|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

23 Jul 2018

Kepala Perpusnas Lantik Sri Sumekar sebagai Sekretaris Utama

Medan Merdeka Selatan, Jakarta - Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando melantik Sri Sumekar sebagai Sekretaris Utama Perpusnas RI. Hadir sebagai saksi pelantikan adalah Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi (Deputi I) Ofy Sofiana dan Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan (Deputi II) Woro Titi Haryanti. 

Sebelum dilantik menjadi Sestama Perpusnas, Sri Sumekar menjabat sebagai Kepala Pusat Pengembangan Koleksi dan Pengolahan Bahan Pustaka. Pelantikan digelar di Lobi Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas, Jakarta Pusat, pada Senin (23/7) dan dihadiri oleh pejabat di lingkungan Perpusnas serta seluruh pegawai.

Dalam sambutannya, Syarif Bando menyatakan pengesahan Sri Sumekar sebagai Sestama melengkapi struktur organisasi Perpusnas yang pada akhirnya bisa meningkatkan kinerja organisasi dalam menjalankan tugas dan fungsi sesuai UU Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan dan UU No. 4 Tahun 1990 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam.

Dalam pelantikan ini, Syarif Bando menegaskan empat poin yang menjadi isi Perjanjian Kinerja antara Kepala Perpusnas dengan Sestama Perpusnas. Yang pertama, Sri Sumekar diminta untuk memimpin dan mengoordinasikan pelaksanaan reorganisasi. Penyusunan kembali harus dilakukan agar struktur organisasi yang sesuai dengan mandat UU No. 43 Tahun 2007 dan UU No. 4 Tahun 1990. “Bahkan kalau bisa mengakomodir UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah,” tambah Syarif Bando.

Yang kedua, Sri Sumekar diminta menyusun dan menyajikan dokumen perencanaan Perpusnas baik secara  jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang. “Yang paling esensial adalah menata dengan baik sesuai platform yang ditentukan oleh Pemerintah melalui Bappenas tentang tugas dan fungsi Perpusnas dan menjabarkannya di dalam program kegiatan yang terukur untuk meningkatkan kinerja,” jelasnya.

Sestama juga diminta mewujudkan tata kelola keuangan, kepegawaian, dan barang milik negara Perpusnas yang professional dan akuntabel. Dan terakhir, Sestama diwajibkan menyusun dan menerapkan perangkat hukum bagi seluruh aparatur sipil negara di lingkungan Perpusnas agar budaya organisasi bisa meningkat. Selain itu, Sri Sumekar juga diminta meningkatkan kualitas dan kedisiplinan seluruh pegawai Perpusnas.

Pada kesempatan ini, Syarif Bando menyampaikan ucapan selamat dan berpesan kepada Sri Sumekar serta pejabat terkait lainnya agar menyiapkan komponen untuk meningkatkan kinerja disertai komitmen dari seluruh pegawai untuk meningkatkan kinerja. Hal ini merupakan tindak lanjut atas kenaikan hasil penilaian kinerja Perpusnas yang sebelumnya dari CC menjadi B.

Reportase: Hanna Meinita/Fotografer: Arwan Subakti

 

 



Diunggah oleh admin (2018-07-25 07:36:19)