|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

16 Aug 2018

Perpustakaan Nasional Meluncurkan Situs Web Kepustakaan Tokoh Pahlawan

Medan Merdeka Selatan, Jakarta – Sesuai amanat UU Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, Perpustakaan Nasional dituntut untuk mengembangkan layanan sesuai dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi seiring dengan dengan meningkatnya literasi digital masyarakat Indonesia. Oleh karena itu sebagai pusat rujukan, Perpustakaan Nasional harus membuat terobosan dan inovasi agar penyampaian informasi terkait dapat disampaikan dalam format multimedia yang lebih kreatif dan mudah diakses oleh seluruh masyarakat. Upaya yang dilakukan oleh Perpusnas dengan membuat Situs Web Kepustakaan Tokoh Pahlawan Pangeran Diponegoro dan Jenderal Sudirman yang diluncurkan di gedung Auditorium Sukarman Perpusnas Jalan Medan Merdeka Selatan 11 pada hari Kamis (16/8). Peluncuran yang dimeriahkan talkshow menghadirkan narasumber Miranda Diponegoro Zarfiel mewakili keluarga Pangeran Diponegoro, Ganang Priambodo Soedirman mewakili keluarga Jenderal Sudirman, Sejarawan Peter Carey.

Kepala Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi Titiek Kismiyati menjelaskan dalam penyediaan konten dengan melakukan peliputan ke museum Pangeran Diponegoro di Magelang dan museum Jenderal Sudirman di Purwokerto dan Jogjakarta bekerjasama dengan Direktorat Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial Kementerian Sosial dan keluarga tokoh pahlawan terkait serta koleksi Perpustakaan Nasional. “Adapun maksud dan tujuan untuk memberikan referensi dalam bentuk pustaka multimedia digital kepada peneliti, mahasiswa dan masyarakat umum mengenai tokoh kepahlawanan di Indonesia dan juga untuk upaya mengurangi kesenjangan akses terhadap informasi melalui diseminasi informasi bahan-bahan rujukan khususnya mengenai tokoh pahlawan nasional dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikas,” jelas Titiek.

Sedangkan dalam sambutannya, Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Ofy Sofiana menerangkan bahwa Perpusnas sebagai lembaga yang bertugas melayani seluruh warga Indonesia harus mampu mengatasi tantangan geografis. Perpustakaan dan informasi yang terkandung didalamnya harus mudah diakses dan dimanfaatkan oleh seluruh komponen masyarakat melalui penerapan teknologi informasi dan komunikasi. Perpustakaan Nasional sebelumnya telah membuat situs web tematik dengan topik-topik yang lebih beragam diantaranya situs web kepustakaan Presiden Republik Indonesia, situs web Dokumentasi Perfilman Indonesia, situs web Dokumentasi Sastra Indonesia, situs web kepustakaan Candi di Indonesia, situs web Keraton Nusantara dan situs web Batavia Digital. “Kami berharap pengembangan situs web kepustakaan tokoh pahlawan Pangeran Diponegoro dan Jenderal Sudirman ini serta situs-situs web tematik lainnya yang kami sajikan dapat bermanfaat sebagai salah satu referensi bagi para peneliti, akademisi, pelajar dan umum,” harap Ofy.

Acara diresmikan dengan bersama-sama menekan tombol peluncuran Situs Web Kepustakaan Tokoh Pahlawan dengan perwakilan keluarga dari tokoh pahlawan terkait yaitu Miranda Diponegoro Zarfiel, Ganang Priambodo Soedirman, sejarawan Peter Carey, Wanda Hamidah, Ofy Sofiana, Titiek Kismiyati serta Aristianto Hakim. Setelah peluncuran dilanjutkan acara talkshow yang menggali informasi lebih dalam dari perwakilan keluarga tentang sosok Pangeran Diponegoro dan Jenderal Sudirman dan pandangan terhadap kedua pahlawan tersebut melalui kacamata sejarawan Peter Carey.

 

 Reportase : Arwan Subakti



Diunggah oleh admin (2018-09-19 15:45:05)