|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

09 Nov 2018

Perpusnas Terima 22 Film Religi Karya Siswa MAN Jakarta

Medan Merdeka Selatan, Jakarta - Perpustakaan Nasional RI menerima 22 film religi hasil karya peserta didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di DKI Jakarta. Penyerahan film dalam bentuk rekaman digital tersebut dilakukan Ketua Pembinaan Alto Kreatif Media Joko Krismianto kepada Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando di Ruang Auditorium Soekarman, Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas, Jakarta, pada Kamis (8/11). Serah terima hasil karya anak bangsa untuk disimpan Perpusnas ini sesuai dengan amanat UU Nomor 4 Tahun 1990 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam.

Film-film religi berdurasi sekitar lima menit tersebut merupakan hasil workshop yang dilakukan Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta kepada peserta didik dari MAN di Jakarta. Melalui film religi, generasi muda diharapkan bisa menjadi teladan bagi bangsa Indonesia.

“Di mana film-film itu mencerminkan nilai-nilai kemanusiaan, nilai-nilai sosial, bahkan nilai ekonomi, dan juga budaya bangsa Indonesia. Makanya film-film itu adalah salah satu produk karya seni yang sangat fundamental nilai kemanusiaannya, dan apabila bicara tentang nilai kemanusiaan, maka di situlah inti dari perpustakaan sebagai institusi peradaban,” jelas Syarif Bando saat membuka temu wicara “Membangun Karakter Bangsa” di hadapan para guru dan peserta didik dari berbagai MAN di DKI Jakarta. Dalam kegiatan tersebut, 22 film religi hasil karya siswa MAN diputar untuk disaksikan bersama dan dilakukan pemilihan film favorit versi penonton.

Untuk menghadapi tantangan zaman, Syarif Bando mendorong generasi muda untuk membaca. Karena membaca menggali potensi analisa pikiran manusia. Membaca membuat individu berpikir kritis dan menghasilkan ide dan gagasan baru, termasuk dalam memproduksi film. “Setiap sutradara akan menghasilkan film baru yang lebih baik dari film sebelumnya karena dilengkapi bahan bacaan,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Syarif Bando mendorong para peserta didik untuk membaca koleksi digital Perpusnas yang tersedia dalam aplikasi iPusnas dan e-resources.

Temu wicara menghadirkan tiga nara sumber yakni Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando, Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi DKI Jakarta Saiful Mujab, serta Ketua Pembinaan Alto Kreatif Media Joko Krismianto dan dipandu Rudi Hernanda. Dalam paparannya, Saiful menyatakan kegiatan workshop film religi bertujuan menggali potensi para pelajar madrasah. Ini sesuai dengan slogan “Madrasah Hebat Bermartabat”.

“Para pelajar sangat antusias setelah workshop selama tiga hari. Ini merupakan kreasi yang positif di lingkungan madrasah, sehingga bisa berkontribusi positif di tengah masyarakat. Film jangan hanya dijadikan totontan dan hiburan, tapi bagaimana kita menanamkan nilai edukasi, moral, agama, universal ke dalam film,” jelas Saiful. Dalam kesempatan tersebut, Saiful mengapresiasi kesediaan Perpusnas dalam memfasilitasi kegiatan menonton bersama ini. Karenanya dia meminta para siswa untuk menjadikan perpustakaan sebagai rumah kedua.

Reportase: Hanna Meinita

 



Diunggah oleh admin (2018-11-12 08:23:50)