|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

19 Jan 2018

Duta Baca Indonesia Najwa Shihab : Perpustakaan Adalah Surga Imajinasi

Salemba, Jakarta–Perpustakaan Nasional dan Najwa Shihab kembali menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding-MOU)  Najwa Shihab sebagai Duta Baca Indonesia (DBI) di Jakarta, Jumat (19/1). Perpusnas merasakan Najwa Shihab mampu memberikan dampak yang signifikan sejak ditunjuk menjadi Duta Baca 2016 lalu.  Tahun 2018 merupakan tahun ketiga dari lima tahun masa bakti Najwa Shihab sebagai Duta Baca Indonesia.

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Woro Titi Haryanti mengaku Perpusnas senang dengan dipilihnya Najwa Shihab sebagai Duta Baca Indonesia. Terbukti, dari semua daerah yang didatangi Duta Baca semua menunjukkan antusias masyarakat yang luar biasa. Sukses. “Bahkan, pada acara kegiatan pencanangan dan sosialisasi minat baca di Provinsi Jambi, dihadiri oleh tidak kurang tujuh ribu masyarakat,” ujar Woro Titi.

Selain mengunjungi setiap komunitas baca atau pustaka keliling di tiap wilayah yang didatanginya, Duta Baca Indonesia juga telah melakukan langkah besar dengan bekerja sama dengan sejumlah institusi tinggi, seperti Kepolisian RI (Polri) dan Kementerian Pertahanan. “Perpusnas sendiri juga telah melakukan MoU dengan hampir semua matra angkatan bersenjata di Republik ini untuk terlibat aktif dalam meningkatkan kegemaran membaca masyarakat,” tambah Woro.

Najwa Shihab sendiri mengaku senang dengan kelanjutan kerjasama dirinya dengan Perpusnas. Meski ada kekhawatiran di awal penunjukkan sebagai Duta Baca. “Terbayang ekspektasi yang begitu tinggi. Tidak hanya dari Perpusnas tentunya, tapi juga dari teman-teman pegiat literasi dan juga dari berbagai kalangan,” ujarnya. Namun, seiring waktu kekhawatiran tersebut telah berubah menjadi optimisme setelah melihat dan merefleksikan yang telah dicapai sejauh ini.

Dari level yang paling atas, Duta Baca Indonesia sudah merasakan komitmen para pemimpin negeri, ketika berbicara tentang literasi itu tidak hanya sekedar  dilisan tapi benar-benar dilaksanakan. Kedatangan Presiden Jokowi pada peresmian fasilitas layanan Perpusnas dan mendengarkan bagaimana kekaguman dan dorongan semangat  dari pimpinan tertinggi negeri terhadap kerja keras  yang dilakukan bersama itu, menambah daya juang para pegiat literasi dan juga pustakawan.

“Salah satu momen penting adalah ketika Presiden menetapkan setiap tanggal 17 sebagai Hari Kirim Buku gratis melalui PT Pos Indonesia. Komitmen itu memberikan suntikan semangat bagi para pegiat literasi dimanapun untuk melihat bahwa negara hadir dan menggunakan berbagai kekuatan yang dimilikinya untuk menunjukkan bahwa ini adalah kerja bersama,” tambah Najwa.

Najwa juga merasa bangga akan Perpusnas saat ini. “Bukan hanya karena gedung barunya yang merupakan gedung perpustakaan tertinggi di dunia, tetapi karena komitmen Perpusnas untuk membangun roh perpustakaan sebagai tempat yang terbuka dan merangkul semua. Tempat kumpulan karya-karya besar dari seluruh bangsa. Perpustakaan adalah surga imajinasi,” lanjutnya.

Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando mengucapkan terima kasih atas komitmen Najwa Shihab untuk mau mengemban tugas sebagai Duta Baca Indonesia. “Selama Najwa Shihab bergabung, luar biasa apresiasi yang diterima oleh seluruh pihak. Kini, semua pihak mampu membuka mata, bukan hanya pada level eksekutif maupun legislatif, tapi semua orang hingga di pelosok sudah mulai bicara tentang literasi,” ujar Muhammad Syarif.

 

Reportase : Hartoyo Darmawan 



Diunggah oleh admin (2018-02-18 00:31:04)