|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

25 Jan 2018

Perpusnas dan Polda Metro Jaya Dirikan Taman Baca di Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu, Jakarta–Tanggung jawab untuk mengajak masyarakat gemar membaca bukan semata menjadi tugas dan tanggung jawab Perpustakaan Nasional. Semua pihak harus dilibatkan mengingat indeks literasi masyarakat secara umum masih rendah. Salah satu cara untuk mendongkrak minat dan kegemaran membaca adalah dengan melakukan perluasan akses baca, seperti yang dilakukan Kepolisian Metro Jaya dengan mendirikan taman baca dan perpustakaan keliling di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu.

“Saat ini perkembangan teknologi semakin pesat, masyarakat sekarang banyak yang beralih ke gadget ketimbang membaca buku langsung. Kehadiran taman baca dan perpustakaan keliling ini diharapkan meningkatkan minat dan budaya masyarakat dalam membaca buku,” kata Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Victor Siagian saat meresmikan Taman Bacaan Bhayangkari, Rabu (24/1/2018).

Taman Bacaan Bhayangkari berukuran 4×3 meter, yang dibangun dari biaya CSR perusahaan-perusahaan. Tersedia 2.300 buah buku yang menjadi koleksi Taman Bacaan Bhayangkari, sumbangan dari sejumlah pihak termasuk wisatawan. “Koleksi buku beragam mulai dari buku memasak, buku anak-anak, buku khazanah ilmu pengetahuan dan lain-lain, yang merupakan koleksi buku Gramedia dan Perpustakaan Nasional,” sambung Victor.

Pulau Untung Jawa berpenduduk hampir 5.000 jiwa. Ketersediaan taman baca di Pulau Untung Jawa masih minim. “Fasilitas memang belum memadai karena ada keterbatasan,” ucapnya. Selain taman baca, Polres Kepulauan Seribu juga menghadirkan perpustakaan keliling. Ada dua unit motor bantuan dari PT CNOOC yang dimodifikasi menjadi perpusatakaan keliling yang menjangkau masyarakat ke tempat-tempat tertentu dan bisa dipinjam.

Peluncuran Taman Baca Bhayangkari ini diresmikan oleh Ketua Bhayangkari Daerah Metro Jaya Fitri Idham Aziz dan Wakil Ketua Bhayangkari Daerah Metro Jaya Sari yang didampingi Kapolres dan Ketua Bhayangkari Cabang Kepulauan Seribu di Pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu Selatan Annela Siagian.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh pihak Perpusnas, PT Gramedia, PT Jaya Konstruksi, Camat Kepulauan Seribu dan Lurang Untung Jawa. “Semoga dengan hadirnya Taman Bacaan Bhayangkari ini dapat meningkatkan minat baca dan budaya masyarakat Kepulauan Seribu dalam membaca buku, khususny anak-anak,” ujar Fitri dalam sambutannya.

 

Reportase : Hartoyo Darmawan 



Diunggah oleh admin (2018-02-18 00:18:55)

Berita Lainnya

Berita - 05 Jun 2018


Perpusnas Pertahankan Predikat WTP