkan menuju perpustakaan digital.

Usaha Perpusnas dalam mengimplementasikan teknologi informasi untuk mendukung layanan informasi publik, terutama dalam dua tahun terakhir ini, mendapat apresiasi dari Majalah Warta Ekonomi, selaku penyelenggara perhelatan e-Government Award. Dalam gelaran e-Government Award 2007 yang memasuki tahun ke-6 ini, Perpusnas meraih penghargaan E-Government Award Peringkat Ke-2 untuk kategori Lembaga Pemerintah Non Departemen. Bagi Perpusnas, penghargaan yang diraih kali ini merupakan yang kedua kalinya. Sebelumnya, pada tahun 2004, Perpusnas meraih penghargaan untuk kategori yang sama sebagai Pemenang ke-3.

E-Government Award diberikan kepada lembaga-lembaga pemerintah terbaik yang mengimplementasi tata cara pemerintahan secara secara elektronis. Secara umum terdapat empat tahapan perkembangan e-government; web presence, interaction, transaction dan transformation. Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, penerapan e-Government dari beberapa lembaga pemerintah menapak setingkat lebih tinggi dengan masuk ke tahap transaksi (e-procurement). Ada beberapa kategori penilaian yang meliputi kategori Provinsi, kategori Kabupaten/Kota, kategori Kementerian/Departemen serta kategori Lembaga Pemerintah Non Departemen.

E-Government Award 2007 mengangkat tema "E-Government for Good Governance". Sesuai dengan tema tersebut, bobot kriteria penilian mencakup kepemimpinan, transparansi, akuntabilitas, responbility dan fairness. Dengan pemberian award untuk ikut meningkatkan kualitas layanan masayarakat melalui pemberian penilaian atas penerapan teknologi informasi di instansi pemerintah sehingga diharapkan mampu mendorong terciptanya good governance di Indonesia.