|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

26 Jul 2018

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu Berharap dibangunkan Gedung Perpustakaan oleh Perpustakaan Nasional RI

Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan -  Perpustakaan Nasional menggelar Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca sekaligus Pengukuhan Bunda Baca Kabupaten Tanah Bumbu Plt. TP PKK Tanah Bumbu Hj. Sadariah oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando yang bertempat di Gedung Mahligai Bersujud Kapet Batulicin, Tanah Bumbu (Tanbu) Kalimantan Selatan, pada hari Kamis (26/7). Buku merupakan sarana yang sangat penting untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Buku juga merupakan sarana untuk mengenal dunia, karena buku adalah jendela dunia. "Oleh karena itu, peranan buku harus ditumbuhkembangkan di masyarakat, sehingga nanti akan tumbuh pula kesadaran bagi masyarakat untuk mencintai buku sebagai sumber ilmu pengetahuan," ujar Sekretaris Daerah (sekda) Tanbu Rooswandi Salem membacakan sambutan Pelaksana Bupati Tanah Bumbu Sudian Noor.

Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando menjelaskan bahwa perpustakaan yang secara baru berusia 11 tahun, secara de facto merupakan satu-satunya lembaga pemerintah non kementerian yang didukung oleh 5 undang-undang yaitu didalam mukadimah Undang-Undang Dasar 1945, UU Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, PP 18 Tahun 2016 tentang Pemerintah Daerah,  Permendes No. 19 Tahun 2017 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa.

Rooswandi Salem mengatakan sebagai upaya meningkatkan kualitas Gerakan Nasional Gemar Membaca di Bumi Bersujud, tentu tidak saja harus didukung sarana dan prasarana yang memadai dengan pengembangan perpustakaan sampai desa-desa atau wilayah terpencil akan tetapi juga perlu adanya berbagai inovasi, gerakan cinta dan menumbuhkan kesenangan membaca. "Untuk itu sebagai role model atau teladan serta panutan bagi seluruh keluarga dalam meningkatkan gemar membaca sejak usia dini, maka pada hari ini juga dilaksanakan pengukuhan Bunda Baca," papar Rooswandi.

Selain itu Rooswandi menerangkan kehadiran Kepala Perpustakaan Nasional dapat meningkatkan minat baca masyarakat Tanah Bumbu, disamping itu juga berharap Perpustakaan Nasional dapat membantu kabupaten Tanah Bumbu dalam membangun perpustakaan yang memadai. "Kami berharap akan dibangunkan kantor perpustakaan oleh pemerintah pusat, karena usulan ini telah kami usulkan beberapa tahun sebelumnya. Namun memang masih beberapa hal administrasi perpustakaan yang belum bisa dipenuhi," ujar Rooswandi. Sekda Tanah Bumbu juga berharap wilayahnya dapat menjadi salah satu dari 10 kabupaten yang layak dibangun gedung perpustakaan.

Reportase : Arwan Subakti



Diunggah oleh admin (2018-07-30 13:38:10)