|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

27 Aug 2018

Workshop Persiapan Survey Kegemaran Membaca Perpustakaan Nasional RI

Kemayoran, Jakarta – Hadir 100 peserta undangan dari Kementerian/Lembaga, dinas perpustakaan, perguruan tinggi, organisasi profesi, forum taman baca masyarakat dan tim kajian yang melaksanakan workshop kegemaran membaca di Perpustakaan Nasional.

Tujuan dari “kriteria kegemaran membaca”

  1. Menyusun indikator dan formulasi pengukuran kriteria kegemaran membaca yang akan dijadikan standar sebagai paham rujukan dalam melakukan kajian kegemaran membaca.
  2. Menghimpun masukan dari narasumber dan peserta untuk dijadikan acuan dalam pelaksanaan kebijakan serta menghasilkan suatu naskah dan rekomendasi tentang kriteria kegemaran membaca.
  3. Menjamin tercapainya sasaran peningkatan kegemaran membaca dan kebudayaan kegemaran membaca.

"Indonesia memiliki duta baca yang paling banyak dan infrastruktur perpustakaan, cuma kalah sama India, tapi kenapa selalu nomor satu budaya bacanya rendah. Semua orang yang akan menjadi publikator, informator, sumber informasi dan agen tentang perpustakaan ada di ruangan ini.” Hal ini disampaikan Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando Saat menjadi Keynote Speaker pada “Workshop Persiapan Survey Kegemaran Membaca” di Hotel Orchardz, Jakarta, Senin, (27/08).

“Mari bersatu melalu perpustakaan di dunia kita, kita tetapkan ini namanya literasi, ini namanya kegemaran membaca, ini parameternya begini caranya setiap masyarakat di Indonesia terbebas.”

Berkontribusi untuk menjawab semua tantangan yang ada tidak penting kita seberapa besar Indonesia peringkat budaya bacanya naik, tidak penting integritasinya Indonesia berapa kita naikan yang paling penting adalah kita bisa meletakkan pondasi atau dasar – dasar yang kuat bagi semua orang untuk percaya membaca itu penting.

Reportase: Arwan Subakti/Syarifuddin



Diunggah oleh admin (2018-09-10 15:12:51)